×
×

Search in Mata Mata Musik

ABBA “Comeback” Setelah 39 Tahun Via “ABBA Voyage” Live Streaming!

Posted on: 09/2/21 at 12:00 pm

ABBA "Comeback" Setelah Hampir 40 Tahun Dengan "ABBA Voyage" Live Streaming!
ABBA di era 1970-an (Foto: AFP via Getty Images).

ABBA terkenal telah bersumpah untuk tidak pernah melakukan reuni setelah bubar. Yang tentunya mengecewakan banyak penggemar mereka. Tetapi hampir 40 tahun setelah bubar, popstar legendaris Swedia ini mengumumkan berita besar “comeback” mereka pada hari Kamis, 26 Agustus lalu melalui media sosial.

Baca juga: 32 Aktor/Aktris Yang Bertransformasi Jadi Musisi Legendaris Di Film Biopik

Kuartet ikon pop ini telah meluncurkan situs web baru yang mengundang penggemar untuk bergabung dengan mereka di “ABBA Voyage”. Dengan tautan pendaftaran untuk menjadi yang pertama dalam antrean untuk mempelajari perkembangan baru. Mereka juga mengiklankan Abba Voyage di media sosial dengan poster yang menampilkan empat planet dan tanggal: 2 September 2021.

Dengan kata lain, semua tanda tersebut menunjukkan bahwa ABBA akan membagikan beberapa berita besar minggu depan. Pengumuman ini diharapkan menjadi tur hologram yang telah lama ditunggu-tunggu yang menampilkan diri para anggota grup di kala mudanya, yang awalnya mereka umumkan pada tahun 2016 lalu.

ABBA juga telah mengiklankan video musik mereka yang baru di-remaster selama seminggu terakhir dengan serangkaian video pendek YouTube. Dan mereka juga membagikan tautan ke video ‘Chiquitita’ yang baru dan lebih baik. Kampanye remastering materi musik lawas telah membuat beberapa penggemar berspekulasi bahwa grup ini akan segera membuka brankasnya dan merilis beberapa lagu yang belum pernah terdengar sebelumnya.

“Sama seperti yang dilakukan The Beatles dan band-band legendaris lainnya, inilah saatnya ABBA membuat remix baru dan merilis take dan outtake alternatif,” komentar salah satu penggemar di YouTube. “Tolong. Para penggemar pantas mendapatkan ini”.

Jawara Old School Pop

Antara tahun 1972 dan 1983, ABBA mencetak sembilan hits Top 20 di Billboard Hot 100, termasuk smashing hit ‘Dancing Queen’ yang menduduki puncak tangga lagu dan ‘Take a Chance on Me’ yang memuncaki No. 3. Selama 50 tahun sejak mereka eksis, mereka telah menjual sekitar 150 juta kopi album di seluruh dunia. Dan album kompilasi ABBA Gold: Greatest Hits-nya telah terjual 30 juta kopi di seluruh dunia. Mereka telah membuat banyak artis tergila-gila dan terinspirasi, termasuk Lemmy Kilmister dari Motorhead dan Dave Grohl dari Foo Fighters.

Mereka menikmati kesuksesan fenomenal dengan serangkaian hits selama dekade 1970-an dan awal 1980-an setelah memenangkan Eurovision pada 1974 dengan lagu ‘Waterloo’.

Sejak bubar pada tahun 1982, mereka dengan gigih menolak semua tawaran bisnis musik sebagai grup ABBA.

Tetapi pada hari Kamis lalu mereka diharapkan untuk menyenangkan penggemar dengan berita tentang kolaborasi baru bernama “ABBA Voyage” yang disiarkan secara live streaming di YouTube. Detailnya masih dirahasiakan, tetapi grup ini diperkirakan akan mengumumkan perilisan lagu baru pertama mereka sejak 1980-an dan peluncuran pertunjukan teater baru di mana mereka akan tampil sebagai hologram “Abbatars”.

ABBA Resmi Bergabung Ke TikTok

Beberapa bulan setelah pengguna TikTok membuat #DancingQueenChallenge, ABBA telah resmi bergabung dengan platform video pendek tersebut. Mereka kini secara resmi menawarkan katalog bintik platinum mereka ke komunitas TikTok setelah menjadi grup yang paling banyak dicari tanpa profil khusus.

Menurut siaran pers dari TikTok, musik ABBA adalah yang paling banyak diminta tanpa kehadiran TikTok resmi. Suatu situasi yang diperkuat pada hari Minggu dengan unggahan versi piano dari ‘Dancing Queen’. Dengan hanya satu set tangan yang memainkan lagu yang langsung dapat dikenali dari tuts kibord. Pada saat siaran pers tidak jelas siapa yang membawakan lagu dalam klip tersebut.

Baca juga: 16 Musisi Top Yang Sukses Menjadi Bintang Film Selain Lady Gaga

Usia keempat anggota ABBA sekarang tentu sudah ‘sepuh’. Mereka adalah Anni-Frid Lyngstad, 75 tahun, Agnetha Faltskog, 71 tahun, Bjorn Ulvaeus, 76 tahun, dan Benny Andersson, 74 tahun. Mereka mengumumkan di Twitter: “Terima kasih telah menunggu, perjalanan akan segera dimulai”.

Ok, selamat menyaksikan video pertunjukan live streaming “ABBA Voyage” pada pukul 11:45 malam WIB.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    ABBA

    ABBA "Comeback" Setelah 40 Tahun Dengan Album Baru "Voyage"!

    ABBA saat syuting menjadi "Abbatars" di "ABBA Voyage" live streaming (Foto: Baillie Walsh). ABBA ternyata "comeback" dengan album baru pertama mereka dalam

    on Sep 3, 2021