×
×

Search in Mata Mata Musik

9 Aplikasi Musik Gratis Terbaik untuk Pengguna iPhone!

Posted on: 09/12/19 at 4:30 pm

Kalau kalian adalah penggemar berat musik maka aplikasi musik iPhone ini akan mengguncang kalian!

Kebanyakan orang tidak lagi membeli lagu atau album individual. Lagipula, apa gunanya kalau dengan program langganan bulanan kamu sudah bisa streaming musik sepuasnya dari Apple Music, Spotify atau Amazon Prime Music? Dan apa yang lebih baik daripada musik tanpa batas? Musik gratis!

Entah kalian hanya ingin mendengarkan lagu tertentu atau membuat playlist sesuai genre favorit, atau apa pun yang sesuai dengan suasana hati, aplikasi musik gratis untuk iPhone ini wajib diunduh. 

8tracks Radio

Spinrilla

8tracks Radio menghadirkan jutaan playlist yang dibuat pengguna, serta playlist ‘buatan tangan’ dari para ahli dan sponsor untuk setiap selera, aktivitas, dan suasana hati. Tinggal masukkan saja informasi dasar tentang jenis musik yang ingin didengarkan dan aplikasi ini akan menyediakan beberapa playlist yang sesuai.

Versi gratis aplikasi ini memberikan semua fitur inti, termasuk membuat dan berbagi playlist dan mendengarkan playlist yang dibuat orang lain, tetapi juga dengan iklan.

Versi berbayar 8tracks Plus berfungsi tanpa iklan, menyediakan musik tanpa batas, memotong interupsi antara playlist, dan mengilustrasikan playlist dengan GIF. Plus gratis untuk 14 hari pertama, dan biayanya hanya $4,99 per bulan atau $39,99 per tahun untuk berlangganan.

Amazon Music

Amazon Music

Banyak orang menggunakan layanan Amazon Prime Video, tetapi keberadaan layanan Prime Music-nya mungkin kurang dikenal. Namun, bagi yang sudah menjadi pelanggan Prime, ada banyak di aplikasi Amazon Music yang perlu dicek!

Dengan Amazon Prime Music, kalian bisa streaming lebih dari 2 juta lagu, playlist, dan stasiun radio. Lebih baiknya lagi, aplikasi ini bebas iklan dan termasuk dalam langganan Prime. Plus, kalian bisa mendaftar paket keluarga dengan enam pengguna berbeda.

Selain itu, semua musik yang dibeli dari Amazon—baik dalam bentuk unduhan MP3 dan, dalam beberapa kasus, dalam media fisik yang memiliki fitur AutoRip Amazon—tersedia di akun dan bisa langsung di-streaming maupun diunduh.

Upgrade ke layanan streaming penuh dengan berlangganan Amazon Music Unlimited. Layanan seharga $9,99/bulan ($7,99/bulan untuk member Prime) memberi akses ke puluhan juta lagu, playlist, dan stasiun radio, dan mengunduh lagu untuk didengarkan secara offline.

Semua pengguna aplikasi Amazon Music bisa dapat bonus gratis yang keren: Alexa. Asisten digital berbasis suara produksi Amazon, yang mendukung jajaran perangkat Echo yang populer, diintegrasikan ke dalam aplikasi dan memberikan semua fitur dan kemampuan Alexa ke ponsel.

Google Play Music

Google Play Music

Google Play Music adalah layanan musik yang dibangun dengan tiga fitur utama: menyimpan musik sendiri di cloud, streaming musik baru, dan radio internet.

Pertama, pengguna bisa mengunggah musik yang sudah dimiliki ke akun Google mereka, kemudian mendengarkannya di aplikasi ini melalui internet tanpa harus mengunduh lagu ataupun berlangganan. Ini berarti para pengguna memiliki perpustakaan berisi hingga 50.000 lagu yang bisa diakses di mana pun selagi terhubung dengan internet, dari perangkat mana pun.

Kedua, aplikasi ini memiliki playlist bergaya radio berdasarkan genre, suasana hati, aktivitas, dan banyak lagi. (Ini adalah fitur yang sama yang pernah menjadi bagian dari aplikasi Songza. Beberapa tahun lalu, Google membeli Songza dan kemudian berhenti mengoperasikannya.)

