×
×

Search in Mata Mata Musik

7 Kesalahan Tidak Sengaja Dalam Lagu Yang Hasilnya Malah Keren

Posted on: 05/29/20 at 10:30 am

Pink Floyd, The Police, Led Zeppelin.
Pink Floyd, The Police, Led Zeppelin. (Foto: kolase).

Merekam musik di studio adalah proses yang rumit dan menantang. Beberapa musisi kadang harus berkali-kali merekam alias take vokal dan instrumen yang diperlukan untuk mendapatkan hasil sempurna untuk produk akhirnya. Dan dalam lingkungan seperti studio rekaman, kesalahan apapun tidak bisa diterima, kamu harus merevisi jika salah.

Apalagi zaman dulu di era 1960 hingga 1980-an, mau nggak mau harus ulang dari awal, tidak seperti zaman sekarang dengan software komputer yang bisa “cut and paste”, bisa diulang dari bagian mana pun di mana kamu melakukan kesalahannya, entah salah not, salah kord, salah lirik, tidak sengaja merekam suara lain, dan lain-lain.

Meskipun iya, kadang-kadang, terjadinya suatu kesalahan secara unik justru bisa membuat keseluruhan lagu terasa lebih hidup dan secara umum lebih baik, terutama dalam segi estetika.

Dan ternyata memang ada loh yang seperti itu, dan itu terdapat di lagu-lagu legendaris “tempo doeloe”. Di bawah ini ada 7 momen ketika para musisi memutuskan untuk membiarkan beberapa kesalahan dalam lagu yang tidak disengaja dalam hasil akhir lagu mereka. Sepertinya ada lebih dari 7 momen seperti itu, tapi segini dulu ya, bray. Kalau ada yang kurang, silakan tambahkan sendiri di kolom komentar, hehehe.

1. Led Zeppelin ‘Black Country Woman’

Diambil dari album Led Zeppelin terfavorit sang vokalis, Robert Plant, Physical Graffiti, lagu ‘Black Country Woman’ dimulai dengan suara pesawat yang kebetulan terbang di atas rumah tempat di mana band hard rock legendaris itu sedang rekaman. Tidak hanya menyelamatkan pengambilan suara yang ada pesawatnya, tetapi Led Zeppelin sebenarnya memasuki dialog diskusi singkat tentang apakah mereka akan mengedit suara pesawatnya atau tidak, dengan Robert Plant hanya mengatakan “Nggak usah, biarkan saja” pada akhir lagu.

2. The Police ‘Roxanne’

Mempertimbangkan betapa populernya ‘Roxanne’ dalam katalog musik The Police, rasanya semakin keren bahwa band rock new wave asal Inggris ini memutuskan untuk membiarkan kesalahan teknis yang jelas dalam lagu itu. Di sekitar detik 0:04 kamu dapat dengan jelas mendengar serangkaian not asal yang dimainkan pada kibord diikuti oleh suara ketawa sang vokalis, Sting. Meskipun momen itu cocok dengan lagunya, itu tidak direncanakan sama sekali. Selama sesi merekam lagu itu, Sting secara tidak sengaja duduk di kibord yang kemudian menghasilkan suara nada yang tidak karuan. Pada akhirnya, The Police memutuskan bahwa lebih baik mereka menjaga kecelakaan tidak disengaja yang aneh itu, dan tampaknya mereka bertindak benar.

3. Pink Floyd ‘Wish You Were Here’

Pink Floyd dan khususnya sang gitaris, David Gilmour, dikenal sangat perfeksionis dalam hal merancang album baru. Di lagu ‘Wish You Were Here’ dari album eponymous atau self-titled mereka, kamu dapat dengan jelas mendengar suara batuk diikuti dengan suara bernapas tepat sebelum bagian gitar utamanya masuk. Ceritanya adalah ketika David Gilmour tidak dapat menahan batuk karena kebiasaan merokoknya yang berat pada saat itu. Ketika dia mendengar hasil akhirnya, saking kecewanya, dia langsung benar-benar berhenti merokok pada hari berikutnya. Entah cerita itu benar atau tidak, suara bernapas tersebut hanya memberi lagu itu suasana yang lebih atmosferik, jadi hasilnya cukup bagus kok.

