×
×

Search in Mata Mata Musik

7 MV K-Pop Yang Terinspirasi Dari Film Layar Lebar Terkenal

Posted on: 08/1/21 at 12:00 pm

7 MV K-Pop Yang Terinspirasi Dari Film Layar Lebar Terkenal
T-ara dalam MV ‘Roly Poly’ (Foto: via YouTube).

MV (Music Video) K-pop memang memiliki keindahan visual yang luar biasa. Terletak pada produksi estetika yang nyaris tidak pernah berhenti memukau penontonnya di tiap menit dan detiknya. Sering kali saat MV K-pop baru dirilis, rasanya seperti ada film baru di bioskop layar kaca atau layar lebar. Asal jangan layar tancep saja, hehe. Dan yang lebih kerennya lagi adalah terkadang ide-ide visualnya mengambil referensi dari film-film beken yang membuat dapur industri film dan musik sama-sama ngebul.

Baca juga: 30 Urutan Peringkat Penyanyi K-Pop Terpopuler Edisi Bulan Juli 2021

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah 7 MV K-pop yang terinspirasi dari film-film terkenal. Namun hanya MV K-pop yang terinspirasi oleh film orisinal tertentu saja yang ditampilkan di bawah.

1. Taeyeon – ‘What Do I Call You’

Dalam MV ‘What Do I Call You’, Taeyeon menciptakan kembali beberapa adegan utama dari film beken “Eternal Sunshine of the Spotless Mind”. Dan kemiripannya memang mengesankan. Film yang dibintangi Jim Carrey dan Kate Winslet ini bercerita tentang pasangan yang menghapus kenangan satu sama lain untuk move on dari perpisahan yang buruk. Lagu ini pun bisa menjadi soundtrack orisinal yang sempurna jika ada remake versi Korea film ini.

2. Brown Eyed Girls – ‘Kill Bill’

Apa kesamaan Brown Eyed Girls dan film “Kill Bill” selain dari judulnya? Keganasan, ketegangan, dan kekejamannya yang pasti. Masing-masing member grup ini mengambil peran dari film tersebut, mewakili pasukan Deadly Viper Assassination. MV lagu ini dimulai dengan kutipan dari karakter utama film garapan sutradara Quentin Tarantino ini. Kemudian dilanjutkan dengan Brown Eyed Girls yang menceritakan kembali alur cerita dengan sedikit twist dalam rangkaian peristiwanya.

3. SHINee – ‘Married To The Music’

SHINee selalu bisa membuat konsep yang tiada tara, dan yang satu ini tidak berbeda. MV ‘Married To The Music’ terinspirasi dari film klasik “Rocky Horror Picture Show”, di mana mereka menggunakan font asli filmnya untuk judul lagu mereka dan juga menirukan suasana pesta kostum yang menakutkan. Para member grup ini juga kreatif di sepanjang MV seperti mata, hidung, dan bibir hilang, kepala dipenggal, dan tubuh berubah menjadi radioaktif. Berkat pertunjukan visual horor asli ini, hasilnya benar-benar keren.

4. T-ara – ‘Roly Poly’

Cewek-cewek cakep ini nampaknya mendedikasikan seluruh EP mereka untuk John Travolta, setelah terinspirasi oleh perannya dalam film klasik “Saturday Night Fever”. Secara alamiah, MV ‘Roly Poly’ terlihat seperti adegan yang dihapus, atau lebih tepatnya sempalan yang menghubungkan kembali ke film tahun 1977 ini. Koreografinya juga mengingatkan kita pada gerakan apik Travolta di lantai dansa, yang merupakan kode tribute lainnya untuk sang aktor.

5. WINNER – ‘Hold’

Dalam MV yang kocak ini, para member WINNER berperan sebagai saudara laki-laki Lee Suhyun dari AKMU dan mengawasinya saat doi menjelajah ke dunia kencan. Detail yang paling menyolok adalah bahwa mereka memberikan kode tribute singkat dan spesial kepada film Korea yang paling beken “Parasite” yang memenangkan piala Oscar. Di mana Song Mino berpakaian seperti pengurus rumah tangga Moon Gwang dan muncul di monitor saudara kandungnya, menakuti mereka di layar.

6. EXO – ‘LIGHTSABER’

MV lagu yang asyik ini memiliki tulisan “Star Wars” di atasnya. Dari judul hingga neon sign ksatria Jedi, dan semua lightsaber yang ditampilkan dalam berbagai adegan MV, para member EXO berhasil mewujudkan kisah legendaris ini. Dan karena MV ini memang betulan proyek kolaborasi mereka dengan film “Star Wars”. MV ini telah disetujui secara resmi oleh pihak Lucas Film.

7. BTS – ‘Black Swan’

MV ini penuh dengan simbol yang mengingatkan kita pada film “Black Swan” yang dibintangi Natalie Portman. Seperti dualitas pakaian hitam dan putih serta sayap yang mengacu pada angsa, dan koreografi mulus yang menggabungkan unsur kesempurnaan yang merupakan dilema obsesif karakter pemeran utamanya di sepanjang film.

Sumber: Soompi
Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lisa

    Lisa Tampil 'Edgy' Pakai Kostum Iron Maiden, LALISA Trending #1!

    'LALISA' sengaja kami pilih sebagai materi episode perdana MMM REACTION di kanal YouTube MataMata Musik. MV (Music Video) 'LALISA' sempat trending #1 selam

    on Oct 7, 2021
    Ghost

    Ghost Rilis Lagu 'Hunter's Moon' Sebagai Soundtrack Film "Hallowen Kil...

    Papa Emeritus IV Ghost, band heavy metal asal Swedia yang pernah meraih penghargaan Grammy Awards 2016 untuk nominasi Best Metal Performance setelah dua tah

    on Oct 1, 2021
    Ad Infinitum

    Ad Infinitum Merilis MV 'Afterlife' Jelang Album "Chapter II - Legacy"

    Ad Infinitum, mungkin nama yang asing bagi sebagian orang. Tetapi tidak bagi kalangan penggemar heavy metal. Band symphonic metal ini merilis lagu kedua me

    on Sep 30, 2021
    Converge

    Converge X Chelsea Wolfe Merilis Album Kolaborasi "Blood Moon"

    Converge x Chelsea Wolfe (Foto: Emily Birds). Inilah kolaborasi yang memang layak untuk dinanti sejak lama. Akhirnya secara resmi Converge dan Chelsea Wolfe

    on Sep 29, 2021