×
×

Search in Mata Mata Musik

7 Records Store Wajib Dikunjungi Di Singapura!

Posted on: 08/14/19 at 6:00 pm

Jangan cuma datang ke Singapura untuk menikmati konsernya. Mengunjungi record store di Singapura bisa jadi kegiatan menyenangkan untuk dilakukan.

Baca Juga: Suka Berburu Vinyl? Ini Perbedaan Antara Mono & Stereo!

Semua orang sudah menyadari kalau dalam hal konser, Singapura seringkali menjadi negara ‘saingan’ Indonesia di Asia. Pasti banyak dari kalian yang berangkat ke sana hanya untuk mengejar sebuah pertunjukan dari musisi favorit, lalu langsung pulang lagi ke Jakarta.

Nah, beberapa tahun belakangan, pertumbuhan record store di Singapura kembali meningkat lho! Jadi, selain bertandang ke negeri singa tersebut cuma buat nonton konser, sekarang kalian bisa berburu berbagai rilisan musik, mulai dari CD, vinyl sampai merchandise di beberapa record store rekomendasi kami berikut ini!

White Label Records

28 Ann Siang Rd

Selain internasional, White Label Records juga tawarkan koleksi rilisan musik lokal dan Asia yang dikurasi dengan baik secara rutin. (Foto: White Label Records)

Bertempat di lingkungan mewah Ann Siang Hill, White Label Records adalah record store keren di siang hari yang disulap menjadi bar di malam hari. Ruang penuh gaya ini juga menjadi tempat nongkrong yang pas bagi penggemar musik untuk bersantai sambil menikmati makanan dan minuman, mengetes pengetahuan musik mereka di malam trivia, melihat-lihat koleksi vinyl yang tidak ada habisnya, serta menonton penampilan DJ dan artis-artis secara live.

Choice Cuts Goods + Coffee

451 Joo Chiat Rd

Choice Cut Goods menyuguhkan koleksi yang didominasi hip hop dan soul 80-an sampai 90-an. (Foto via Hype and Stuff)

Didirikan oleh kolektif DJ Matteblacc, ruang musik ini lebih dari sekadar kelihatannya. Selain menawarkan berbagai tumpukan rekaman untuk diintip-intip pecinta musik, toko yang santai ini juga mengundang konsumen untuk menikmati hidangan kopi maupun craft beer sekaligus membeli merchandise dan aksesoris dari artis, band hingga merek streetwear favoritmu. Ada juga sesi vinyl dadakan di toko, serta tutorial gratis untuk memainkan vinyl yang diadakan dua kali dalam sebulan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Baca Juga: Streaming Musik Ternyata Lebih Tidak Ramah Lingkungan

RetroCrates

448A Joo Chiat Rd

Sebagian besar koleksi RetroCrates berasal dari pop 80-an. (Foto via Time Out Singapore)

Terletak di jalan Joo Chiat, Retrocrates adalah tempat yang ideal bagi pecinta musik untuk bersantai dan menggali koleksi musik dengan tenang untuk semua genre musik, baik lama maupun baru. Record store independen ini menawarkan berbagai turntable serta koleksi rekaman vinyl baru dan bekas yang bervariasi. Toko dengan dua lantai ini—yang dilengkapi dengan sofa, alas duduk, dan karpet tebal—memungkinkan pelanggan merasa nyaman dan membenamkan diri mereka dalam musik. 

The Analog Vault

8 Raffles Ave

Salah satu record store di Singapura yang memiliki koleksi luas. (Foto via Vinyl Factory)

Surga bagi pecinta musik, The Analog Vault menawarkan vinyl, turntable dan merchandise musik lainnya, serta buku-buku indie dengan sampul hardback dan paperback yang asyik untuk dibaca. Mirip dengan toko online-nya, bangunan terbuka ini menghadirkan rekaman dalam format mono dan stereo, serta box set, edisi terbatas dan single 7” milik artis-artis dari berbagai genre, termasuk jazz, elektonik, klasikal modern dan eksperimental, world music, hip-hop, R&B dan soul. Jangan heran kalau menemukan LP band lokal yang tersembunyi di antara banyak judul internasional.  

Curated Records

55 Tiong Bahru Rd

Dari indie hingga pop, Curated Records memiliki koleksi musik yang luas. (Foto via Here Now)

Berada di tengah-tengah Tiong Bahru, tempat ini menjadi gudang bagi album-album yang bisa dikategorikan ‘hispter.’ Meski begitu, koleksinya yang termasuk lengkap, memungkinkan para pemburu vinyl mendapatkanbeberapa temuan bagus. Terlepas dari harga tinggi yang cenderung menggelikan, seperti cetakan pertama yang langka dari album Nirvana, In Utero.

Baca Juga: Setidaknya Satu Records Store di UK Tolak Jual Album Baru Morrissey

Red Point Record Warehouse

80 Playfair Rd

Sediakan waktu seharian penuh kalau mau digging di Red Point Warehouse. (Foto via Time Out)

Dengan lebih dari 10.000 vinyl vintage yang menumpuk di tempat yang luar biasa ini, wajar saja kalau Red Point menjadi tempat favorit penggemar piringan klasik. Red Point terkenal di kalangan geek musik karena pilihannya yang bervariasi – kalian bisa menemukan karya diva Tionghoa dari tahun ’50-an hingga zaman keemasan rock ’n’ roll sampai indie kontemporer dan lagu-lagu populer lama dari artis-artis Singapura. Tidak perlu ditanyakan lagi, Red Point wajib didatangi buat para pemburu vinyl kelas pecandu!

Ravage Records

6001 Beach Rd

Dari vinyl klasik Bathory sampai kaos Metallica bisa ditemukan di Ravage Records. (Foto via Team 94)

Tempat kecil yang menyenangkan buat para penyuka heavy metal. Selain re-issue album-album ikonik seperti milik Bathory dan Emperor, Ravage Records menyediakan CD band-band underground dan segala macam merchandise berkaitan dengan metal.

Keterangan Foto Utama: White Label Records di daerah Ann Siang Hill, salah satu record store wajib dikunjungi di Singapura. (Foto: White Label Records)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Pearl Jam

Sesi Pearl Jam di MTV Unplugged Akan Perdana Rilis dalam Versi Vinyl

Set berisi tujuh lagu ini akan dirilis untuk acara Black Friday Record Store Day. Penampilan Pearl Jam di MTV Unplugged pada tahun 1992 akan segera bisa d

on Nov 7, 2019
Universal Music

Universal Music Buka Markas di Asia Tenggara, Fokus ke Musik Rap

Korea punya K-Pop. India punya musik Bollywood. Mungkinkah kawasan Asia Tenggara yang terkenal padat dan tumbuh cepat menjadi sarang baru bagi hip-hop? Baca

on Sep 18, 2019
Neon Lights 2019

Neon Lights 2019 Tambahkan King Gizzard & the Lizzard di Lineup-nya!

Selain King Gizzard & the Lizzard Wizard, lineup Neon Lights tahun ini juga akan menyertakan Gus Dapperton dan Cosmo’s Midnight. Baca Juga: Mumford &am

on Sep 13, 2019
Interpol Umumkan Reissue Vinyl Album Keduanya, Antics

Interpol Umumkan Reissue Vinyl Album Keduanya, Antics

Album kedua klasik Interpol, Antics, merayakan ulang tahunnya yang ke-15 bulan depan. Band asal New York ini akan menandai peristiwa penting itu dengan perilis

on Aug 25, 2019