×
×

Search in Mata Mata Musik

6 Artis Wanita Peraih Nominasi Grammy Terbanyak Sepanjang Masa

Posted on: 11/25/19 at 9:42 pm

Minggu lalu, nominasi Grammy Awards 2020 resmi diumumkan. Dari nama-nama yang dihadirkan, Lizzo keluar sebagai artis dengan perolehan nominasi terbanyak yaitu di delapan kategori. Dan jika dilihat lebih dekat, ada yang berbeda dalam nominasi tahun ini.

Baca juga: Beyoncé Kantongi 4 Nominasi di Grammy Awards 2020

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini artis wanita berjaya di daftar nominasi. Misalnya saja, lima dari delapan nomine Album of the Year adalah musisi wanita, termasuk Lana Del Rey, Ariana Grande dan Billie Eilish.

Lizzo
Lizzo membawakan “Jerome” di AMA 2019. (Foto: Kevin Winter/Getty Images for dcp)

Perubahan manis ini terjadi setelah kontroversi yang menyelimuti pagelaran tahun 2018, di mana hanya satu artis wanita yang dianugerahi penghargaan solo. Hal tersebut kemudian memicu berbagai pihak untuk melempar kritik tajam kepada Grammy, membuat viral tagar #GrammysSoMale. Neil Portnow, yang saat itu menjabat sebagai presiden Recording Academy, merespons kritik itu dengan mengatakan pada Variety bahwa artis wanita harus “maju” kalau ingin menang.

Tidak terima dengan ‘saran’ Portnow, artis wanita pun membalas dengan mengatakan proses voting Grammy menolak mengakui wanita. Portnow kemudian meminta maaf, mengeklaim komentarnya diambil di luar konteks.

Sekarang, dengan kehadiran Deborah Dugan—presiden dan chief executive wanita pertama Recording Academy, yang mengambil alih posisi Portnow pada Agustus 2019—Grammy Awards 2020 terasa seperti era baru.

“Adalah tugas kami untuk memastikan keanggotaan kami beragam, mewakili komunitas musik kreatif, [dari] semua genre, gender, suara,” jelas Dugan saat diwawancara Billboard pada September 2019. Ia juga berjanji meningkatkan keragaman voter untuk Grammy. “Dan grup itu bisa menjadi aktivis untuk hak-hak mereka. Kalau kita memberi mereka alat untuk melakukannya, itu akan mengubah dunia menjadi lebih baik.”

Dilihat dari nominasi Grammy sejak penghargaan ini dimulai pada tahun 1959, kurangnya faktor keragaman yang disinggung Dugan sangat jelas—terutama mengingat 84 kategori penghargaan ditentukan berdasarkan genre, bukan gender.

Menurut laporan Statista per Februari 2019, artis pria dengan nominasi terbanyak sepanjang masa adalah Quincy Jones dengan 80, Paul McCartney dengan 78 dan Jay-Z dengan 77. Sementara itu, Beyoncé satu-satunya wanita yang mendekati angka tersebut—dan satu-satunya wanita di peringkat 10 besar—dengan 70 nominasi.

Baca juga: Daftar Nominasi Grammy Awards 2020 Sudah Mendarat!

Untuk merayakan dominasi artis wanita di ajang Grammy Awards tahun ini, berikut enam artis wanita dengan perolehan nominasi terbanyak dalam sejarah.

Beyoncé

(Termasuk karya bersama Destiny’s Child dan The Carters)
Nominasi: 70
Menang: 23

Kekuatan Beyoncé di industri musik sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Hingga saat ini, Queen Bey telah menjual lebih dari 118 juta rekaman. Setelah mencetak dua lagu No. 1 di 1999 bersama Destiny’s Child (“Bills, Bills, Bills” dan “Say My Name”), Bey memulai karier solo di 2003 lewat perilisan album debutnya, Dangerously in Love. Penampilannya bersama Prince di 2004 dinobatkan sebagai highlight Grammy, dan tahun ini dia mengantongi empat nominasi, termasuk Best Music Film untuk film The Lion King.

Beyoncé
Beyoncé di acara Grammy Awards ke-57 di 2015. (Foto: Getty Images)

Dolly Parton

Nominasi: 49
Menang: 8

Ratu musik country ini mulai mewarnai tangga lagu di 1977 dengan album debutnya, Here You Come Again, dan memenangkan Grammy pertamanya di 1979 untuk lagu dengan judul yang sama. Dua lagunya, “Jolene” dan “I Will Always Love You,” masuk dalam Grammy Hall of Fame, sedangkan ia dianugerahi Lifetime Achievement Award di 2011. Tahun ini, ia tampil di tribute Grammy-nya sendiri bersama Miley Cyrus, Katy Perry dan Kacey Musgraves.

