×
×

Search in Mata Mata Musik

9 Aksi Kolaborasi Suga (BTS) Yang Menonjolkan Talenta Supernya

Posted on: 08/19/20 at 6:30 am

9 Aksi Kolaborasi Suga (BTS) Yang Menonjolkan Talenta Supernya
Suga.

Kecuali lo seorang misantropis yang hidup di atas pegunungan dan anti-sosial, kemungkinan besar lo pasti tahu satu atau dua hal tentang Suga, salah seorang anggota BTS. Secara spesifik doi adalah seorang rapper, penulis lagu, dan produser dari boyband K-pop raksasa itu.

Idol K-pop bernama asli Min Yoongi ini memiliki nama panggilan khusus ketika menjadi produser, yaitu Min PD, sedangkan proyek solo mixtape-nya, Agust D. Dengan lebih dari 100 lagu yang dikreditkan kepadanya oleh Korea Music Copyright Association, di mana doi telah menjadi anggota resmi, Suga nggak perlu diragukan lagi telah mengukir namanya sendiri di industri musik sebagai anggota BTS, rapper solo, dan kolaborator yang berkualitas super (tapi bukan KW Super, hehe).

Baca juga: Inilah Alasan Kenapa Suga Pernah Merasa “Ditipu” Agar Mau Debut Bersama BTS

Berikut ini adalah beberapa kolaborasi Suga selama bertahun-tahun sebagai rapper, produser, atau keduanya sekaligus.

1. Agust D – ‘So Far Away’ (Ft. Suran)

Kita semua tahu betapa sulitnya mewujudkan cita-cita. Suga mengangkat topik ini saat doi membahas rasa frustrasi dan kebingungan yang muncul dari proses mewujudkan mimpinya, sedangkan Suran menenangkan rasa ketegangan itu dengan sebuah pesan harapan, menyanyikan bahwa ada impian untuk semua orang dan hanya masalah waktu sebelum itu akhirnya menjadi kenyataan. Begitu sinergis dan kuat, suara dari duet ini membawa kita melalui petualangan musikal yang bikin hati tenang.

2. Suran – ‘Wine’ (Produser Suga dan Ft. Changmo)

Setelah mengantarkan sebuah lagu kolaborasi papan penggilasan…eh…papan atas, Suga dan Suran kini kembali bersinergi. Cuma kali ini, Suga berperan sebagai produser, yang menjadikan proyek ini sebagai pertama kalinya Suga bertindak sebagai produser untuk artis selain BTS. Lagu ini adalah campuran dari genre R&B, hip hop, dan electro-pop dan menceritakan kisah seseorang yang mengenang mantan kekasihnya sambil meminum segelas anggur merah. ‘Wine’ adalah lagu pemuncak tangga lagu pertama bagi Suran sejak debutnya dan untuk Suga sebagai produser, dan prestasi ini membuat kedua artis tersebut meraih piala Hot Trend Award di Melon Music Awards 2017.

3. Lee Sora – ‘Song Request’ (Ft. Suga)

Ini adalah lagu hit pemuncak tangga lagu lainnya bagi Suga sebagai artis fitur dan sebagai salah satu penulis lirik lagu. Dengan co-produser Tablo yang merekomendasikan Suga kepada Lee Sora untuk lagu ini, ‘Song Request’ mencerminkan rasa kesepian yang dialami seseorang yang membuat mereka menyalakan radio mobil dan menyocokkan lagu yang sedang diputar dengan suasana hati mereka saat itu. Lagu ini meraih rekor sempurna di tangga lagu dan menduduki puncak tangga lagu iTunes di seluruh dunia. Ini juga menandakan lagu kolaborasi pertama Suga sebagai artis fitur.

4. Epik High – ‘Eternal Sunshine’ (Prod. by Suga)

Suga dan Tablo bertemu lagi. Tunggu dulu… Tablo = Tampang Blo’on, wkwkwk. Lanjut. Dengan rapper BTS itu kali ini berperan sebagai produser, kolaborasi ini merupakan hadiah besar bagi penggemarnya dan Suga sendiri, yang merupakan penggemar berat Epik High. Irama yang asyik dan santai ini diiringi dengan konten lirik yang bermakna tentang kelelahan emosional yang timbul dari kerasnya kehidupan sosial dan mengandung nasihat dari trio itu yang menyarankan kita untuk menjalani hidup tanpa tergesa-gesa, selangkah demi selangkah.

