<-- Google Tag Manager -->
×
×

Search in Mata Mata Musik

8 Tahun Lalu, Avicii Rilis Salah Satu Lagu Terbesar dalam Sejarah EDM

Posted on: 10/29/19 at 2:09 pm

Tanggal 28 Oktober 2011, Avicii merilis single yang kemudian menjadi salah satu lagu paling monumental dalam sejarah EDM, “Levels.” 

Baca juga: Ayah Avicii Bahas ‘Stigma’ Seputar Kesehatan Mental

Bahkan bertahun-tahun setelahnya, sulit melihat kata “electronic dance music” tanpa memikirkan lagu ini.

Dengan melodi yang bisa dengan mudah dikenal, telinga pecinta EDM saat itu langsung tertuju pada lagu baru ini. “Levels” pun menjadi lagu pokok dalam set DJ dan acara radio di seluruh dunia.

Selain melodinya yang catchy, salah satu titik fokus dari lagu ini adalah sample lagu mendiang Etta James dari tahun 1962 “Something’s Got a Hold on Me.” Sample yang sama juga muncul dalam lagu Pretty Lights “Finally Moving,” yang dirilis lima tahun sebelumnya. 

Baca juga: Patung Lilin Avicii Akhirnya Dipajang di Madame Tussauds NYC

Sample yang sama kemudian digunakan di lagu Flo Rida “Good Feeling,” yang menyertakan nama Avicii dalam kredit penulisan.

Tidak hanya dibanjiri pujian dan sambutan hangat, “Levels” juga sukses besar secara komersial. Lagu ini berhasil mencapai puncak tangga lagu dance di delapan negara dan memperoleh sertifikat platinum di 11 negara, dengan status multi-platinum di sebagian besar wilayah.

Lagu ini telah menginspirasi sejumlah remix, tetapi salah satu yang paling terkenal datang dari sumber yang sedikit tidak terduga. 

Baca juga: Kygo: Avicii Adalah Alasan Mengapa Saya Mulai Membuat Musik

Remix dubstep dari Skrillex untuk lagu ini masih menjadi salah satu versi yang paling difavoritkan fans. Bahkan, setelah kematian tak terduga Avicii, raksasa dubstep tersebut mengaku tidak pernah menghapus remix “Levels” dari setlist-nya sejak dibuat di 2011.

Dengarkan versi “Levels” dari Skrillex berikut ini.

Tidak banyak artis yang akan pernah bisa mencapai apa yang diraih Avicii di 2011. Saking istimewanya, “Levels” hampir dibandingkan dengan sebuah gerakan besar dalam musik.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Martin Garrix

Martin Garrix Dianugerahi Best Electronic di Ajang MTV EMAs 2019

Tak lama setelah merilis single kolaborasi dengan Dean Lewis “Used to Love,” Martin Garrix memenangkan titel Best Electronic di acara penghargaan paling be

on Nov 5, 2019
Djakarta Warehouse Project 2019

Djakarta Warehouse Project 2019 Umumkan Lineup Gelombang 2

Selama sebulan terakhir, fans Djakarta Warehouse Project (DWP) telah harap-harap cemas menantikan gelombang kedua dari lineup yang sudah bertabur bintang. Pe

on Oct 31, 2019
Marshmello

Marshmello Jadi Musisi dengan Subscriber Terbanyak Ketiga di YouTube

Minggu lalu, saluran YouTube Marshmello berhasil mencatat lebih dari 40 juta subscriber, menjadikannya musisi dengan subscriber terbanyak ketiga dan menggeser

on Oct 28, 2019
Avicii

Ayah Avicii Bahas ‘Stigma’ Seputar Kesehatan Mental

Ayah mendiang DJ Avicii memang terkenal tidak pernah menghindar dari perbincangan seputar keadaan yang menyebabkan putranya meninggal terlalu dini.  Baca

on Oct 22, 2019