×
×

Search in Mata Mata Musik

7 Rintangan Yang Membuat 7 Anggota BTS Awalnya Hampir Nggak Jadi Debut

Posted on: 08/23/20 at 7:00 am

7 Rintangan Yang Membuat Setiap Anggota BTS Awalnya Hampir Nggak Jadi Debut
BTS bersama CEO Big Hit Entertianment, Bang Si Hyuk (tengah yang gemuk).

Perjalanan karier para anggota BTS dalam mencapai popularitas global yang fenomenal seperti sekarang terjadi layaknya sebuah film, karena mereka benar-benar telah melalui semua rintangan untuk mencapai posisi mereka sekarang. Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian dan memiliki happy ending.

Namun, proses pembentukan boyband K-pop itu juga berjalan seperti sebuah dongeng, karena semua anggota BTS awalnya hampir nggak memulai debut kariernya. Berikut ini adalah beberapa kendala yang harus diatasi setiap anggota BTS sebelum debutnya.

Baca Juga: Duaarrr! MV Single ‘Dynamite’ BTS Akhirnya Meledak, Pecahkan Rekor Baru

1. RM

BTS baru-baru ini menjadi bintang tamu di acara survival I-LAND, dan sang pemimpin grup RM mengatakan bahwa doi dulu sempat melarikan diri dari Big Hit Entertainment enam bulan sebelum BTS melakukan debutnya.

Saat RM sedang kabur, doi bertemu ayahnya. Ayah RM akhirnya menghabiskan beberapa jam meyakinkannya untuk kembali bekerja dengan BTS, mengatakan kepadanya bahwa, “Saya tahu kamu ingin ada di sana (Big Hit Entertainment), dan kamu ya harus pulang ke sana”. Ayah RM juga tahu bahwa RM akan merasa sangat menyesal jika saja doi nggak balik ke perusahaan. Setelah berbicara dengan ayahnya, RM kembali ke Big Hit Entertainment.

Tonton video RM saat doi menceritakan momen doi dulu sempat kabur dari BTS di bawah ini.

2. Suga

TMI News dari Mnet secara sekilas menelusuri perjuangan Suga sebelum memulai debutnya dan menemukan bahwa Suga telah melewati rintangan yang lumayan sulit. Suga berjuang secara finansial selama masa doi sebagai trainee, dan doi harus menjalani banyak pekerjaan paruh waktu hanya agar punya uang saku untuk beli makanan. Saat bekerja sebagai pengantar barang, Suga sempat mengalami luka di bagian bahunya. Setelah itu, Suga memutuskan untuk berhenti menjadi trainee.

Namun, CEO Big Hit, Bang Si Hyuk menghentikan Suga dan mengatakan kepadanya bahwa doi akan bersedia menunggu bahunya hingga sembuh. Nggak cuma itu, Bang Si Hyuk juga membayar seluruh biaya sekolah Suga sehingga doi nggak perlu terlalu khawatir tentang masalah uang.

Lo bisa tonton video lengkap dari cerita Suga di bawah ini!

3. J-Hope

Dalam sebuah episode acara Burn The Stage, terungkap bahwa J-Hope sempat dikeluarkan dari lineup BTS ketika doi masih menjadi trainee.

RM akhirnya berbicara mencoba menyakinkan orang-orang di Big Hit Entertainment, memberi tahu mereka bahwa mereka membutuhkan J-Hope di BTS. Setelah rapat dengan RM, perusahaan mengubah pikiran mereka dan mengizinkan J-Hope untuk tetap menjadi anggota BTS.

4. Jin

Tujuan awal Jin bukanlah untuk menjadi seorang idol K-pop tetapi untuk menjadi seorang aktor. Namun, Big Hit Entertainment memutuskan untuk menjadikan Jin sebagai idol trainee dan melatihnya untuk menjadi salah satu vokalis BTS, yang akhirnya menjadi suatu keputusan yang tepat. Selama bertahun-tahun, Jin telah menunjukkan kemampuan aktingnya yang luar biasa, dan banyak fans berharap suatu hari doi muncul di sebuah drakor (drama Korea) atau film layar lebar.

