×
×

Search in Mata Mata Musik

Adam Jones (Tool) Unggah Demo Lagu ‘Descending’ Dari Album ‘Fear Inoculum’

Posted on: 05/20/20 at 6:30 am

Tool.
Tool. (Foto: Travis Shinn).

Adam Jones, gitaris dari band alternative/progressive metal kawakan Tool, telah membagikan demo awal untuk lagu dari album Fear Inoculum yang berjudul ‘Descending’.

Baca juga: Tool “Fear Inoculum”: Mahakarya Hasil Bertapa Selama Tiga Belas Tahun

Saat memperkenalkan cuplikan satu menit lagu versi demo itu di Instagram, Adam Jones sekilas menjelaskan proses penulisan lagu bandnya. Dia mengatakan bahwa bassis Tool, Justin Chancellor awalnya menyusun melodi yang “ngewree” dalam tempo 7/8, yang akhirnya menjadi verse utama. Bersama-sama mereka “nge-jam untuk waktu yang lama untuk mencari bagian keren lainnya yang dapat berguna,” dan Adam Jones akhirnya muncul dengan bagian chorus-nya dan “pemutaran” tempo  9/8. Di antara deskripsi yang tertulis dan demo itu sendiri, itu adalah cuplikan di balik layar yang menarik yang memperlihatkan bagaimana para metalhead yang matematis itu mengembangkan lagu-lagu rumit mereka. Di bagian deskripsinya Adam Jones menulis:

“Saat menulis musik, Justin Chancellor dan aku biasanya membawakan bagian riff dan demo yang berpotensial – lalu kami bertiga mencabik-cabik bagian itu seperti seekor serigala sementara Danny Carey (dramer Tool) mencampurnya dengan ritme dram yang paling berlawanan (yang sebenarnya mendorong semuanya maju), Justin Chancellor membawa masuk 7 melodi kerennya yang sekarang menjadi verse utama dari lagu tersebut. (Dia menyebut itu “bluegrass” sebagai judul pekerjaannya). Kami nge-jam bareng untuk waktu yang lama, mencoba untuk menemukan bagian keren lainnya yang dapat digunakan. Akhirnya aku menambahkan tempo 9-beat pemutarnya dan bagian chorus. Lalu kami mengaransemen bagian intro-nya, yang muncul dengan sangat alamiah”.

Baca juga: Tool Punya ‘Banyak Materi’ untuk Album Berikutnya

Adam Jones tampaknya sedang dalam misi untuk menghilangkan mitos dari lagu-lagu Tool yang paling padat rakitannya, dan awal bulan ini dia berbagi tutorial bermain gitar untuk ‘Pneuma’. Sedangkan, Danny Carey dan Justin Chancellor berpartisipasi dalam sebuah seminar web dram dan bass dari Berklee College of Music, di mana sang dramer band mengungkapkan bahwa Tool berencana untuk menulis proyek EP baru di masa karantina.

Nih kamu tonton demo lagu ‘Descending’-nya Tool di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Coheed and Cambria

    Coheed and Cambria Beri Gambaran Album Baru Via Single 'Shoulders'

    Coheed and Cambria (Foto: Jimmy Fontaine). Coheed dan Cambria kembali dengan single baru yang berjudul 'Shoulders'. Musik baru pertama mereka sejak lagu kej

    on Jul 22, 2021
    Kuburan Band

    Kuburan Digamit BNN Karena Lagu 'Jauhi Narkoba Utamakan Keluarga'

    Kyubyuran band (Foto: dok. band). Kuburan kembali pasca kolaborasi Rocket Rockers X Kuburan dengan single 'KRNY' pada awal 2021 lalu. Masih di momentum dua

    on Jul 12, 2021
    Poppy

    Poppy Kembali Via Single Baru 'Her' Dengan Gaya Post-Grunge Ciamik

    Poppy (Foto: Jenn Five). Poppy is back! Penyanyi cantik dan eksentrik pengusung genre "crossover" ini kembali dengan single barunya, 'Her'. Lagu yang diprod

    on Jul 1, 2021
    Jinjer band

    Jinjer Umumkan Album Baru "Wallflowers" dan Rilis MV Single 'Vortex'

    Jinjer (Foto: Alina Chernohor). Jinjer telah mengumumkan album studio keempat mereka, Wallflowers. Diluncurkan pada 27 Agustus 2021 melalui Napalm Records.

    on Jun 19, 2021