×
×

Search in Mata Mata Musik

7 Koreografi Keren K-Pop Dengan Gerakan ‘Waacking’

Posted on: 02/16/19 at 5:08 pm

Waacking adalah gaya tarian jalanan dengan banyak gerakan tangan yang cepat. 

Oleh: U. Kim. (Soompi)

Kalau kebetulan kamu belum kenal dengan istilah “waacking,” jangan khawatir. Kamu pasti bisa langsung paham dengan istilah ini setelah menonton beberapa klip di bawah ini! Intinya, tarian ini adalah gaya tari jalanan dengan banyak gerakan tangan yang cepat. Tapi tentunya, tidak sesimpel itu, jadi simak sendiri koreografi keren yang melibatkan gerakan tarian jalanan ini.

Kalau kamu sudah kenal dengan genre tarian ini, kamu mungkin sadar waacking sudah mulai sering digunakan dalam koreografi K-pop. Dari semua video di bawah, mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: Musisi Yang Meninggal Karena Dibunuh

Yubin – “Thank USoooo Much”
Dengan koreografi dari Lip J, seorang penari waacking profesional dari Korea, lagu retro ini tampaknya memberi penghormatan pada asal muasal tarian jalanan ini di klub disko tahun ’70-an. Gerakan tari jalanan yang penuh percaya diri cocok dengan lirik sarkastis di mana para personil Yubin “berterima kasih” pada seorang mantan kekasih karena memberikan terlalu banyak informasi yang tidak penting saat hubungan mereka kandas.

KARA – “Mamma Mia”
Sebagai salah satu koreografi pertama yang menggabungkan unsur waacking dengan K-pop, “Mamma Mia” milik KARA terdiri dari sebagian besar gerakan dasar yang mana penari pemula harus mulai banyak belajar gerakan jalanan itu. Koreografi klasik ini diciptakan oleh Bae Yoon Jung, yang dikenal sebagai salah satu pelatih tari di “Produce 101” dan “Produce 48.”

DreamCatcher – “Fly High”
Dance break di “Fly High” mungkin menjadi gerakan waacking yang paling cepat dan paling rumit dalam daftar ini, jadi selamat buat DreamCatcher karena sukses melakukannya! Chorus-nya juga berisi beberapa elemen waacking, tetapi di bagian dance break-nya lah gerakan jalanan yang sangat mengesankan itu terjadi.

Oh My Girl – “Secret Garden”
Lagu ini menandai awal dari gaya tarian terbaru untuk Oh My Girl yang dilanjutkan dengan lagu utama mereka berikutnya, “Remember Me.” Dance break di lagu ini penuh dengan gerakan waacking yang secara efektif mengekspresikan melodi dramatis yang mengiringi lagu.

Produce 101 – “PickMe”
Dengan koreografi yang juga diciptakan Bae Yoon Jung, “Pick Me” adalah salah satu tanda terbesar kalau waacking benar-benar mulai menjadi bagian penting dari koreografi grup cewek K-pop. Tarian jalanan ini adalah pilihan yang sangat tepat saat menarikan irama tercepat di sebuah lagu, dan begitulah gerakan itu digunakan di klimaks lagu “Pick Me” acara Produce 101.

TWICE – “Do It Again”
“Do It Again” adalah lagu B-side dari album debut TWICE The Story Begins. Ada bagian pendek di lagu seru ini yang tidak dapat dipungkiri dipengaruhi oleh waacking. Bahkan, di salah satu penampilan TWICE membawakan lagu ini, Momo secara singkat memamerkan keahlian tarian jalanan ini di bagian solonya.

Chungha – “Roller Coaster”
Chungha adalah ratu waacking. Sangat menyenangkan bisa menonton sosoknya yang mungil mendominasi panggung dengan gerakan yang rapi. Di antara lagu-lagunya, “Roller Coaster” paling banyak menggabungkan unsur jalanan ini, tapi apa pun lagunya, dia tidak pernah kehilangan semangat tarian jalanan ini di jari-jarinya.

Baca Juga: Popularitas Artis Wanita K-Pop Akhirnya Meningkat di Amerika

Bonus: IZ*ONE – “SukiTo Iwasetai”
Walaupun “Suki To Iwasetai” secara teknis bukan lagu K-pop, tidak ada salahnya memasukkan lagu J-pop ini ke daftar ini karena IZ*ONE juga merupakan grup K-pop. Sinkronisasi grup ini di intro waackingsangat memanjakan mata.

Kolaborasi mana yang menurut kalian paling keren? 

Keterangan Foto Utama: Beberapa artis K-Pop dengan koreografi waacking mereka. (Foto via Soompi)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Red Velvet

Red Velvet Ungguli Destiny’s Child dengan The ReVe Festival - Finale

Red Velvet baru saja merilis video musik bertema gothic untuk single baru mereka ‘Psycho,’ bersamaan dengan bagian terakhir dari seri mini album ReVe Festi

on Dec 24, 2019
Mnet Asian Music Awards 2019

Pergelaran Mnet Asian Music Awards 2019 Hasilkan 102 Juta Tweets

Edisi ke-21 acara tahunan Mnet Asian Music Awards 2019 berlangsung pada 4 Desember lalu di Nagoya, Jepang, merayakan hal-hal terbaik dalam musik K-pop dan arti

on Dec 14, 2019
Red Velvet comeback

Red Velvet Akhiri Trilogi Album The ReVe Festival Bulan Ini!

Red Velvet akan merilis bagian terakhir dari trilogi 'The ReVe Festival' mereka bulan ini! Girl group ini akan meluncurkan 'The ReVe Festival: Finale' pada

on Dec 12, 2019
MOMOLAND

MOMOLAND Bakal Tutup Tahun dengan Single 'Thumbs Up'

MOMOLAND dikabarkan sedang bersiap untuk comeback akhir tahun ini. Selasa kemarin, agensi MOMOLAND MLD Entertainment mengeluarkan pernyataan tentang comebac

on Dec 12, 2019