×
×

Search in Mata Mata Musik

9 Gitaris Terbaik Dunia Sepanjang Masa!

Posted on: 09/6/19 at 9:46 pm

Beberapa band paling ikonik sepanjang masa tidak akan menjadi apa-apa tanpa keterlibatan gitaris berbakat yang membawakan power chord, riff, string bending dan finger tapping legendaris di balik beberapa lagu favoritmu. Tapi di antara para legenda rock ini, siapa yang berhak membawa pulang titel terhebat sepanjang masa?

Baca Juga: Perlu Segudang Musisi Wanita untuk Selamatkan Musik Rock

Intip daftar beberapa gitaris terbaik sepanjang masa versi redaksi Mata Mata Musik berikut ini!

Jeff Beck

Jeff Beck
(Foto: Chris Hakkens)

Jeff Beck kadang mendapat julukan “gitarisnya gitaris” karena siapa pun yang paham soal gitar bagus tahu jalau Jeff Beck adalah ahli dalam kreasinya. Rod Stewart, Mick Jagger, Tina Turner, Morrissey, Diana Ross, Stevie Wonder, Cyndi Lauper, Brian May, ZZ Top, dan beberapa lainnya adalah musisi kelas berat yang datang meminta bantuannya.

Selama kariernya, Jeff Beck tidak cuma dianugerahi Grammy Award di kategori Best Rock Instrumental Performance sebanyak enam kali, tapi dia juga pernah dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame dua kali. Sekali sebagai personil The Yardbirds, dan sekali sebagai artis solo.

Stevie Ray Vaughan

Stevie Ray Vaughan
(Foto via Redef)

Kecintaan Stevie Ray Vaughan pada gitar bermula saat dia baru berusia tujuh tahun. Dan meskipun hidupnya terpaksa berakhir tragis karena kecelakaan helikopter di usia 35 tahun, warisan dan jejak yang ditinggalkannya pada karya musik terus hidup dan menginspirasi para gitaris zaman ini.

Vaughan banyak dikenal sebagai gitaris blues berbakat, yang sangat mengingatkan kita pada B.B. King dan Eric Clapton. Lagu-lagunya yang terinspirasi musik blues akhirnya membuahkan enam Grammy Award dan sepuluh Austin Music Award, selain satu tempat di Blues Hall of Fame dan pengakuan sebagai salah satu gitaris terhebat sepanjang masa.

Chuck Berry

Chuck Berry
(Foto: Michael Ochs Archives/Getty Images)

Dianggap banyak orang sebagai salah satu pendiri musik rock ‘n’ roll, Chuck Berry membuka jalannya sendiri dan menciptakan musik seperti yang belum pernah didengar sebelumnya, seperti lagu klasiknya “Johnny B. Goode” dan “Roll Over Beethoven.” Sentuhannya pada Chicago blues berubah menjadi sesuatu yang jelas menjadi ciri khasnya, saat dia membawa boogie gitar ke level lebih tinggi.

Dikenal sebagai pelopor, artis inovatif ini memproduksi riff gitar yang belum pernah dibuat orang lain sebelumnya. Lagu-lagunya sukses secara komersial, tanpa harus menjadi pop, dan memiliki ayunan yang membuat musiknya mudah dikenal. Dari aksi solonya yang memukau sampai keahliannya di atas panggung, Berry sama menyenangkannya untuk ditonton maupun didengar.

Eddie Van Halen

Eddie Van Halen
(Foto via Google Images)

Eddie Van Halen, bersama dengan sang kakak Alex Van Halen, mengambil nama belakang mereka dan menjadikannya salah satu nama terbesar dalam musik rock. Meskipun Eddie adalah pendiri dan penulis lagu untuk Van Halen, karyanya yang paling mengesankan berasal dari bakat gitarnya yang menggila.

Van Halen dikenal sebagai master riff, seperti di “Unchained,” “Eruption,” dan “Take Your Whiskey Home.” Selain itu, dia adalah seorang jenius dalam hal harmoni dan tekstur dalam musiknya. Van Halen juga terkenal memegang pick gitarnya di antara ibu jari dan jari tengahnya, yang membuka jari telunjuknya untuk finger tapping. Namun di luar trik itu, ada faktor besar pada karyanya yang membuatnya sulit didefinisikan.

Baca Juga: No Encore! Buku Tentang Aksi Panggung Gila Rocker Dunia

Angus Young

Angus Young
(Foto via The Music Network)

Chord simpel di balik lagu “Back in Black” dan “Highway To Hell” dari ikon rock AC/DC adalah bukti betapa hebatnya Angus Young dalam menciptakan riff gitar yang ikonik. Dari gayanya yang nyaris gila sampai power chord-nya yang membahana, gitaris AC/DC ini menempatkan dirinya sebagai salah satu yang terbaik di dunia pergitaran.

Walaupun Young sering mengatakan dia tidak menganggap dirinya sebagai solois, penguasaan yang sejati atas keahliannya menandakan meski saat dikelilingi instrumen lain, Young tetap menonjol sebagai bintang. Dan kejenakaannya di atas panggung sama menghiburnya dengan musiknya, mulai dari pakaian ala seragam sekolah khasnya sampai aksi shuffle-nya saat berjingkrak di panggung.