Terakhir, aplikasi ini menyediakan streaming musik tanpa batas, seperti Spotify atau Apple Music.

Uji coba gratis selama 30 hari memberikan akses ke semua fitur ini. Setelah itu, dengan keanggotaan gratis kalian bisa streaming musik dan radio internet. Dengan membayar $9,99 per bulan (atau $14,99 per bulan untuk lima anggota keluarga), kalian bisa menambahkan streaming musik dan akses ke layanan YouTube Music.

iHeartRadio

iheart radio apps

Dari namanya saja, kita sudah bisa menebak apa yang akan ditemukan di aplikasi ini: banyak radio. iHeartRadio menghadirkan siaran langsung stasiun radio dari seluruh penjuru Amerika, jadi kalau kalian suka dengan pengalaman radio tradisional, aplikasi ini mungkin akan cocok,

Tapi tidak hanya itu. Selain stasiun musik, para pengguna juga bisa mendengarkan stasiun berita, obrolan, olahraga, dan komedi. Ada juga podcast yang tersedia dalam aplikasi dari sumber yang terafiliasi dengan iHeartRadio dan kalian dapat membuat saluran sendiri, bergaya Pandora, dengan mencari lagu atau artis.

Semua itu ada di versi gratis aplikasi, tetapi ada juga upgrade yang memberikan lebih banyak fitur. Dengan membayar biaya langganan iHeartRadio Plus seharga $4,99/bulan, kalian bisa mencari dan mendengarkan hampir semua lagu, melewatkan lagu tanpa batas, dan langsung memutar ulang lagu yang baru saja didengar di stasiun radio.

Jika masih kurang, dengan iHeartRadio All Access ($9,99/bulan), kalian bisa mendengarkan musik secara offline tanpa henti, memberi akses ke lagu apa pun di perpustakaan musik besar Napster, dan bisa membuat playlist sepuasnya.

Pandora Radio

Pandora Radio

Pandora Radio adalah salah satu aplikasi musik gratis yang paling banyak diunduh di App Store karena simpel dan berfungsi dengan sangat baik.

Aplikasi ini menggunakan pendekatan bergaya radio, di mana kalian memasukkan lagu atau artis dan aplikasi membuat saluran musik yang personal. Sempurnakan saluran kalian tersebut dengan memberikan thumbs up atau thumbs down ke setiap lagu, atau menambahkan musisi atau lagu baru. Dengan basis data selera dan hubungan musik besar yang mendukungnya, Pandora menjadi alat yang hebat untuk menemukan musik baru.

Selain menghilangkan iklan, Pandora Plus ($4,99 per bulan) memungkinkan pelanggan mendengarkan empat stasiun secara offline, menghilangkan semua batasan skip dan replay, dan menawarkan audio berkualitas lebih tinggi. Sedangkan dengan $9,99 per bulan, Pandora Premium akan memberikan semua fitur tersebut ditambah kemampuan untuk mencari dan mendengarkan lagu apa pun, membuat playlist sendiri, dan mendengarkan secara offline.

Red Bull Radio

Red Bull Radio

Setelah bertahun-tahun mengembangkan brand-nya di industri musik, Red Bull berhasil menjadi spot global dan raksasa hiburan yang portofolio produknya mencakup Red Bull Radio.

Aplikasi radio gratis ini berdiri di sekitar layanan Red Bull Radio, yang menampilkan siaran radio langsung, saluran berdasarkan genre, dan lebih dari 50 program reguler. Pemrograman itu juga mencakup rekaman dan live stream dari tempat musik utama di seluruh dunia, yang merupakan cara cukup keren untuk menikmati tempat-tempat yang tidak bisa kalian hadiri.

Tidak ada fitur premium di sini, seperti mendengarkan secara offline atau membuat playlist sendiri. Tapi kalau Red Bull Radio menawarkan jenis musik yang kalian suka, maka aplikasi musik ini menjadi pilihan yang bagus.

Slacker Radio

Slacker Radio

Slacker Radio adalah aplikasi musik gratis lainnya yang menyediakan akses ke ratusan stasiun radio dari hampir setiap genre. Para pelanggan juga bisa membuat stasiun yang dipersonalisasi berdasarkan artis atau lagu tertentu dan kemudian menyempurnakannya agar sesuai dengan selera personal.

