×
×

Search in Mata Mata Musik

6 Lagu Hits K-Pop Yang Masuk Tangga Lagu Setelah Sekian Lama Dirilis

Posted on: 05/3/21 at 11:00 am

6 Lagu Hits K-Pop Yang Masuk Tangga Lagu Setelah Sekian Lama Dirilis

Fenomena ‘Rollin”, lagu lamanya Brave Girls yang viral empat tahun kemudian sejak rilis mendorong kami untuk membuat ‘listicle’ ini. Berlawanan dari yang mereka alami, umumnya saat lagu K-pop dirilis, lagu itu menjadi hit dan langsung menjadi viral. Namun, beberapa lagu enggak mengalami lonjakan popularitas hingga beberapa waktu berlalu setelah dirilis karena berbagai alasan. Fenomena ini dikenal dalam bahasa Korea sebagai “Yeokjoohaeng” yang secara harfiah berarti mengemudi secara terbalik. Dalam industri musik, istilah ini digunakan ketika lagu-lagu lama mendapatkan popularitas di tangga lagu.

Baca juga: Brave Girls Kalahkan Rekor BLACKPINK & Red Velvet Di Sejarah Melon

Ada sederet lagu yang sesuai dengan deskripsi ini langsung terlintas di benak kami. Dilansir dari Soompi, berikut adalah enam lagu K-pop yang masuk ke tangga lagu setelah lama dirilis, kemudian menjadi viral.:

1. EXID – ‘Up & Down’

Munculnya ‘Up & Down’ setelah peringkat awalnya telah menyelamatkan karier EXID. Berkat fancam yang berfokus pada Hani yang menampilkan koreografi lagu, girlgroup ini secara bertahap menaiki tangga musik enggak lama kemudian dan bahkan memenangkan beberapa penghargaan acara musik lima bulan setelah tanggal rilis asli lagu tersebut.

2. IU – ‘Hold My Hand’

Menjadi lagu pertama yang ditulis dan dikomposisikan IU, ‘Hold My Hand’ mengetahui kesuksesan besar saat itu selama dirilis awal untuk OST (Original Soundtrack) drama “The Greatest Love” pada tahun 2011. Sepuluh tahun kemudian, OST drama itu menyaksikan kenaikan besar di tangga lagu utama Korea. Hal ini disebabkan oleh penampilan live IU dari lagu tersebut dari konser tur tahun 2019 yang diunggah di YouTube pada akhir tahun 2020, yang sekali lagi menarik perhatian besar.

3. Oh My Girl – ‘Dolphin’

Meskipun judul lagu adalah yang biasanya menjadi sorotan, terkadang lagu b-side menyelinap di belakangnya dan mengklaim suatu pengakuan. Begitulah kasus lagu ceria ini yang mengembalikan Oh My Girl ke peta industri musik berkat Instagram story yang diposting IU. Solois ini juga merilis lagu cover singkat ‘Dolphin’ yang membawa lagu tersebut masuk kembali ke tangga lagu. Pada tahun 2020, ‘Dolphin’ adalah lagu b-side dengan charting terpanjang di Gaon Digital Chart Top 10 untuk girlgroup.

4. LABOUM – ‘Journey to Atlantis’

Perjalanan LABOUM dimulai ulang! Meskipun ‘Journey to Atlantis’ selalu dicintai oleh penggemar dan tentara yang bertugas di militer, hal itu tetap enggak diketahui oleh masyarakat umum. Tetapi ketika tiba-tiba muncul kembali di tangga musik Korea, itu mengarah pada diskusi tentang girlgroup yang membawakan lagu hit yang bangkit kembali ini di pertunjukan musik.

5. PENTAGON – ‘Shine’

Setelah seperti tertidur saat pertama kali keluar, ‘Shine’ akhirnya menerima perhatian yang layak didapatkan sebulan setelah waktu rilis aslinya. Lagu pop yang meriah ini akhirnya berhasil masuk ke dalam 100 chart real-time teratas Melon berkat para idol yang mengulangi poin dansa utama “hammer dance”.

Baca juga: 20 Lagu K-Pop ‘Underrated’ Yang Mesti Lo Dengar Dari Tahun 2020

6. Brave Girls – ‘Rollin”

‘Rollin” adalah lagu penyelamat karier Brave Girls yang membuat mereka kembali menjadi sorotan publik. Empat tahun setelah waktu rilis aslinya, lagu tersebut melejit di berbagai tangga musik Korea berkat video YouTube yang menunjukkan kompilasi dari berbagai penampilan grup tersebut membawakan ‘Rollin”. Bersama dengan komentar, kebanyakan ditulis oleh para pria yang menyelesaikan wajib militer mereka.

Lagu kebangkitan K-pop mana yang menjadi favorit kalian? Beri tahu kami di kolom komentar di bawah ya!

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    BTS

    BTS: Profil, Biodata, Biografi, Fakta Terkini

    BTS (Foto: Big Hit Entertainment). BTS adalah artis Asia pertama yang meraih prestasi tertinggi dalam sejarah musik. Di sepanjang kariernya, boyband K-pop i

    on Jun 22, 2021
    K-Pop

    K-Pop Disebut "Kanker Ganas" Perusak Pemuda Korut Oleh Kim Jong Un

    Kim Jong Un (Foto: Wikipedia) / BTS / aespa (Foto: via Soompi). Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyebut K-Pop sebagai "kanker ganas" yang menggerogoti neg

    on Jun 12, 2021
    Seori

    Seori Luncurkan Single Baru 'The Long Night' Fitur GIRIBOY Via 88risin...

    Seori, penyanyi dan penulis lagu asal Korea Selatan, meluncurkan single barunya berjudul '긴 밤 (The Long Night)'. Sebuah lagu hasil kolaborasinya dengan

    on Jun 10, 2021
    BTS

    BTS Dikecam Organisasi PETA Karena Kolaborasi Dengan McDonald's

    BTS Meal yang merupakan produk kolaborasi McDonald's dan raja K-pop ini telah melampaui sukses penjualannya. Dan tentu saja telah membuat semua ARMY girang

    on Jun 9, 2021