B.B. King

BB King
(Foto via Google Images)

Tidak dipungkiri, B.B. King adalah solois sejati. Solonya yang canggih hanya bisa dilakukan oleh legenda sekelasnya, karena dia menggabungkan teknik string bending yang akhirnya menjadi ciri khas utamanya. Secara keseluruhan, musiknya selalu kaya dan kuat, layaknya gaya blues sejati.

Sepertinya, kegemarannya tampil sama besarnya dengan kesukaan penonton menyaksikan penampilannya. Bahkan ketika dia menginjak usia 70-an, dia tetap tampil sempurna, dan dilaporkan tampil di lebih dari 200 konser setiap tahun. Antara kecintaannya pada karyanya dan talenta yang sebenarnya, tidak heran mengapa B.B. King sering dianggap sebagai “Raja Blues.”

Jimmy Page

Jimmy Page
(Foto: Richard E. Aaron/Redferns)

Sebagai musisi, Jimmy Page mampu menghadirkan serangkaian keterampilan yang luar biasa beragam ke permainan gitarnya. Satu menit dia bisa memainkan musik folk Inggris lembut yang berasal dari pedesaan, dan di menit berikutnya menampilkan solo gitar yang menderit. Dan, kalau boleh ditambahkan, dia membawakan keduanya dengan begitu sempurna.

Dari awal karier manggung Led Zeppelin (band yang didirikan dan ditungganginya sebagai gitaris utama), dia tidak terlalu perlu melompat-lompat di atas panggung. Justru, dia tetap relatif anteng saat membuat kepala penonton terguncang. Dia bahkan menggunakan instrumen seperti gitar berleher ganda, yang terkenal menghasilkan suara yang tidak biasa dari gitarnya dengan busur biola di lagu-lagu seperti “Dazed and Confused.”

Eric Clapton

Eric Clapton
(Foto via Google Images)

Eric Clapton mengantongi riwayat karier yang sangat mengesankan. Sang gitaris pernah memperkuat sejumlah band-band hit besar, yang masing-masing memiliki suara psikedelik dan banyak pedal wah-wah, termasuk The Yardbirds, Cream, dan Derek & The Dominos, sebelum akhirnya memutuskan untuk berkarya sendiri. Tidak heran Clapton disebut-sebut sebagai salah satu gitaris paling berpengaruh sepanjang masa.

Selain itu dalam catatan kariernya, ada juga: 18 Grammy Award, dan satu-satunya musisi yang dilantik pada tiga waktu yang berbeda ke dalam Rock and Roll Hall of Fame. Pantas saja karyanya begitu dikenal. Dia telah menyempurnakan rock bergaya blues-nya, memberikan sentuhannya sendiri pada catatan latar yang halus dan simpel serta solo yang berkesan dengan gaya khasnya.

Jimi Hendrix

Jimi Hendrix
(Foto via Google Images)

Tangan Jimi Hendrix dengan lincah naik turun di leher gitar dengan kecepatan yang hampir tidak manusiawi. Di studio, dia sering meminta sound engineer menyaring gitarnya dan membuatnya terdengar seperti sesuatu yang abstrak seperti lautan atau angin. Dia bisa bermain gitar di belakang kepalanya. Dia bisa bermain gitar dengan giginya. Dan dia melakukan itu lebih baik daripada siapa pun.

Penampilan ikoniknya di Woodstock, khususnya saat membawakan lagu kebangsaan Amerika Serikat, dengan mudah mendaratkannya titel gitaris terbaik. Selama pertunjukan, gitarnya benar-benar mengeluarkan suara bom dan perang di bagian “and the rockets’ red glare,” dan menjadi salah satu pertunjukan rock paling terkenal sepanjang masa.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Keterangan Foto Utama: BIP Bikin Indonesia Paten (kredit foto: @bip_band Instagram account)

B.I.P Rilis EP Bikin Indonesia Paten di Platform Digital

Mini album yang dirilis format fisiknya pada 28 Maret lalu akhirnya dirilis di berbagai platform streaming digital Band rock legendaris beranggotakan Ip

on Sep 20, 2019
Weezer

Weezer Beri Penghormatan untuk Mendiang Ric Ocasek

Nile Rodgers, Beck, Courtney Love, Brandon Flowers, dan berbagai tokoh lainnya ikut menyampaikan belasungkawa atas kepergian ikon power pop dan new wave terseb

on Sep 17, 2019
The Who

The Who Bocorkan Detail Album Who & Rilis Single Pertama!

Lagu protes Guantanamo, “Ball & Chain” muncul di Who, LP yang sudah lama dirumorkan dari pionir rock asal Inggris ini. Baca Juga: Gelar Konser di Wem

on Sep 16, 2019
Kim Gordon

Kim Gordon Rilis “Air BnB”, Single Kedua dari No Home

Single baru ini menyusul “Sketch Artist” yang keluar bulan lalu. Baca Juga: Sonic Youth Luncurkan Arsip Rekaman Konser Live Kurang lebih satu bulan lag

on Sep 12, 2019