×
×

Search in Mata Mata Musik

Adam Lambert: Tidak Ada yang Bisa Gantikan Freddie Mercury

Posted on: 11/22/19 at 5:30 pm

Adam Lambert, yang saat ini tampil bersama Queen untuk mengisi posisi Freddie Mercury dalam tur dan pertunjukan live, bercerita tentang keinginannya mengikuti jejak penyanyi “Bohemian Rhapsody” tersebut, menyebutnya sosok yang “tak tergantikan”.

Baca juga: Queen Ajak Penggemar Bintangi Video Baru Mereka

Freddie Mercury secara tragis meninggal akibat komplikasi yang disebabkan virus AIDS pada tahun 1991. Dua dekade setelah kematiannya, Queen mulai berkolaborasi dengan Adam Lambert, yang menjalani peran Mercury sebagai vokalis hingga sekarang.

Dalam wawancara di Sunrise beberapa waktu lalu, Lambert membahas tentang rasanya mengambil alih posisi tersebut dan mengatakan dia “sangat bersyukur” atas kesempatan itu.

“Tur dengan Queen sungguh luar biasa,” ucapnya. “Kami sudah seperti keluarga dan sangat nyaman sekarang.

“Kadang saya harus mencubit diri sendiri karena saya sadar betapa gilanya kenyataan saya menjadi bagian dari Queen, dan bagi saya mereka seperti keluarga karena orang-orang ini adalah ikon.

“Saya sangat bersyukur setiap kali saya naik panggung atau duduk untuk makan bersama mereka—apa pun yang terjadi dalam tur. Saya merasa, ‘Wow!’ 

“Kalau seseorang bilang 10 tahun yang lalu, saat saya mengikuti audisi American Idol dengan ‘Bohemian Rhapsody’, kalau saya nantinya akan menjadi penyanyi band ini, saya tidak akan percaya mereka,” tawa Lambert.

Adam Lambert Queen
Adam Lambert bersama Brian May. (Foto: Getty)

“Freddie Mercury adalah salah satu pahlawan saya sepanjang masa, seorang dewa rock.

“Dia tidak bisa terkalahkan maupun tergantikan, dan dia adalah seseorang yang saya rasa saya berikan penghormatan setiap kali saya naik panggung bersama mereka.

Baca juga: Penjualan Tiket Biopik Bohemian Rhapsody Lampaui $900 Juta!

“Saya berkesempatan memberikan tribute kepadanya, saya bisa merayakannya dengan semua fans dan dengan Brian dan Roger. Jadi ini kesempatan yang sangat spesial,” tutur Lambert.

Sementara itu, pelantun “For Your Entertainment” ini juga mengungkapkan bagaimana menjadi bagian dari Queen berdampak pada musik solonya menjelang perilisan album barunya, Velvet.

Adam Lambert Queen
Adam Lambert merasa terhormat bisa bernyanyi di posisi Freddie Mercury. (Foto: Getty)

“Saya merasa proses terakhir membuat musik ini selama beberapa tahun terakhir terasa seperti lingkaran penuh. Saya kembali ke hal-hal yang pertama kali saya cintai dalam musik,” jelasnya.

“Ketika saya pertama kali mendengar album yang dimainkan ibu dan ayah saya di rumah, sebagai anak saat itulah saya pertama kali mengenal musik rock ’n’ roll dan soul, yang sebagian besar berasal dari tahun ’70-an. Saya pikir itu menjadi bagian dari DNA saya.

“Dan, tentu saja, tur dengan Queen juga telah memadukan musikalitas saya dengan katalog musik mereka,” katanya pada Juni lalu.

“Saya rasa album mendatang ini adalah hasil dari semua itu dan cerminan nyata dari pengaruh saya, lebih dari sebelumnya.”

Baca juga: Kemenangan Bohemian Rhapsody di Oscar Dikritik Banyak Pihak

Saat ditanya seperti apa album barunya nanti, Lambert menegaskan dia “menghidupkan fantasi bintang rock ’70-an saya” dan menambahkan: “Semoga semua orang suka dengan hasilnya.”

Lambert pertama kali bekerja sama dengan personil Queen, Brian May dan Roger Taylor, di American Idol pada 2009 silam.

Setelah melihatnya menyanyikan “Bohemian Rhapsody,” May kemudian mengatakan audisi itulah yang membuatnya mengadakan kolaborasi Queen + Adam Lambert.

Mereka tampil bersama beberapa kali selama tahun 2011 dan mulai tur pertama mereka sebagai duo di 2012.

Tahun depan, Queen + Adam Lambert akan keliling Britania Raya dengan tur Rhapsody mereka.

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Gelora Saparua

    Gelora Saparua: Episentrum Sejarah Geliat Rock & Metal Indonesia

    Gelora Saparua. Sesuai namanya, Gelora adalah akronim dari Gelanggang Olahraga. Selain lapangan atletik dan taman sarana umum, salah satu tempat di dalam a

    on Jun 7, 2021
    King Gizzard & The Lizard Wizard

    King Gizzard & The Lizard Wizard Siap Rilis Album Ke-18, "Butterfly 30...

    King Gizzard & The Lizard Wizard (Foto: Jason Galea). King Gizzard & The Lizard Wizard. Yoi Australia punya nih. Setelah Tame Impala, gaya rock retr

    on May 12, 2021
    God Bless

    God Bless Ungkap Arti Rayakan 48 Tahun Karier Via Lagu 'Mulai Hari Ini...

    Tonggak awal bagi legenda hidup rock Indonesia God Bless dimulai pada tanggal 4 dan 5 Mei 1973. Pada 5 Mei, nama God Bless disepakati oleh para personelnya

    on May 5, 2021
    Greta Van Fleet

    Greta Van Fleet Patahkan Tudingan 'Rock Sudah Mati' Gene Simmons

    Greta Van Fleet / Gene Simmons (Foto: Kevin RC Wilson). Bagi para pecinta musik generasi millenial dan Z, Greta Van Fleet selama ini dielu-elukan sebagai ro

    on Apr 28, 2021