×
×

Search in Mata Mata Musik

9 Grup KPop Terkaya 2019!

Posted on: 07/25/19 at 4:17 pm

Sudah bukan rahasia lagi kalau K-pop adalah salah satu industri yang paling menguntungkan di dunia dan disebut-sebut sebagai komoditi ekspor terbesar Korea Selatan.

Baca Juga: 6 Remix Lagu K-Pop Resmi yang Jadi Favorit!

Dengan miliaran views yang diperoleh di YouTube, perusahaan hiburan ‘Big Four’ meraup pendapatan gabungan hampir senilai $1 miliar, dan artis-artis K-pop seperti BTS yang digadang bernilai lebih dari $3,6 miliar untuk ekonomi Korea setiap tahunnya, hal ini hanya menunjukkan kekuatan dan kemampuan menghasilkan uang dari industri K-pop.

“Kami berada di titik balik yang menyenangkan. Ada semakin banyak label rekaman AS serta merek dan perusahaan AS yang berusaha menemukan cara untuk menggandeng artis-artis ini,” kata jurnalis musik dan komentator K-pop Jeff Benjamin pada majalah Money dalam sebuah wawancara. 

Baca Juga: Ulang Tahun Jimin BTS ke-24 Tiba, 5 Momen Istimewa Ini Hadir

Sama seperti di industri lain, K-pop jelas punya beberapa artis yang masuk dalam kategori berpenghasilan tertinggi. Untuk itu, majalah Money baru-baru ini menyusun daftar grup dengan penghasilan tertinggi di industri K-pop dan hasilnya ternyata cukup mengejutkan, lho!

Baca terus untuk mengetahui grup K-pop mana yang ada di deretan grup KPop terkaya saat ini.

BTS

BTS
BTS (Foto: AFP/Getty Images/BRIDGET BENNETT)

Posisi teratas daftar ini ditempati oleh BTS—boyband dengan tujuh anggota yang terdiri dari Jin, Jimin, J-Hope, Jungkook, Suga, RM dan V—yang popularitasnya meroket berkat lagu-lagu mereka yang sangat terkenal seperti “Fake Love,” “Idol” dan yang terbaru, “Boy With Luv.”

Pendapatan mereka berasal dari penjualan album, tur konser, merchandise—album terbaru mereka Map of the Soul: Persona terjual sebanyak 3.229.032 salinan di bulan pertama perilisan di Korea Selatan. Ditambah dengan ekspansi mereka ke ranah mobile game, pendapatan mereka tampaknya akan semakin bertambah di tahun-tahun mendatang.

Dari segi penjualan konser, tur mereka baru-baru ini Love Yourself World Tour mendatangkan lebih dari satu juta penggemar di seluruh dunia dan menghasilkan lebih dari $71,7 juta dalam penjualan tiket. Tidak mengherankan kalau mereka dijuluki raja K-pop.

TWICE

Twice
TWICE (Foto: VCG/VCG via Getty Images)

Dibentuk oleh JYP Entertainment di 2015, girl group ini menduduki tempat kedua dalam daftar ini berkat banyaknya kontrak endorsement mereka yang menguntungkan, di atas penjualan album dan konser yang kuat, menurut laporan Money. Mereka mendapat endorsement dari merek-merek ternama seperti Estée Lauder dan Pocari Sweat, serta lebih dari 30 merek lainnya  di industri pakaian, permainan online dan mobile, makanan dan minuman, kartu kredit dan banyak lagi lainnya.

BLACKPINK

Blackpink
BLACKPINK (Foto: Getty Images for Coachella/Scott Dudelson)

Tidak diragukan lagi, BLACKPINK adalah salah satu nama yang paling dikenal di ranah K-pop saat ini—berkat penampilan luar biasa mereka di Coachella. Meskipun hanya memiliki 15 lagu dan tujuh video musik dalam katalog mereka, girl group ini adalah jawaranya dari segi penjualan album dan konser.

Album terbaru mereka, Kill This Love terjual lebih dari 350.000 salinan di China di minggu pertama perilisannya dan lebih dari 250.000 salinan di Korea Selatan hanya dalam delapan hari. Selain itu, popularitas mereka di Jepang dan kontrak endorsement dengan berbagai merek seperti Samsung, Louis Vuitton, Dior Beauty, dan moonshot sekiranya bisa menjadi gambaran kekuatan penghasilan girl group ini.

Baca Juga: 5 Girl Group K-Pop Tercepat Raih Penghargaan Pertamanya!

TVXQ

TVXQ
TVXQ (Foto: VCG/VCG via Getty Images)

Penggemar berat K-pop pasti bakal ingat dengan TVXQ, boyband yang ketenarannya melejit di tahun 2000-an. Grup ini mampu menjual lebih dari 10 juta album fisik dalam 10 tahun pertama karier mereka, yang terus mendatangkan pemasukan bagi band ini, dan menjadikan mereka artis asing terlaris di Jepang dalam kategori CD single sepanjang masa.  Meskipun mereka kemudian berubah menjadi duo (U-Know Yunho dan Max Changmin) di 2011, popularitas mereka tidak lantas surut—tur Begin Again mereka sukses terjual habis di tiga konser di Nissan Stadium, Jepang dan menjual total satu juta tiket. 

