×
×

Search in Mata Mata Musik

ABDA Menuangkan Semua Emosinya Dalam ‘Gold’, Single Terbarunya

Posted on: 02/28/21 at 9:00 am

ABDA Menuangkan Semua Emosinya Dalam 'Gold', Single Terbarunya
Ahmad Abdul alias ABDA. (Foto: dok. artis).

Masih ingat dong dengan penyanyi yang punya suara emas ini. Yup, Ahmad Abdul yang namanya mulai mencuat sejak menjadi Runner Up Indonesian Idol 2018. Dan di awal tahun 2021 ini, suatu keputusan besar diambil Abdul dengan mengubah nama panggungnya menjadi ABDA. Di balik suatu keputusan pasti terdapat alasan yang mendorongnya.

“Aku mengubah nama panggungku menjadi ABDA sejak bulan November 2020 yang lalu. Awalnya karena merasa masih banyak orang yang enggak tahu bahwa aku sudah punya karya sendiri dengan merilis 4 lagu dengan nama panggung sebelumnya. Masih banyak orang menatap sebelah mata karena aku adalah hasil dari ajang pencarian bakat dan mereka mungkin berpikir kalau aku hanya bisa menyanyikan lagu-lagu cover. Aku ingin menghilangkan image itu. Di luar itu aku butuh nama yang lebih universal, yang lebih gampang diingat dan menjadi sesuatu yang baru. Menyadari bahwa jalur musik yang aku jalani berbeda, ini adalah salah satu strategi dan keputusan untuk sesuatu yang ingin aku capai,” jelas ABDA tentang perubahan namanya.

Kini ABDA hadir dengan sebuah lagu baru yang doi tulis sendiri berdasarkan apa yang doi rasakan dalam menjalani perjalanan karier bermusiknya. Lagu yang diberi judul ‘Gold’ ini, mengangkat besarnya rasa optimis yang dimiliki ABDA dalam menjalani kehidupannya. Dituangkan melalui alunan musik yang apik, dengan deretan kata-kata yang tepat dan dinyanyikan dengan kualitas vokal yang sangat mumpuni, membuat lagu berbahasa Inggris ini mampu menunjukkan kualitas ABDA sebagai penyanyi sekaligus pencipta lagu yang handal.

“Gold bercerita tentang perjuangan aku sendiri. Lebih melukiskan siapa diri aku, background aku dan tujuan yang sedang aku jalani sekarang. Lagu ini benar-benar suatu kemarahan dari suatu proses yang sebelumnya sampai saat ini. Semua emosi dituangkan di sini dan memperkenalkan ABDA secara lebih dekat dan lebih dalam lagi baik secara lirik dan musiknya. Aku pengen menunjukkan bahwa aku penyanyi yang punya karya, aku bisa berkarya, di sini aku keluarkan semua keluh kesah dari apa yang sudah aku lalui,” ungkap ABDA.

Untuk proses pengerjaan lagu ini, ABDA mengajak musisi-musisi hebat yang sudah pernah bekerja sama dengannya di karya-karya sebelumnya. Untuk musiknya doi dibantu oleh Marco Steffiano, Jessi Mates, Josh Kunze, Kitut Sinjingo dari S/EEK, Dennis Svara dan dibantu juga oleh Kamga sebagai vocal director.

“Kalau genre-nya masih di ranah Pop, di sini musiknya lebih gahar dibanding lagu-laguku sebelumnya. Mungkin bisa dibilang lebih ke Pop/Alternative/Indie, ada folk-nya juga karena main aku lebih suka folk. Proses pengerjaan lagu ini juga mulus aja sih, meski menghabiskan waktu sekitar 1 bulan namun dikerjakan dengan sangat fun. Bahkan waktu aku menulis lagu ini, bener-bener aku enggak melihat referensi sama sekali karena ingin tahu kapasitas aku untuk membuat sebuah karya,” tutur ABDA yang juga baru saja merilis singel kolaborasi bersama Andre Dinuth.

Lagu ‘Gold’ bukanlah lagu pertama yang ditulis ABDA dalam bahasa Inggris, sebelumnya doi tercatat beberapa kali telah merilis singel berbahasa Inggris seperti ‘Coming Home’, ‘Up To The Sky’, ‘Tell Me Something’. Dan ABDA juga sudah merilis 2 lagu berbahasa Indonesia, yakni ‘Yang Terbaik’ dan ‘Bukan Cintaku’. Tentu karya sebelumnya yang dirilis dengan nama Ahmad Abdul.

“Mungkin karena aku merasa lebih nyaman menulis lagu dalam bahasa Inggris. Selain karena bahasa yang universal, aku merasa lebih mudah aja sih menemukan nada dengan bahasa Inggris. Tapi enggak menutup kemungkinan untuk karya berikutnya, aku tulis dalam bahasa Indonesia,” cetus ABDA.

Sebelum dikenal banyak orang, ABDA sudah malang melintang menjadi musisi kafe sambil bekerja sebagai seorang graphic designer di sebuah hotel di Bali. Hingga akhirnya, ikut ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2018 di stasiun TV RCTI dan berhasil menjadi juara Runner Up. Setelah itu, peluang berkarier di industri musik Indonesia semakin terbuka buat penyanyi muda ini.

“Lagu ini adalah karya perdana dan pertama dari seorang ABDA. Sebuah lagu berbahasa Inggris namun ini adalah karya dari seorang anak bangsa Indonesia. Semoga bisa dinikmati oleh semua orang, semoga lagu ini juga bisa membawa ABDA berkarier lebih jauh lagi. Gold is coming for you,” pungkas ABDA.

Selamat menyimak video musik ‘Gold’ dari ABDA.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    MAX

    MAX Tampil Di Indonesian Idol & Tonight Show, Rilis Colour Vision Delu...

    Musisi pop global MAX pada hari Juma't, 26 Maret merilis versi deluxe album Colour Vision-nya. Diisi 22 lagu, versi terbaru album 2020-nya t

    on Mar 27, 2021
    Andre Dinuth

    Fitur Abda, Andre Dinuth Lepas Single 'Billion Stars' Tentang Misteri ...

    Andre Dinuth dan Abda. (Foto: via YouTube). Gitaris dan komposer Andre Dinuth bersama Abda atau yang lebih dikenal dengan Ahmad Abdul sebenarnya telah meren

    on Feb 13, 2021
    Melisha Sidabutar

    Melisha Sidabutar, Kontestan Indonesian Idol 2020 Meninggal Dunia, Ini...

    Kontestan Indonesian Idol, Melisha Sidabutar. (Foto: Instagram/Melisha Pricilla). Kancah musik Indonesia memberikan kabar duka dari kontestan ajang pencaria

    on Dec 10, 2020
    Goodnight Electric vs Ahmad Abdul.

    Turnamen Babak 1 – Side B: Goodnight Electric Vs Ahmad Abdul. Vote S...

    Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter kamu atau bikin akun sebentar di Disqus.

    on Jul 6, 2020