×
×

Search in Mata Mata Musik

Afgansyah Reza: Profil, Biodata, Biografi, dan Fakta Terkini

Posted on: 01/14/21 at 1:10 pm

Siapakah Afgansyah Reza itu? Afgansyah Reza atau yang dikenal sebagai Afgan merupakan seorang penyanyi tampan asal Indonesia. Dirinya mempunyai pengaruh di dunia musik dan profil Afgansyah Reza, biodata, biografi serta fakta terkini terkait dirinya lumayan banyak dicari di mesin pencari. Bahkan, halaman khusus tentang dirinya dibuat oleh Wikipedia. Melihat ini, Mata Mata Musik merangkum data – data yang diperlukan untuk memberikan informasi seputar Afgansyah Reza seperti profil, biodata, biografi, serta fakta terkini terkait dirinya.

Baca juga:Agnes Monica: Profil, Biodata, Biografi, dan Fakta Terkini

BIODATA

Nama Lengkap: Afgansyah Reza

Panggilan: Afgan

Tempat Lahir: Jakarta

Tanggal Lahir: 27 Mei 1989 (31 tahun)

Asal: Jakarta

Profesi: Penyanyi dan Aktor

Status: Belum Menikah

Agama: Islam

Suku: Minangkabau

Instagram (IG): @afgansyah.reza

Twitter: @afgansyah_reza

Facebook (FB): @AfganOfficial1

BIOGRAFI

Nama Afgansyah Reza tentunya sudah tidak asing lagi bagi kalian yang aktif di dunia musik. Afgan merupakan penyanyi muda berbakat yang banyak diidam-idamkan oleh kaum hawa. Selain itu, Afgan juga sukses berkarir di dunia musik nasional, yang dimana ia telah memperoleh banyak penghargaan nasional, menjadi brand ambassador sejumlah produk, dan juga mendapat peran di sejumlah film.

KEHIDUPAN AWAL

Afgansyah Reza merupakan anak kedua dari empat bersaudara dari pasangan Loyd Yahya (Ayah) dan Lola Purnama (Ibu). Afgan dibesarkan dari keluarga yang senang menikmati musik. Selain itu, Afgan menempuh pendidikan sekolah dasar di SD Islam Sudirman. Kemudian, Afgansyah Reza melanjutkan pendidikannya ke SLTP Islam Sudirman dan SMAN 34 Jakarta.

Saat bersekolah di SLTP Islam Sudirman, Afgansyah Reza sudah sering disuruh untuk bernyanyi. Akan tetapi, saat itu Afgan masih malu – malu.

PERJALANAN KARIR

Pada awalnya, Afgan bersama teman – temannya mengunjungi WannaB Instant Recording Studio untuk bernyanyi dan merekam CD untuk koleksi pribadinya. Di luar dugaan, ternyata produser WannaB Music Production tertarik pada suara Afgan dan menawarinya rekaman. Kemudian, Afgan menghasilkan album rekaman pertamanya yang berjudul ‘Confession No. 1’. Album tersebut berhasil menempati posisi tertinggi di tangga lagu hit radio dan televise terkemuka di Indonesia.

Di ajang Anugerah Musik Indonesia tahun 2009, Afgansyah Reza berhasil meraih penghargaan sebagai Penyanyi Pria Solo Terbaik melalui singlenya yang berjudul ‘Terima Kasih Cinta’. Di tahun yang sama, Afgan merilis mini album ‘Bersihkan Dirimu’. Selain itu, Afgan juga memulai karirnya sebagai artis, dengan tampil di film ‘Bukan Cinta Biasa’, serta Afgan juga mengisi soundtrack dengan judul yang sama dengan film tersebut.

Baca juga:Ariel NOAH: Profil, Biodata, Biografi, dan Fakta Terkini

Pada tahun berikutnya, Afgansyah Reza berakting di film ‘Cinta 2 Hati’ bersama Deddy Mizwar, Olivia Lubis Jensen dan Tika Putri. Sementara itu, Afgan juga mengisi soundtrack film ini.

Pada tahun 2010, Afgansyah Reza merilis album keduanya yang berjudul ‘The One’. Akan tetapi, Afgan sempat vakum dari dunia musik untuk menempuh pendidikan di Malaysia pada tahun 2012.

Setelah itu, Afgan kembali merilis single baru yang berjudul ‘Pesan Cinta’. Single tersebut menjadi lagu pertama menuju album ketiganya. Single tersebut merupakan ciptaan Afgan dengan bantuan dari Inu Numata dan Nino Ran. Setahun kemudian, Afgan merilis album ketiganya yang berjudul ‘L1ve To Love’. Bersamaan dengan perilisan album tersebut, Afgan mengumumkan single ‘Jodoh Pasti Bertemu’ sebagai single kedua dari album tersebut.