5. Jungkook

Bang Si Hyuk sebelumnya pernah mengungkapkan bahwa Jungkook hampir nggak jadi debut dengan BTS. Doi berbagi informasi bahwa Jungkook adalah orang yang sangat pemalu saat doi masih trainee.

“Sebenarnya, selama masa trainee-nya, ketika Jungkook diminta untuk bernyanyi, dia nggak bisa. Dia sangat pemalu dan hanya akan memutar tubuhnya selama 15 menit,” kata Bang Si Hyuk

Sifat pemalu Jungkook bahkan membuatnya dievaluasi secara negatif oleh perusahaan.

“Evaluasi perusahaan menjelaskan bahwa dia bahkan nggak bisa debut karena dia nggak memiliki bakat untuk melakukan itu. Tapi sekarang, Jungkook sepertinya adalah anggota yang menyenangkan ‘kan?” tambah Bang Si Hyuk.

Syukurlah, Jungkook sukses mengatasi rasa malunya dan bisa debut bersama BTS!

6. V

Cerita perjuangan V untuk menjadi trainee di Big Hit Entertainment benar-benar gila. Ketika V masih muda, temannya memutuskan untuk mengikuti audisi Big Hit Entertainment. V memutuskan untuk pergi dan ikut dengan temannya tetapi nggak berniat untuk mengikuti audisi, karena doi hanya pergi untuk mendukung temannya. V terkejut ketika seseorang di perusahaan mendesaknya untuk mengikuti audisi. V kemudian menelepon ayahnya untuk meminta izin, kemudian mengikuti audisi tersebut. Doi akhirnya membuat perusahaan itu terkesan, karena doi lulus audisinya. Sayangnya, teman V gagal dalam audisinya.

7. Jimin

Ketika Jimin pertama kali menjadi trainee di Big Hit Entertainment, doi berjuang keras dengan mempelajari koreografi K-Pop, karena mereka sangat berbeda dari jenis tarian yang doi sebelumnya telah pelajari.

“Aku mengambil jurusan tari kontemporer. Karena gaya menarinya sama sekali berbeda dengan koreografi grup idol, itu menjadi tantangan yang sulit buat aku,” ungkap Jimin.

Jimin hampir dikeluarkan dari BTS berkali-kali karena perbedaan koreografi ini. Syukurlah, Jimin bisa mengatasi masalah ini dan sekarang menjadi salah satu dancer terbaik BTS.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Boyband K-Pop Terpopuler

30 Urutan Peringkat Boyband K-Pop Terpopuler Edisi Bulan Oktober 2020

30 urutan peringkat boyband K-pop terpopuler edisi bulan Oktober 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand a

on Oct 20, 2020
12 Lagu K-Pop Advokasi Isu Kesehatan Mental

12 Lagu K-Pop Yang Berfungsi Sebagai Advokasi Isu Kesehatan Mental

Artis K-pop merasakan banyak tekanan saat mereka membangun karier mereka dan terhubung dengan publik. Hingga beberapa tahun yang lalu, membahas isu kesehat

on Oct 19, 2020
15 Idol K-Pop Paling Banyak Didengar Di Spotify Oktober

15 Artis K-Pop Dengan Pendengar Terbanyak di Spotify Bulan Oktober 202...

Yuk cek beberapa artis K-pop dengan pendengar terbanyak bulan Oktober ini. Dari boyband hingga girlband serta solois, berikut adalah 15 artis K-pop terpopu

on Oct 18, 2020
Suga BTS & Alllex Black

Rapper Ukraina Yang Dituduh Plagiat Lagu ‘Daechwita’ Unggah Video ...

Rapper asal Ukraina bernama Alllex Black sebelumnya dituduh menjiplak lagu alter egonya Suga BTS, Agust D, ‘Daechwita’. Lagu yang dirilis rapper dari b

on Oct 17, 2020