×
×

Search in Mata Mata Musik

Adele Minta Kepada Fans Untuk “Marah Tapi Fokus” Saat Hormati George Floyd

Posted on: 06/3/20 at 8:30 am

Adele.
Adele. (Foto: Reuters).

Adele mungkin sejauh ini menjadi popstar terbaru yang ikut memberikan penghormatan kepada almarhum George Floyd, dengan mendesak orang-orang dan penggemarnya untuk “merasa marah tetapi fokus” setelah kematian George Floyd, pria kulit hitam berusia 46 tahun yang meninggal dalam penyergapan polisi pekan lalu akibat petugas polisi yang berlutut di lehernya selama lebih dari delapan menit.

Baca juga: LL Cool J Secara Emosional Nge-Rap Tentang Rasisme dan Kematian George Floyd

Hampir seluruh musisi besar, dari Cardi B, Beyoncé, Lana Del Rey, Halsey hingga Billie Eilish juga telah bersuara mengenai tragedi rasisme ini, yang juga memicu aksi protes massif di berbagai kota di seluruh Amerika Serikat (AS).

Adele membagikan foto George Floyd di akun Instagram-nya pada Senin malam lalu dengan menulis: “Protes dan pawai telah terjadi di seluruh dunia secara bersamaan dan hanya semakin dapat momentum. Jadi marahlah dengan sebenar-benarnya tetapi fokuslah! Terus dengarkan, terus bertanya dan terus belajar!”.

Penyanyi berusia 32 tahun itu kemudian melanjutkan, “Penting bagi kami untuk tidak berkecil hati, dibajak, atau dimanipulasi saat ini, ini tentang rasisme sistematis, ini tentang kekerasan polisi dan ini tentang ketidaksetaraan”.

“Dan ini bukan hanya tentang Amerika! Rasisme hidup dan berada di mana-mana,” tulis Adele. “Aku dengan sepenuh hati berdiri dalam solidaritas dengan perjuangan untuk kebebasan, pembebasan dan keadilan”.

Penyanyi asal Inggris itu lalu mengakhiri tulisannya dengan tagar Black Lives Matter dan “#saytheirnames”, sebuah panggilan untuk mengingat orang kulit hitam lainnya yang telah meninggal dalam keadaan yang sama, terbunuh oleh seorang polisi rasis saat mereka tidak bersenjata atau bahkan melawan balik.

Baca juga: Dr. Dre Mengenai George Floyd: “Lutut Polisi Itu Menginjak Leher Kita Semua”

Monggo dibaca pesan lengkap Adele tentang kematian George Floyd dan perlawanan rasisme dari seluruh dunia di bawah ini.

Serangkaian musisi lainnya yang telah ikut membela George Floyd dan gerakan anti-rasis juga ada Rihanna dan LL Cool J. J Cole, dan masih banyak lagi. Lana Del Rey dan Halsey juga sempat terlihat ikut turun ke jalan bersama kerumunan aksi protes di berbagai kota di AS pada akhir pekan ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Mahen

Bintang Muda Mahen Kembali Ber-Pop Mellow Dengan Single Baru 'Cinta Se...

Mahen. (Foto: Indo Semar Sakti). Penyanyi muda dan salah satu best new comer, Mahen, belakangan memang menjadi perbincangan para penikmat musik Indones

on Dec 1, 2020
Fahem

Fahem Tenggelam Dalam 'Pool Of Regrets', Single Ke-4 Menuju EP Mendata...

Dua ribu dua puluh mungkin memang “tahunnya” Fahem. Produktivitas dan konsistensi dirinya menghasilkan karya patut diacungi jempol. Terbukti dalam wakt

on Dec 1, 2020
Naim Daniel

Penyanyi ‘Rising Star’ Asal Malaysia Naim Daniel Kenalkan Single B...

Nggak cuma di Indonesia, negeri jiran Malaysia pun nggak pernah kehabisan stock musisi muda berbakat, seperti salah satunya Naim Daniel. Lewat single-nya y

on Dec 1, 2020
Putra Timur

Putra Timur Jadikan "Mahligai", Album Perdananya Sebagai Kediaman Semu...

Putra Timur. Luasnya dimensi perasaan dalam kehidupan kita hingga satu fenomena pun bisa menghasilkan dua emosi yang berbeda, bahkan bertolak belakang pada

on Nov 30, 2020