EXO

EXO
EXO (Foto: VCG/VCG via Getty Images)

Dijuluki sebagai “Kings of K-pop” oleh media, EXO terus mendulang kesuksesan komersial dan kritis sejak debut mereka. Album pertama mereka, XOXO, terjual lebih dari satu juta salinan, sementara album terbaru mereka, Don’t Mess Up My Tempo, terjual sebanyak 1,1 juta salinan dalam masa pre-sale. Belum lagi, konser-konser mereka sangat populer—di 2018, ada lebih dari 1,15 juta orang yang mengantre secara virtual untuk mendapatkan tiket konser ElyXiOn [dot] mereka, seperti yang dikabarkan koreaboo. Sumber pendapatan mereka dilengkapi dengan kontrak endorsement dengan Samsung, Nature Republic, dan bahkan franchise Star Wars!

SEVENTEEN

SEVENTEEN
Seventeen (Foto: AFP/Getty Images/JUNG YEON-JE)

Boyband beranggotakan 13 personil, Seventeen, sudah eksis sejak tahun 2015, dan mereka jelas pantas mendapat tempat di daftar ini. Majalah Money menilai, keberhasilan komersial mereka hadir berkat kerja sama cerdas mereka dengan merek kecantikan Saem, yang menembus pasar utama di Jepang, dan tur yang ekstensif.

Wanna One

Wanna One
Wanna One (Foto: AFP/Getty Images/JUNG YEON-JE)

Meski hanya eksis selama satu tahun lebih sedikit, kekuatan penghasilan Wanna One didorong oleh popularitas mereka di acara reality TV musik, Produce 101, di mana calon idol berjuang mendapatkan tempat di band yang baru dibentuk. Boyband ini memaksimalkan waktu mereka bersama, menjalani banyak tur yang menguntungkan antara tahun 2017 dan 2018, menandatangani kontrak endorsement (16 kontrak, menurut The Kpop Herald), album terlaris yang terjual sebanyak 438.000 salinan fisik pada minggu pertama, dan berbagai program TV.

Red Velvet

Red Velvet
Red Velvet (Foto: Wireimage/Han Myung-Gu)

Keberhasilan Red Velvet menandatangani berbagai kontrak endorsement—selain konser global dan daya tarik internasional mereka—menjadi kekuatan penghasilan girl group ini. Mereka juga telah diakui oleh Kementerian Budaya, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan, yang menganugerahi mereka dengan ‘Minister of Culture, Sports and Tourism’s Commendation’ atas prestasi mereka. Di 2018, Red Velvet menjadi bintang K-pop ketujuh yang pernah tampil di Korea Utara—bukti nyata dari daya tarik grup ini!

Got7

Got7
Got7 (Foto: VCG/VCG via Getty Images)

Yang terakhir namun tidak kalah pentingnya, boyband Got7 melengkapi daftar artis berpenghasilan tertinggi di industri K-pop. Menurut Money, makeup multinasional mereka membantu “menjelaskan daya tarik mereka yang luas di seluruh benua” dan banyaknya tur mereka membantu mempertebal dompet mereka.

Baca Juga: Sejumlah Artis KPOP Dominasi Tangga Lagu Dunia!

Endorsement dengan merek seperti Adidas dan The Face Shop juga menambah pendapatan mereka.

grup kpop terkaya 2019

Keterangan Foto Utama: 9 Grup K-Pop Terkaya Saat Ini! (Foto: berbagai sumber)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

icy itzy

ITZY Catatkan VM Kedua dengan 100 Juta Views!

Grup pendatang baru K-pop, ITZY, menorehkan prestasi yang patut diacungi jempol lewat video musik untuk single “ICY” yang diambil dari mini album perdana

on Oct 15, 2019
Kpop

Inisiatif Pemerintah Korea yang Sukses Besarkan K-Pop

Kasarnya, jika krisis finansial di Asia tahun 1998 tidak terjadi, kita mungkin tidak akan dibuat ‘segila’ ini dengan genre asal Korea Selatan tersebut.

on Oct 15, 2019
BTS

Semua Prestasi Terbesar BTS Terangkum dalam #BTSPavedTheWay

Hari Minggu kemarin (13/10) ARMY turun ke Twitter untuk merayakan kesuksesan BTS lewat serangkaian cuitan bertagar #BTSPavedTheWay yang menyoroti semua pencap

on Oct 15, 2019
Peta pembagian wilayah Nakamda atau ‘United Nation of ARMY’

Sejarah Hari Kemerdekaan BTS ARMY!

Hari ini, satu tahun yang lalu, para BTS ARMY dengan penuh keberanian menyatakan ‘merdeka’ dari komunitas K-pop. Bagi kalian yang ‘kudet’ alias kura

on Oct 14, 2019