×
×

Search in Mata Mata Musik

Abdee Slank Jadi Komisaris BUMN Telkom, Ini Penjelasan Kompetensinya

Posted on: 05/29/21 at 11:00 am

Abdee Slank Jadi Komisaris BUMN Telkom, Begini Penjelasan Kompetensinya
Layar menampilkan profil Abdi Negara Nurdin saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2020 di Jakarta, Jum’at (28/5/2021). (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A).

Abdee Slank!? Iya benar, enggak bohong. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat Abdi Negara Nurdin sebagai Komisaris PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau TLKM. Abdi selama ini lebih dikenal dengan sapaan Abdee, gitaris Slank. Pengangkatan Abdee Slank sebagai komisaris BUMN ini dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Jum’at, 28 Mei 2021. Siapa yang enggak kenal Slank, band rock legendaris yang dibentuk dramer Bimo Setiawan Sidharta (Bimbim) tahun 1983 silam. Abdee bergabung bersama Slank sejak tahun 1997, bersama Ridho Hafiedz, mengisi kekosongan posisi gitaris yang ditinggalkan Parlin Burman Siburian alias Pay.

Baca juga: Mending Divaksin Slank Saja, Dijamin Kebal Mental Dan Jaga Imun Tubuh

Abdee Slank Memantik Kehebohan

Berita pengangkatan Abdee ini menuai reaksi yang heboh dengan tanda tanya besar di masyarakat. Tidak sedikit yang mencemooh dengan berbagai komentar yang lucu-lucu. Intinya, mereka bertanya sebenarnya apa kompetensi Abdee sehingga Kementerian BUMN mengangkatnya sebagai Komisaris Telkom? Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Telkom Indonesia Ahmad Reza mengatakan, setiap pengangkatan komisaris perseroan sudah mempertimbangkan kompetensi dari masing-masing individu.

“Para komisaris yang diangkat punya kapasitas dan klasifikasi yang dibutuhkan bagi pengembangan bisnis perusahaan,” jelas Ahmad Reza dalam keterangan resminya, Sabtu (29/5/2021). Reza kemudian menjelaskan soal kompetensi yang dimiliki Abdee. Doi bilang, penunjukan Komisaris Telkom telah melalui beberapa tahap seleksi.

Reza menjelaskan, meski berlatar belakang sebagai seniman, Abdee selama ini juga banyak berkecimpung dalam dunia digital serta memberikan perhatian yang besar terhadap masalah hak kekayaan intelektual. Abdee juga merupakan Co-Founder Importmusik.com, yakni perusahaan digital distribusi musik. Lainnya, Abdee pernah duduk sebagai Tim Pakar penyusunan UU Hak Cipta dan Pembentukan Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN). “Industri digital sangat bersinggungan dengan Hak Atas Kekayaan Intelektual. Dari rekam jejak, bisa diketahui bahwa beliau punya perhatian yang besar terhadap masalah Hak Atas Kekayaan Intelektual,” jelas Reza.

Pendukung Jokowi

Meski tidak secara resmi tercatat dalam barisan organisasi relawan, Abdee secara tegas menyatakan dukungannya untuk Jokowi. Rekam jejak Abdee sebagai pendukung Jokowi tampak saat dirinya ikut menginisiasi “Konser Akbar Salam 2 Jari” di Gelora Bung Karno Jakarta pada 5 Juli 2014 silam. Konser tersebut merupakan bagian dari ajang pengumpulan massa pendukung Jokowi yang saat itu belum melepaskan jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Abdee tidak sendiri. Beberapa personel Slank juga ikut terlibat, yakni Bimbim, Kaka, dan Ivanka. Beberapa musisi lainnya di konser tersebut di antaranya ada Erwin Gutawa, Sandhy Sondoro, dan Giring eks-Nidji.

Kala itu Abdee percaya bahwa Jokowi merupakan figur yang akan membawa perubahan untuk Indonesia menjadi lebih baik, jika kelak terpilih untuk memimpin negeri ini selama 2014-2019. “Mereka figur baru yang memiliki approach untuk membawa perubahan ya,” kata Abdee kepada Kompas.com saat dihubungi via sambungan telepon kala itu. Kemudian pada Pilpres 2019, Abdee juga kembali turun gunung untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Abdee kembali secara tegas menyatakan dukungan yang kedua kalinya untuk Jokowi. Doi ikut meramaikan konser “Konser Putih Bersatu Menuju Kemenangan Indonesia Maju Bersama Gerakan #BarengJokowi” pada 13 April 2019.

