×
×

Search in Mata Mata Musik

Adam Schlesinger Pencipta Lagu ‘That Thing You Do’ Meninggal Akibat Virus Corona

Posted on: 04/2/20 at 11:00 am

Adam Schlesinger (Foto: Instagram.com).

Adam Schlesinger, pendiri Fountains Of Wayne yang mendapatkan nominasi Oscar untuk menulis lagu tematik ‘That Thing You Do’, telah meninggal karena komplikasi dari virus Corona. Dia meninggal di usia 52 tahun.

Pengacara Schlesinger, Josh Grier, mengkonfirmasi berita kematiannya kepada The New York Times.

Awal pekan ini, Grier mengkonfirmasi bahwa Schlesinger telah dirawat di rumah sakit di Upstate New York setelah dinyatakan positif Covid-19. Schlesinger dikatakan “sangat sakit,” “sangat dibius,” dan bernafas dengan bantuan ventilator.

“Para dokter melakukan semua yang mereka bisa pikirkan dan mereka optimis dengan hati-hati,” ujar Grier saat itu.

Adam Schlesinger lahir di New York dan dibesarkan di dekat Montclair, New Jersey. Pada tahun 1991, dia membentuk band indie-pop Ivy setelah menanggapi iklan baris yang diposting oleh Andy Chase.

Band ini tetap aktif, bahkan setelah Schlesinger bekerja sama dengan Chris Collingwood untuk meluncurkan Fountains of Wayne, yang terbukti jauh lebih sukses secara komersial. Ivy merilis enam album studio antara 1995 dan 2011, dan ditampilkan di soundtrack untuk film layar lebar; There Something About Mary, Me, Myself & Irene, dan Shallow Hal.

Sebagai anggota Fountains of Wayne, Schlesinger menjabat sebagai bassis dan penulis lagu utama. Band ini dinamai setelah toko ornamen rumput di Wayne, New Jersey atas saran ibu Schlesinger.

Album debut self-titled, dirilis pada tahun 1996 oleh Atlantic Records, termasuk single ‘Radiation Vibe’ dan ‘Sink to the Bottom’. Namun, meskipun diterima dengan baik oleh para kritikus, album lanjutan mereka, Utopia Parkway pada 1999, berjuang secara komersial dan memimpin Atlantic untuk merilisnya.

Setelah periode tanpa aktivitas yang panjang, Fountains of Wayne kembali pada tahun 2003 dengan Welcome Interstate Managers, yang termasuk dalam 10 besar single ‘Stacy’s Mom’. Band ini kemudian menerima dua nominasi Grammy, termasuk Best New Artist dan Best Pop Performance untuk ‘Stacy’s Mom’. Fountains of Wayne merilis dua album lagi sebelum hiatus pada 2013.

Di luar karyanya di Ivy dan Fountains of Wayne, Schlesinger berkontribusi pada sejumlah soundtrack film dan televisi. Terutama, dia menulis tema judul untuk film Tom Hanks tahun 1997, That Thing You Do, yang mendapatkan nominasi Oscar dan Golden Globe untuk Best Original Song.

Dia juga dinominasikan Emmy Awards 10 kali, yang menerima pengakuan untuk berbagai proyek, termasuk Sesame Street, The Colbert Report, dan siaran televisi Tony Awards. Berbicara tentang Tony Awards, Schlesinger menerima dua nominasi sendiri untuk musikal 2008 Cry-Baby.

Dalam beberapa tahun terakhir, Schlesinger terutama berfokus pada seri CW Crazy Ex-Girlfriend, yang dia layani sebagai produser musik. Dia menulis lebih dari 150 lagu asli untuk seri, yang mengarah ke lima nominasi Emmy. Pada tahun 2019, dia mendapatkan kemenangan Emmy pertamanya untuk Outstanding Original Music And Lyrics untuk lagu ‘Antidepressants Are So Not A Big Deal’.

Sebelum jatuh sakit, Schlesinger telah bekerja dengan Sarah Silverman pada sebuah musik berdasarkan memoar terlarisnya, The Bedwetter.

Penerjemah: Fajar Nugroho
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Eric Clapton ogah tampil konser kalau penonton wajib divaksin

    Eric Clapton Ogah Tampil Konser Jika Penonton Diwajibkan Paspor Vaksin

    Eric Clapton mengumumkan pada hari Rabu, 21 Juli lalu bahwa doi enggak akan tampil konser di semua venue yang memerlukan bukti vaksinasi Covid-19 supaya pe

    on Jul 22, 2021
    Lollapalooza

    Lollapalooza Festival Sediakan 1.200 Tiket Gratis Bagi Yang Mau Divaks...

    Crowdsurfing di Lollapalooza 2019 (Foto: Erika Goldring/FilmMagic). Lollapalooza, salah satu festival musik dan seni terbesar di Amerika Serikat (AS) sedang

    on Jun 12, 2021
    Konser Punk

    Konser Punk Di AS Jual Tiket $18 Buat Tervaksinasi, $1000 Yang Belum

    Crowd di sebuah Punk Rock Show (Foto: Melinda Oswandel). Konser punk yang satu ini termasuk hal yang baru. Seorang promotor konser di Florida, Amerika Serik

    on May 30, 2021
    Eric Clapton

    Eric Clapton Tangannya Mati Rasa 2 Minggu Pasca Divaksin AstraZeneca

    Eric Clapton (Foto: via Facebook). Eric Clapton belum lama ini dikabarkan gusar dengan vaksin Covid-19. Gitaris legendaris ini merinci pengalaman saat keseh

    on May 16, 2021