4. The Mamas & The Papas ‘I Saw Her Again’

Tidak hanya musisi loh ya yang bisa membuat kesalahan selama proses rekaman. Ketika The Mamas & The Papas sedang merekam album self-titled mereka pada tahun 1966, selama proses mixing-nya, sang engineer studio telah memasukkan vokal coda-nya (bagian akhir komposisi lagu) terlalu awal, dia kemudian mencoba untuk menghapus kesalahan itu dan menempatkan vokal di tempat yang benar, tetapi entah bagaimana kesalahan itu tidak berubah. Sang produser Lou Adler sangat menyukai pengulangan kalimat yang tidak disengaja itu, dia memutuskan untuk membiarkannya seperti itu dalam versi akhirnya. Hal itu telah membuat lagunya sedikit lebih menarik.

5. The Kingsmen ‘Louie Louie’

Yah, lagu ini sendiri adalah suatu kekacauan yang cukup besar. Sekitar di detik 00:54, seseorang terdengar berteriak “Fuck!”, sang vokalis membuka lagunya terlalu cepat, dan itu belum termasuk performa vokal yang saking tidak jelasnya bahkan FBI pun tidak bisa menulis lirik lagunya selama investigasi mereka. Masih belum jelas kenapa take khusus ini dianggap layak untuk diterbitkan sebagaimana mestinya, tetapi itu bukan keputusan yang salah karena lagu tersebut dengan cepat menjadi sangat populer dan menghasilkan uang yang banyak.

6. Ben Folds Five ‘Steven’s Last Night In Town’

Kesalahan tidak disengaja lainnya ini berasal dari proses rekaman di rumah, bukannya di studio yang kedap suara. Sekitar menit 02:55 ada suara telepon berdering di belakangnya diikuti dengan suara tertawa pendek. Itu bukan sample tambahan atau sesuatu yang direncanakan, seseorang hanya berusaha menjangkau sang pentolan band, Ben Folds ketika dia sedang merekam lagu itu, karena semuanya terjadi di rumahnya. Nada dering itu ternyata dengan sempurna cocok dengan penempatan waktu lagu itu, jadi Ben Folds memutuskan untuk membiarkannya, membuat lagu yang sudah menyenangkan itu bahkan terasa lebih hidup.

7. Whiskeytown ‘Bar Lights’

Pentolan band Whiskeytown, Ryan Adams selalu mengerjakan proyek musiknya tanpa peduli apa pun, tetapi lagu ‘Bar Lights’ mungkin adalah bentuk representasi terbaik dari sikapnya itu. Ryan Adams lupa dialognya, dan mulai tertawa, pemain biola Caitlin Cary mulai tertawa juga, dan kemudian dia memutuskan senar gitarnya dalam rentang hitungan detik, yang bikin tambah lucu lagi, ini adalah take yang kita dengar di lagu itu bersama dengan komentarnya tentang seluruh kesalahan tidak disengajanya di bagian akhir lagu. Lagu ini terasa lebih nyata karena kesalahan ini tanpa kehilangan kualitasnya, jadi Ryan Adams pasti membuat pilihan yang tepat untuk menerbitkan lagu tersebut apa adanya.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

#LetTheMusicPlay

Iron Maiden, Enter Shikari dan 1500 Artis Lebih Dukung Kampanye #LetTh...

Iron Maiden. (Foto: via Kerrang!). Lebih dari 1.500 artis telah menandatangani surat terbuka kepada pemerintah Inggris sebagai bagian dari kampanye #LetTheM

on Jul 3, 2020
Mike Shinoda

Mike Shinoda Umumkan Album Baru Yang Dibuat di Twitch Bersama Fans

Mike Shinoda. (Foto: Frank Maddocks). Di awal masa karantina, salah satu pendiri Linkin Park, Mike Shinoda jatuh cinta dengan layanan livestream Twitch. Dia

on Jul 1, 2020
Antartick & Bogorian Voices.

Antartick & 17 Musisi Bogor Serukan Bangkit Dari Pandemi Lewat ‘Indo...

Antartick & Bogorian Voices 'Indonesia Kita'. Perubahan kini terjadi di segala penjuru. Alih-alih mengeluh dan berhenti berkarya bukankah sebaiknya kita

on Jun 25, 2020
Robb Flynn

Robb Flynn (Machine Head) Katakan “Fuck No!” Kepada Konser Musik D...

Robb Flynn (Machine Head). (Foto: Grizzlee Martin). Robb Flynn telah menyuarakan pendapatnya mengenai kemungkinan dia bersama Machine Head bermain konser dr

on Jun 25, 2020