×
×

Search in Mata Mata Musik

AC/DC Resmi Comeback Dengan Formasi Klasik dan Persiapan Album Baru!

Posted on: 10/1/20 at 11:15 am

AC/DC Resmi Comeback Dengan Formasi Klasik dan Persiapan Album Baru!

Setelah sekian lama harap-harap cemas, akhirnya harapan semua fans telah terwujud. Hell yeah, AC/DC resmi comeback dengan kejutan. Raksasa hard rock legendaris ini telah mengkonfirmasi tentang reuni line-up klasik mereka yang selama ini hanya sebatas rumor, dan di kesempatan ini mereka sekaligus mengungkapkan judul untuk album mendatangnya!

Baca juga: ‘Back in Black’ AC/DC Bersertifikat 25 kali Platinum

Berawal ketika pada 28 September lalu, AC/DC memposting teaser kemunculan kembali mereka ke media sosial dengan video grafis logo petir ikonik mereka yang berkedip-kedip, dan tentunya membuat hati fans berdebar-debar.

Dan dua hari kemudian, pada hari Rabu, 30 September, AC/DC membagikan sebuah gambar baru ke media sosial, yang nampaknya memang memperkenalkan judul album baru mereka, PWR / UP. Selain itu, gambar tersebut bisa saja menjadi sampul albumnya nanti atau hanya gambar iklan, yang pasti, dengan jelas menunjukkan dan mencantumkan line-up klasik band ini, yakni Angus Young (gitar utama), Brian Johnson (vokal utama), Cliff Williams (bass), Phil Rudd (dram), dan Stevie Young (gitar ritem). Gambar ini diposting di laman media sosial band yang diberi judul “ARE YOU READY? #PWRUP”.

Selain itu, situs web AC/DC dialihkan ke pwrup.acdc.com, yang menjadi tempat informasi tentang album tersebut yang perlahan-lahan terungkap. Ada juga kampanye iklan offline, dengan poster “PWR / UP” yang turut muncul di luar sekolah menengah atas lawasnya Angus Young di Australia, dan iklannya pun bermunculan di berbagai surat kabar.

Line-up ini menandakan kembalinya tiga anggota klasik yang semuanya keluar dari AC/DC karena berbagai alasan. Yang pertama, sang vokalis, Brian Johnson terpaksa cabut di tengah-tengah “Rock or Bust Tour” band karena ada masalah dengan pendengarannya, yang kemudian posisinya digantikan oleh Axl Rose (Guns N’ Roses) selama tur. Kedua, dramer Phil Rudd masuk penjara karena terjerat masalah hukum yang sangat serius di Selandia Baru, dan digantikan oleh Chris Slade. Ketiga, bassis Cliff Williams yang menyatakan pensiun pada 2016 setelah AC/DC memainkan konser terakhir dari “Rock or Bust Tour”. Ketiga anggota yang hengkang tersebut membuat Angus Young sebagai satu-satunya anggota klasik yang tersisa, walhasil membuat keraguan banyak pihak tentang nasib AC/DC seterusnya.

Baca juga: Brian Johnson Pastikan Kembali Tur dengan AC/DC

Sedangkan, yang pantang untuk dilupakan adalah salah satu komposer utama dan anggota orisinil pendiri AC/DC, gitaris ritem Malcolm Young (kakak Angus Young) meninggal secara tragis pada 2017 setelah kalah dalam pertempurannya melawan penyakit demensia. Namun almarhum dikabarkan menjadi bagian dari album baru. Kabar itu muncul pada 2018 bahwa band ini mengerjakan album dengan memasukkan riff-riff yang telah ditulis Malcolm sebelum kematiannya. Setelah Malcolm sakit, sang gitaris ritem pahlawannya Scott Ian (Anthrax) ini digantikan oleh Stevie Young, keponakan dari Malcolm dan Angus.

Mengenai tanggal rilis untuk album baru, grafik di situs web band tersebut mencantumkan “7-12” secara samar. Di Australia, itu merupakan format kode yang berarti 7 Desember. Namun, tanggal tersebut jatuh pada hari Senin, dan nggak akan mengikuti tradisi merilis album pada hari Jum’at menurut kepercayaan orang Australia.

Album full length baru AC/DC akan menjadi kelanjutan dari Rock or Bust (2014), album studio ke-15 mereka. Pantau terus saat lebih banyak informasi yang terungkap tentang album baru pahlawan hard rock yang sangat diantisipasi oleh umat musik cadas di planet ini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

RATM

Rage Against The Machine Rilis "Killing In Thy Name", Film Dokumenter ...

Rage Against The Machine. (Foto: dok. band). Musik Rage Against The Machine (RATM) telah menjadi latar yang sangat pas untuk peristiwa sosial-politik yang g

on Jan 16, 2021
Tim Bogert

Bassis Rock Legendaris Tim Bogert (Vanilla Fudge, Cactus) Meninggal Du...

Tim Bogert. Tim Bogert, bassis dan vokalis dari band pionir psychedelic rock Vanilla Fudge, meninggal dunia di usia 76 tahun setelah berjuang melawan kanker

on Jan 14, 2021
Suspect208

Noah Weiland Dipecat Dari Suspect208, Band Rock Anak-Anaknya Para Rock...

Suspect208 dalam video musik 'All Black'. Band hard rock pendatang baru yang kian bersinar, Suspect208, yang menampilkan putra-putra dari rockstar beken, me

on Jan 9, 2021
Gene Simmons

Gene Simmons (KISS) Anggap “Rock Sudah Mati” dan Puji Billie Eilis...

Gene Simmons. (Foto: Harry How/Getty Images). Bassis/vokalis KISS, Gene Simmons mengulangi pernyataan sebelumnya bahwa "rock sudah mati", dengan mengatakan

on Jan 3, 2021