5. Heize – ‘We Don’t Talk Together’ (Prod. by Suga dan Ft. Giriboy)

Min PD strikes again! Kali ini, Suga mengkontribusi keahlian produksinya ke lagu ‘We Don’t Talk Together’ milik Heize yang menampilkan Giriboy. Lagu lembut ini sangat cocok dengan kisah dua orang yang telah terpisah karena kurangnya komunikasi. Lagu ini nggak hanya memuncaki berbagai tangga lagu major, tetapi juga memenangkan posisi pertama di sebuah acara musik meskipun nggak dipromosikan. Beginilah hasilnya kalau sekumpulan orang berbakat kerja bareng.

6. Halsey – ‘Suga’s Interlude’

Halsey adalah teman baik semua personil BTS yang sebelumnya pernah tampil di salah satu lagu paling beken mereka ‘Boy With Luv’. Kali ini, Suga ditawari menjadi bagian dari album terbaru Halsey dengan selingan khusus yang judulnya diberikan sesuai namanya. Suga diminta untuk menulis bagian verse-nya dalam bahasa Korea, dan di dalamnya, doi membawa kembali salah satu lirik lamanya dari lagu ‘Tomorrow’ BTS.

7. IU – ‘eight’ (Prod. by dan Ft. Suga)

Ini adalah kolaborasi yang nggak disangka oleh kebanyakan orang. Dua penulis lirik yang sama-sama memiliki bakat dalam merancang kata-kata, emosi, dan keprihatinan ini bersatu untuk menyajikan sebuah mahakarya berjudul ‘eight’. Co-produser oleh Suga, lagu balada ini membahas topik-topik yang menghantui setiap orang di usia akhir dua puluhan. Lagu kolaborasi Suga dan IU ini secara alamiah menyapu bersih tangga lagu domestik maupun internasional.

Baca juga: Suga (BTS) Jelaskan Arti Di Balik Video Musik Agust D Barunya, ‘Daechwita’

8. Agust D – ‘Burn It’ ft. MAX

Berawal dari pertemuan biasa antar sahabat berubah menjadi kolaborasi musik yang luar biasa bagi Suga dan MAX. Salah satu lagu dari mixtape kedua Agust D, ‘Burn It’ adalah tentang membakar masa lalu dan mengumpulkan keberanian untuk melangkah maju menghadapi masa depan. Lirik bahasa Inggris MAX secara sempurna mencerminkan rekan asal Korea-nya itu dan menyajikan harmoni yang sempurna antara kedua musisi tersebut. Penggemar akan mendapatkan lebih banyak konten dari duo ini, karena Suga akan tampil dalam lagu ‘Blueberry Eyes’ dari album mendatang MAX, Color Vision.

9. ‘Dear My Friend’ ft. Kim Jong Wan (dari Nell)

Kali ini, Suga tampil bersama Kim Jong Wan dari band rock Nell untuk beraksi duet. Agust D diberkati oleh gaya rap-nya yang pelan tapi pasti, membawakan lirik tentang hubungan persahabatan yang nggak bisa bertahan melawan waktu, sedangkan Kim Jong Wan bernyanyi melalui bagian chorus-nya, mengenang masa lalu yang indah dan bertanya-tanya apakah situasinya akan jauh berbeda jika kedua sahabat itu menangani beberapa masalah mereka secara berbeda pada saat itu.

Kolaborasi Suga mana kah yang menjadi favorit kalian? Beri tahu kami di kolom komentar di bawah ya!

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Asisten Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Pengacara K-pop

Para Pengacara K-Pop Ungkap Komentar Jahat Apa Saja Yang Termasuk Aksi...

Ko Seung Woo dan Jeong Chong Myeong. Setiap idol K-pop pasti pernah menerima komentar jahat, dari kritik terhadap bakat mereka hingga topik lelucon yang kej

on Oct 27, 2020
Video Musik K-Pop

15 Urutan Peringkat Video Musik K-Pop Dengan Views Paling Banyak Saat ...

Video musik K-pop sering kali mendapatkan views paling banyak pada saat baru dirilis, tetapi beberapa video terus mendapatkan jutaan views bahkan berbulan-

on Oct 25, 2020
Irene Red Velvet

Irene (Red Velvet) Minta Maaf Setelah Ketahuan Pernah Caci Maki Seoran...

Irene (Red Velvet). (Foto: via Soompi). Irene Red Velvet telah menulis surat permintaan maaf setelah doi baru-baru ini dituduh telah mengamuk dan mencaci-ma

on Oct 24, 2020
Girlband K-Pop Underrated

5 Girlband K-Pop 'Underrated' Yang Lo Mungkin Belum Pernah Dengar

Ada sangat banyak grup K-pop baru belakangan ini yang mana hanya sebagian kecil dari mereka yang benar-benar menjadi terkenal dan sukses, dan itu sangat di

on Oct 23, 2020