×
×

Search in Mata Mata Musik

ABBA “Comeback” Setelah 40 Tahun Dengan Album Baru “Voyage”!

Posted on: 09/3/21 at 8:00 am

ABBA Ternyata "Comeback" Setelah 40 Tahun Pensiun Dengan Album Baru "Voyage"!
ABBA saat syuting menjadi “Abbatars” di “ABBA Voyage” live streaming (Foto: Baillie Walsh).

ABBA ternyata “comeback” dengan album baru pertama mereka dalam 40 tahun, Voyage. Berita gembira ini diumumkan pada saat acara live streaming “ABBA Voyage” di YouTube yang dimulai pada 11:45 malam WIB kemarin, 2 September 2021. Dan mereka merilis dua lagu baru, ‘I Still Have Faith in You’ dan ‘Don’t Shut Me Down’. Lo bisa dengarkan di akhir artikel.

Baca juga: ABBA “Comeback” Setelah 39 Tahun Via “ABBA Voyage” Live Streaming!

Voyage dijadwalkan rilis pada 5 November 2021 melalui Capitol Records. Ini menandakan album studio pertama sang ikon pop disko sejak merilis The Visitor pada tahun 1981. Proses rekaman berlangsung di studio Riksmixningsverket milik anggota band Benny Anderson di Stockholm, Swedia dengan sesi pertama berlangsung pada tahun 2018.

Artwork sampul album Voyage.
Artwork sampul album Voyage.

Faktanya, ABBA telah memberi teaser “comeback” mereka sejak kembali ke studio. Awalnya, dua lagu akan debut sebagai bagian dari konser hologram yang dimaksudkan untuk siaran TV. Kemudian muncul kabar bahwa setidaknya lima lagu telah direkam pada tahun 2019, dengan rencana untuk merilis materi baru pada tahun 2020. Pandemi menahan garis waktu itu, dan tanggal 2021 dijanjikan. Sementara target itu sepertinya akan tercapai, jumlah materinya pun pasti telah bertambah.

Konser Hologram “ABBA Voyage”

Begitu pula dengan ide konser hologram. Ternyata album tersebut sebenarnya keluar dari keputusan band untuk berkembang dari tur hologram menjadi acara konser virtual yang benar-benar unik. ABBA bekerja sama dengan Industrial Light & Magic yang didirikan oleh George Lucas untuk membuat model digital dari diri mereka sendiri. Oleh karena itu mereka mengenakan pakaian penangkapan gerak (seperti pada foto di atas) untuk “ABBA Voyage”.

Konser ini akan bertempat di arena berkapasitas 3.000 orang yang dibangun khusus dan canggih di Queen Elizabeth Olympic Park London, Inggris. Sementara para anggota ABBA akan dibuat ulang secara holografis di atas panggung, konser tersebut akan menampilkan 10 personel band lengkap. Diproduseri oleh Svana Gisla (David Bowie Blackstar/Lazarus) dan Ludvig Andersson (And Then We Danced), produksi unik ini disutradarai oleh Baillie Walsh (Being James Bond, Springsteen and I) dengan koreografi dari Wayne McGregor CBE .

Konser digital yang akan disiarkan secara penuh pada 27 Mei 2022. Mereka akan membawakan lagu-lagu hits lawas dan beberapa lagu album baru. Intip lebih awal seperti apa kreasi hologram yang luar biasa dengan melihat dua video di bawah ini, ‘ABBA Voyage: The Journey Is About To Begin’.

Komentar Benny Anderson dan Anni-Frid Lyngstad

Benny Anderson dari ABBA berkomentar tentang proyek ini.

“Sulit untuk mengatakan apa yang paling menyenangkan bagi saya dengan proyek ini. Apakah itu keterlibatan dalam membuat konser bersama dengan semua orang atau kembali ke studio bersama lagi setelah 40 tahun. Saya pikir mendengar Frida dan Agnetha bernyanyi lagi sulit untuk dikalahkan. Ketika Anda datang ke arena, Anda akan memiliki kami berempat bersama dengan 10 personel band yang benar-benar hebat. Dan bahkan jika tidak secara langsung, kami akan berada di sana, berkat kerja tim kreatif dan ILM”.

Anni-Frid Lyngstad menambahkan, “Sesi pertama di tahun 2018 itu sangat menyenangkan dan ketika Benny menelepon dan bertanya apakah saya akan mempertimbangkan untuk bernyanyi lagi, saya langsung melakukannya! Dan lagu apa!! Rasa hormat dan cinta saya untuk penulis lagu yang sangat berbakat dan benar-benar jenius ini! Sukacita seperti itu untuk bekerja dengan kelompok lagi. Saya sangat senang dengan apa yang telah kami buat, dan saya sangat berharap para penggemar kami merasakan hal yang sama”.

Baca juga: 32 Aktor/Aktris Yang Bertransformasi Jadi Musisi Legendaris Di Film Biopik

Penjualan umum untuk konser ABBA Voyage dimulai 7 September pukul 10:00 pagi. Fans juga dapat melakukan pra-registrasi untuk mendapatkan akses sehari lebih awal, atau melakukan pre-order album Voyage untuk mendapatkan akses pada 5 September. Temukan semua informasinya di situs web ABBA Voyage.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    ABBA

    ABBA "Comeback" Setelah 39 Tahun Via "ABBA Voyage" Live Streaming!

    ABBA di era 1970-an (Foto: AFP via Getty Images). ABBA terkenal telah bersumpah untuk tidak pernah melakukan reuni setelah bubar. Yang tentunya mengecewakan

    on Sep 2, 2021