Dolly Parton
Dolly Parton di acara Grammy Awards ke-19 pada 1977. (Foto: Getty Images)

Emmylou Harris

Nominasi: 47
Menang: 13

Karier penyanyi-penulis lagu country ini telah berjalan selama 50 tahun, mempertahankan posisinya di genre musik yang sering kali didominasi kaum pria. Ia telah berkolaborasi dengan sederet bintang seperti Bob Dylan dan Gram Parsons, dan memperoleh Grammy pertamanya di 1976 untuk Best Country Vocal Performance berkat lagu “Elite Hotel.” 46 nominasi besar lainnya mengikuti sampai saat ini. Sejak 1999, Emmylou telah membantu mengorganisir Concerts for a Landmine Free World, dan di 2018, ia diberi Grammys Lifetime Achievement Award.

Emmylou Harris
Emmylou Harris di acara Grammy Awards ke-12 pada 1970. (Foto: Getty Images)

Barbra Streisand

Nominasi: 46
Menang: 8

Selama enam dekade kariernya, aktor-penyanyi-penulis lagu-pembuat film ini telah menekuni segala hal. Mengantongi empat piala paling bergengsi di industri hiburan, EGOT (Emmy, Grammy, Oscar dan Tony), Barbra pertama kali mendapat piala Grammy Awards di 1963 untuk album debutnya, The Barbra Streisand Album. Ia sudah empat kali masuk dalam Grammy Hall of Fame, tetapi kontribusinya jauh melampaui musik: Barbra adalah pendukung lama hak-hak komunitas gay, ikut serta dalam Women’s March di 2017 dan aktif berdonasi ke banyak organisasi yang melawan krisis iklim.

Barbra Streisand
Barbra Streisand di acara Grammy Awards ke-20 pada 1978. (Foto: Getty Images)

Aretha Franklin

Nominasi: 44
Menang: 18

Ratu soul legendaris, yang tutup usia pada Agustus 2018, sangat produktif sepanjang tahun ’60-an—tetapi baru berkat cover yang dibawakannya dari lagu Otis Redding “Respect” di 1967 lah Aretha mulai memasuki ranah mainstream dan mengamankan Grammy pertamanya. Ia memiliki lima lagu di Grammy Hall of Fame: “Respect”; “Chain of Fools”; “Amazing Grace”; “A Natural Woman (You Make Me Feel Like)”; dan “I Never Loved A Man The Way I Love You.” Semasa hidupnya Aretha juga terkenal sebagai sosok yang dermawan dan aktivis; bahkan, beberapa lagunya memicu perubahan sosial, termasuk “Respect,” yang menjadi lagu wajib hak sipil.

Aretha Franklin
Aretha Franklin di acara Grammy Awards ke-14 pada 1972. (Foto: Getty Images)

Alison Krauss

(Termasuk karya dengan Alison Krauss and Union Station)
Nominasi: 42
Menang: 27

Penyanyi bluegrass-country (sekaligus pemain biola) ini, yang juga anggota band Union Station, telah menjadi bagian dari industri ini selama 35 tahun—dan dalam rentang waktu itu, ia telah memenangkan 27 piala dari 42 nominasinya, menjadikannya artis wanita dengan kemenangan terbanyak dalam sejarah Grammy. Di 2000, ia memperoleh kesuksesan mainstream dengan karyanya di soundtrack film O Brother, Where Art Thou?, sebelum berkolaborasi dengan Robert Plant dari Led Zeppelin di album tahun 2007, Raising Sand. Ia tercatat membantu membangkitkan kembali minat pada musik bluegrass di AS; dan saat memenangkan Grammy pertamanya di 1991, ia menjadi pemenang termuda kedua.

Alison Krauss
Alison Krauss di acara Grammy Awards ke-48 pada 2006. (Foto: Getty Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Kanye West

Berseteru Dengan Universal Music dan Sony/ATV, Kanye West Kencingi Pia...

Kanye West (Foto: Brad Barket/Getty Images for Fast Company) / Piala Grammy dikencingi. (Foto: Twitter Ye). Dengan terhitung hanya 47 hari dari hari pelaksa

on Sep 17, 2020
Billie Eilish - Lizzo - Taylor Swift - Lil Nas X

Silakan Intip Daftar Lengkap Pemenang iHeartRadio Music Awards 2020

Dua minggu sebelumnya, iHeartMedia telah mengumumkan bahwa pemenang iHeartRadio Music Awards 2020 akan diumumkan untuk pertama kalinya pada siaran akhir pe

on Sep 7, 2020
Beyonce

Berkultur “Black”, Beyoncé Rilis MV ‘Already’ Fitur Major Laz...

Beyonce dalam MV 'Already'. (Foto: YouTube). Album visual Beyoncé, Black Is King, baru saja dirilis pada Jum’at (31 Juli) lalu, bersama dengan MV (Music

on Aug 1, 2020
Megan Thee Stallion

Rihanna dan Lizzo Kirim Dukungan ke Megan Thee Stallion Yang Kakinya T...

Megan Thee Stallion. (Foto: Sipa USA via AP). Women power! Rihanna baru-baru ini mengirimkan bunga, doa dan dukungannya kepada Megan Thee Stallion setelah k

on Jul 31, 2020