×
×

Search in Mata Mata Musik

8 Tahun Lalu, Avicii Rilis Salah Satu Lagu Terbesar dalam Sejarah EDM

Posted on: 10/29/19 at 2:09 pm

Tanggal 28 Oktober 2011, Avicii merilis single yang kemudian menjadi salah satu lagu paling monumental dalam sejarah EDM, “Levels.” 

Baca juga: Ayah Avicii Bahas ‘Stigma’ Seputar Kesehatan Mental

Bahkan bertahun-tahun setelahnya, sulit melihat kata “electronic dance music” tanpa memikirkan lagu ini.

Dengan melodi yang bisa dengan mudah dikenal, telinga pecinta EDM saat itu langsung tertuju pada lagu baru ini. “Levels” pun menjadi lagu pokok dalam set DJ dan acara radio di seluruh dunia.

Selain melodinya yang catchy, salah satu titik fokus dari lagu ini adalah sample lagu mendiang Etta James dari tahun 1962 “Something’s Got a Hold on Me.” Sample yang sama juga muncul dalam lagu Pretty Lights “Finally Moving,” yang dirilis lima tahun sebelumnya. 

Baca juga: Patung Lilin Avicii Akhirnya Dipajang di Madame Tussauds NYC

Sample yang sama kemudian digunakan di lagu Flo Rida “Good Feeling,” yang menyertakan nama Avicii dalam kredit penulisan.

Tidak hanya dibanjiri pujian dan sambutan hangat, “Levels” juga sukses besar secara komersial. Lagu ini berhasil mencapai puncak tangga lagu dance di delapan negara dan memperoleh sertifikat platinum di 11 negara, dengan status multi-platinum di sebagian besar wilayah.

Lagu ini telah menginspirasi sejumlah remix, tetapi salah satu yang paling terkenal datang dari sumber yang sedikit tidak terduga. 

Baca juga: Kygo: Avicii Adalah Alasan Mengapa Saya Mulai Membuat Musik

Remix dubstep dari Skrillex untuk lagu ini masih menjadi salah satu versi yang paling difavoritkan fans. Bahkan, setelah kematian tak terduga Avicii, raksasa dubstep tersebut mengaku tidak pernah menghapus remix “Levels” dari setlist-nya sejak dibuat di 2011.

Dengarkan versi “Levels” dari Skrillex berikut ini.

Tidak banyak artis yang akan pernah bisa mencapai apa yang diraih Avicii di 2011. Saking istimewanya, “Levels” hampir dibandingkan dengan sebuah gerakan besar dalam musik.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Major Lazer

'Oh My Gawd', Single Joget Baru Major Lazer Fitur Mr. Eazi, Nicki Mina...

Major Lazer. Tepat pada hari Jum'at, 11 September 2020, bersama dengan Mr. Eazi, Major Lazer merilis single terbarunya berjudul 'Oh My Gawd' fitur Nicki Min

on Sep 12, 2020
Titi DJ & Sara Fajira

Single Kolab Lintas Generasi Titi DJ, Sara Fajira, Eka Gustiwana Sanga...

Titi DJ dan Sara Fajira. (Foto: E-Motion Entertainment). Era pandemi, nampaknya sama sekali nggak mempengaruhi dan menghentikan semangat Titi DJ dalam berka

on Sep 9, 2020
Erick Morillo

Erick Morillo (Reel 2 Real), DJ Lagu Hit ‘I Like to Move It’, Dite...

Erick Morillo. DJ dan produser musik berdarah Kolombia-Amerika Erick Morillo telah meninggal dunia pada usia 49 tahun. Baca juga: 10 Film Dokumenter EDM

on Sep 2, 2020
Post Malone X The Chainsmokers

Post Malone Nilai The Chainsmokers Tidak Salah Walau Konsernya Langgar...

Post Malone (Foto: Adam Degross), The Chainsmokers (Foto: via Spotify). Post Malone dan podcaster Joe Rogan telah berbicara tentang banyak hal selama sesi p

on Aug 3, 2020