Layanan versi berbayar memberikan lebih banyak fitur. Versi Plus seharga $3,99 per bulan menghapus iklan dan batasan melewatkan lagu, memungkinkan pelanggannya mendengarkan stasiun secara offline, menyesuaikan ESPN Radio, dan menikmati streaming 320 Kbps berkualitas tinggi.

Dengan $9,99 per bulan, Slacker Premium memberikan semua fitur yang disebutkan di atas, plus kemampuan streaming lagu dan album populer seperti Apple Music atau Spotify, mendengarkan musik itu secara offline, dan kemampuan membuat playlist sendiri.

SoundCloud

Soundcloud

Dapatkan pengalaman SoundCloud yang terkenal dan banyak digunakan di iPhone. Aplikasi lain dalam daftar ini hanya memberikan musik; SoundCloud pun demikian, tetapi ini juga platform untuk musisi, DJ, dan orang-orang kreatif lainnya untuk mengunggah dan membagikan kreasi mereka dengan dunia.

Meskipun kalian tidak bisa melakukan unggahan secara langsung lewat aplikasi di iPhone—harus menggunakan aplikasi SoundCloud Pulse—aplikasi ini menawarkan akses ke semua musik itu dan fitur-fitur lain dari situs, termasuk penemuan artis baru dan jejaring sosial.

Versi gratis SoundCloud mampu mengakses 120 juta lagu dan membuat playlist. Dengan SoundCloud Go ($5,99 per bulan) kalian bisa mendengarkan secara offline dan menghapus iklan. Sementara dengan SoundCloud Go+ ($12,99 per bulan) kalian bisa membuka akses ke lebih dari 30 juta lagu tambahan.

Spinrilla

Spinrilla

Streaming rilisan label besar resmi dari perusahaan rekaman di layanan seperti Apple Music atau Spotify memang asyik, tetapi rasanya jauh berbeda dari streaming melalui satu-satunya tempat di mana musik baru perdana muncul. Kalau kamu penggemar berat hip-hop, kamu tahu ada banyak mixtape keren yang keluar dari bawah tanah dan beredar di komunitas hip-hop jauh sebelum album resminya dirilis.

Spinrilla adalah caramu mengakses mixtape itu tanpa mencarinya di toko kaset lokal atau di sudut-sudut jalan. Aplikasi gratis ini menghadirkan rilisan baru dan lagu-lagu yang trending, memungkinkanmu memberi komentar tentang musiknya, membagikannya, dan bahkan mendukung pengunduhan lagu untuk pemutaran offline.

Versi gratis aplikasi ini tidak luput dari iklan. Untuk menghapus iklan, kamu perlu meng-upgrade ke layanan Pro seharga hanya $0,99 per bulan.

Keterangan Foto Utama: 9 aplikasi musik gratis terbaik untuk pengguna iPhone. (Foto via Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Warner Music Gandeng Layanan Streaming Musik, Audiomack!

Warner Music Gandeng Layanan Streaming Musik, Audiomack!

Kerjasama ini memiliki tujuan untuk mendorong pertumbuhan musisi pendatang baru yang berada di bawah Warner Music Group lewat sekitar delapan juta pengguna Aud

on Aug 29, 2019
Persaingan Spotify & Apple Music di Ranah Podcast!

Persaingan Spotify & Apple Music di Ranah Podcast!

Dua raksasa streaming musik ini berlomba menguasai pasar podcast dengan investasi dan akuisisi, tetapi ini masih bisa dimenangkan siapa saja. Entah kalian m

on Aug 7, 2019
Corey Taylor Anggap Layanan Streaming Musik Bikin Artis Bangkrut

Corey Taylor Anggap Streaming Musik Bisa Bikin Musisi Bangkrut!

Corey Taylor juga mengungkapkan, pendapatan utama band berasal dari tur dan mungkin sebagian dari merchandise, sementara streaming tidak menghasilkan apa pun.

on Aug 7, 2019
Sambut Album Barunya, Tool Daratkan Katalog Musiknya di Platform Streaming!

Sambut Album Barunya, Tool Daratkan Katalog Musiknya di Platform Strea...

Tool mengumumkan judul album barunya, Fear Inoculum, yang akan rilis pada 30 Agustus 2019. Awal minggu ini, band rock legendaris Tool mengumumkan mereka aka

on Jul 31, 2019