×
×

Search in Mata Mata Musik

A. Nayaka Nyentak Kancah Hip-Hop Asia Tenggara Via Single ‘Orang Lain’

Posted on: 07/31/21 at 11:00 am

A. Nayaka Mengentak Kancah Hip-Hop Asia Tenggara Via Single 'Orang Lain'

A. Nayaka yang bernama lengkap Ariel Nayaka adalah rapper muda kelahiran Jakarta, 2 Agustus 1994. Masa remajanya dihabiskan di kota Houston, Texas, Amerika Serikat (AS), di mana doi mulai tertarik dengan musik hip-hop. Meski pernah berkecimpung di kancah musik rock, hip-hop menjadi tempatnya berlabuh hingga kini.

Baca juga: MC Abdul, Rapper Cilik Palestina Debut Single ‘Shouting At The Wall’

Nayaka mulai mengemuka di industri musik rap dan hip-hop melalui album Curriculum Vitae yang dirilis pada 2016. Kemudian pada 2017, doi merilis mini album Colorblindflo. Album berikutnya, Cadence Blue (2018) masuk nominasi “Album of The Year” dalam ajang Indonesia Music Awards 2018.

Pada 2019, A. Nayaka resmi bergabung dengan Def Jam South East Asia, salah satu label rekaman di bawah Universal Music Group khusus untuk kawasan Asia Tenggara. Def Jam merupakan label musik hip-hop berprofil tinggi di AS yang menaungi musisi hip-hop dan rapper beken seperti NAS, A Tribe Called Quest, Big Sean, hingga Kanye West. Album terakhirnya, CARAKARANTINA (2020) dirilis oleh Def Jam Recordings Indonesia.

A. Nayaka ‘Orang Lain’

A. Nayaka 'Orang Lain'

Single terbaru A. Nayaka ‘Orang Lain’ dirilis dua bulan lalu di 28 Mei 2021. Lagu kolaborasinya dengan rapper/produser beken Malaysia, SonaOne dan juga YHB Sleepsalot dari Singapura. ‘Orang Lain’ mendapatkan sambutan yang luar biasa dari para fans tiga negara sahabat ini di platform streaming. Demikian pula dengan video liriknya di YouTube.

Selain itu juga ada di TikTok melalui #OrangLainChallenge yang merupakan challenge untuk melakukan freestyle rap. Challenge Tiktok ini mendapatkan respons yang positif, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pihak yang ikut berpartisipasi termasuk rapper beken dari Malaysia, Singapura dan bahkan Filipina. Melihat antusias ini, Def Jam Malaysia dan Def Jam Filipina memutuskan untuk membuat versi remix ‘Orang Lain’ dari kedua negara tersebut.

Berhasil Trending di Malaysia

Lagu ‘Orang Lain’ versi remix Malaysia bahkan berhasil trending nomor 17 di kategori musik di platform YouTube di Malaysia. Serta berhasil masuk ke deretan playlist terbaik di Spotify seperti Viral 50 Malaysia, Hot Hits Malaysia juga Carta Malaysia 50 bahkan ke playlist regional serta internasional seperti Beats n Rhymes.

Sementara ‘Orang Lain’ remix versi Filipina adalah hasil kolaborasi antara A. Nayaka dengan SonaOne, Fateeha dan Tiffany Lhei yang sudah dirilis pada 8 Juli 2021. Sedangkan remix versi Malaysia dirilis pada 23 Juli 2021 di mana A. Nayaka berkolaborasi dengan sang legenda Joe Flizzow, Yonnyboii, SonaOne, YHB Sleepsalot, SYA, Zynakal, Airliftz dan juga SENNA.

Tidak berhenti di situ saja, setelah dua versi remix nya dirilis, A. Nayaka bersama SonaOne dan YHB Sleepsalot juga menghadirkan Music Video (MV) dengan konsep yang sangat menarik. Yang mana di tengah kondisi pandemi ini ketiganya berhasil menciptakan sebuah MV dengan konsep yang direkam secara mandiri di tempat tinggal masing-masing.

Lagu ‘Orang Lain’ menceritakan tentang bagaimana setiap orang dapat berubah dan berevolusi ke level yang baru dan lebih baik dari kehidupan masing-masing. ‘Orang Lain’ sekaligus merupakan sebuah testimoni dan harapan bahwa hip-hop Asia Tenggara bisa dibawa ke level baru yaitu lebih mendunia melalui kolaborasi lintas negara.

Baca juga: Kanye West Rilis Album Baru “Donda” Terinspirasi Dari Sang Ibunda

So check this out, yow, I hope y’all really dig this shit, yow!

Sumber: Siaran Pers
Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Drake

    Drake Akhirnya Merilis Album Baru "Certified Lover Boy" Setelah Tertun...

    Aubrey Drake Graham Aubrey Drake Graham atau yang lebih familiar dengan nama Drake akhirnya meluncurkan album barunya yang berjudul Certified Lover Boy di b

    on Sep 6, 2021
    Kanye West

    Kanye West Bilang Universal Music Merilis Album "Donda" Tanpa Izinnya

    Kanye West (Foto: Getty Images). Masih terdengar keras kabar dari Kanye West mengenai rilisan album terbarunya, Donda, yang dirilis secara digital. Album in

    on Aug 30, 2021
    Megan Thee Stallion

    Megan Thee Stallion Akhirnya Resmi Tampil Di Lagu Remix BTS 'Butter'

    Foto: Orin Fleurimont/Variety. Megan Thee Stallion akhirnya resmi akan tampil di versi remix dari lagu mega hit BTS, 'Butter'. Rencananya lagu tersebut akan

    on Aug 26, 2021
    Kendrick Lamar foto

    Kendrick Lamar Mengumumkan Album Berikutnya Sebagai Yang Terakhir

    Kendrick Lamar (Foto: Frazer Harrison/Getty Images). Kendrick Lamar telah membagikan pembaruan informasi tentang album berikutnya yang telah lama ditunggu-t

    on Aug 21, 2021