Latar Belakang Abdee Slank

Sedikit informasi, Abdee lahir di Donggala, 28 Juni 1968. Doi tercatat sebagai alumnus Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah. Aktivitas bermain musik Abdee mulai berkurang, sejak doi divonis mengidap gagal ginjal yang ramai diperbincangkan tahun 2015 silam. Abdee lantas vakum dari Slank, karena harus beristirahat lantaran penyakit yang diidapnya. Hingga saat ini, Abdee menduduki jabatan di sejumlah perusahaan. Sebut saja jabatan Komisaris PT Sugih Reksa Indotama sejak tahun 2020 dan Komisaris PT Negara Sains Ekosistem sejak tahun 2021. Abdee juga tercatat sebagai Co-Founder dan Founder di PT Hijau Multi Kreatif, Maleo Music, dan Give.ID. Sebelumnya diberitakan, Menteri BUMN Erick Thohir merombak susunan dewan direksi dan komisaris PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Perombakan itu terjadi dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Telkom yang diselenggarakan pada Jum’at, 28 Maret 2021. Dalam agenda tersebut, mantan bos Inter Milan itu memberhentikan Rhenald Kasali dari Komisaris Utama, Marsudi Wahyu Kisworo dan Chandra Arie Setiawan dari Komisaris Independen, serta Alex Denni dan Ahmad Fikri Assegaf dari posisi Komisaris. Sebagai gantinya, Erick Thohir mengangkat mantan menteri riset dan teknologi sekaligus Komisaris Bukalapak, Bambang Brodjonegoro sebagai Komisaris Utama Telkom. Kemudian, Erick juga menunjuk Abdi Negara Nurdin atau Abdi ‘Slank’ (Abdee Slank Telkom) dan Bono Daru Adji sebagai Komisaris Independen perusahaan telekomunikasi pelat merah itu. Selain itu, Erick mengangkat Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata dan Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, sebagai Komisaris Telkom.

Baca juga: Gandeng Kaka ‘Slank’, Ratu Harmonika Sarah Saputri Rilis Single ‘Lolalove’

Menolak masuk pemerintahan

Beberapa waktu sebelumnya, Abdee sendiri sempat menyatakan tidak tertarik masuk ke salah satu struktur pemerintahan. Saat itu, doi digadang-gadang akan menduduki posisi strategis di Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). “Saya tidak punya minat di sana. Menurut saya, yang bekerja di sana haruslah yang menguasai bidangnya, profesional, dan punya waktu. Saya masih ingin melanjutkan karier di musik,” kata Abdee saat itu. Abdee menuturkan, setelah gelaran Pilpres, memang belum ada tawaran apa pun dari pemerintah agar dirinya masuk dalam struktur Badan Ekonomi Kreatif. “Kalaupun ada tawaran, saya pasti menolak,” ujarnya.

Sumber: Kompas
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Slank Vs Power Metal

    Turnamen Babak 3 – Side B: Slank Vs Power Metal. Yuk Vote Sekarang!

    Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter lo atau bikin akun sebentar di Disqus.

    on Feb 20, 2021
    Slank vs Gong 2000

    Turnamen Babak 2 – Side B: Slank Vs Gong 2000. Yuk Vote Sekarang!

    Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter lo atau bikin akun sebentar di Disqus.

    on Feb 13, 2021
    Slank vs Voodoo

    Turnamen Babak 1 – Side B: Slank Vs Voodoo. Yuk Vote Sekarang!

    Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter lo atau bikin akun sebentar di Disqus.

    on Feb 6, 2021
    Slank vaksin

    Mending Divaksin Slank Saja, Dijamin Kebal Mental Dan Jaga Imun Tubuh

    Slank: Ivan, Kaka, Bimbim. (Foto: dok. Slank). Siapa sangka? Band rock legendaris Slank juga telah berhasil meramu vaksin yang siap didistribusikan secara m

    on Feb 5, 2021