Pada tahun 2016, Afgan kembali merilis album keempatnya yang berjudul ‘SIDES’. Album ini mempresentasikan berbagai sisi Afgan. Dalam album ini, Afgan berkolaborasi dengan rapper Malaysia, SonaOne. Kolaborasi tersebut berhasil membuat Afgan mendapat penghargaan Kolaborasi Terbaik dari Anugerah Planet Muzik 2017 di Singapura.

FAKTA TERKINI AFGANSYAH REZA (2021)

Afgansyah Reza memiliki paras yang rupawan, sehingga para wanita sering kali kepincut oleh parasnya tersebut. Terlebih lagi, Afgan dikabarkan pernah menjalin hubungan asmara dengan sejumlah artis, penyanyi dan bahkan dokter. Sejumlah wanita yang pernah menjalin hubungan asmara dengan Afgan yiatu Thalita Latief, Agnes Monica, Mirasih Tyas Endah, Eva Celia, Arumi Bachsin, Olivia Lubis Jensen, Raisa, Arleen Rainamira Adiningrat, Maudy Ayunda dan Rossa.

MEMILIKI HUBUNGAN ROMANTIS DENGAN ROSSA

Afgansyah Reza berpacaran dengan Diva Indonesia, Rossa. Afgan dan Rossa telah menjalin hubungan sejak lama, tetapi mereka tidak pernah mempublikasikan status mereka sebagai pacar. Akan tetapi, dalam wawancara Afgan dengan Boy William, Afgan mengaku bahwa dirinya dengan Rossa sama – sama memiliki rasa saling menyukai.

Baca juga:Anggun C. Sasmi: Profil, Biodata, Biografi, dan Fakta Terkini

Saat Rossa berulang tahun pada Oktober 2020 lalu, Afgan mengunjungi Rossa saat ia sedang menjadi juri Indonesian Idol Special Season. Saat itu, Afgan memprank Rossa dengan menggunakan kontestan hingga Rossa menjadi kesal. Akan tetapi, Afgansyah Reza kemudian masuk dan memberikan kejutan ulang tahun kepada Rossa. Hal itu sontak membuat Rossa syok dan nangis bahagia.

AGAMA AFGAN DIRAGUKAN

Agama Afgansyah Reza sempat diragukan oleh netizen gara – gara unggahan foto dirinya menggendong anjing di publikasikan. Bahkan, sejumlah netizen mengingatkan Afgan tentang memelihara anjing dalam pandangan agama Islam. Akan tetapi, Afgan telah mempersiapkan semuanya, yakni ia membeli sabun tanah. Jadi, saat anjing menjilatnya atau sejenisnya, ia bisa mencucinya dengan sabun tanah itu.

SATU SMA DENGAN RAISA

Ternyata, Afgan dan Raisa sempat satu SMA. Mereka sama – sama menempuh pendidikan di SMA Negeri 34 Jakarta. Akan tetapi, mereka tidak banyak menghabiskan banyak waktu sebagai teman di masa SMA. Mereka mengenang masa SMA mereka sebagai sosok yang telah menyukai musik.

Kenangan Afgan tentang Raisa saat SMA adalah saat Raisa menyanyi di prom night menggunakan piano. Sementara kenangan Raisa tentang Afgan saat SMA adalah Afgan sering mendengarkan lagu menggunakan pemutar musik.

Penulis: Leonardo Forestin

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Afgan & Jackson Wang

    Afgan Ungkap Masalah Yang Menunda Lagu Baru Fitur Jackson Wang

    Penyanyi tampan idola mbak-mbak dan emak-emak, Afgansyah Reza atau biasa dipanggil Afgan ini baru saja mengumumkan lagu terbarunya. Sebuah lagu kolaborasin

    on Mar 18, 2021
    Konser Amal Afgan

    Tiket Konser Amal Afgan Di M Bloc, Jakarta Sudah Sold Out. Hari Ini, G...

    Konser Amal Afgan akan diselenggarakan hari ini, 24 Januari 2020 di M Bloc Live House, Jakarta Selatan. Konser amal ini merupakan rangkaian dari acara Fest

    on Jan 24, 2020
    Keterangan Foto Utama; Menuk Bicara Rasa (kredit foto: @menuk.hentiasanti Instagram account)

    Menuk Lepas Single Perkenalan, Cinta Satu Sisi

    Setelah 9 tahun berkarir sebagai penyanyi latar beberapa band besar, kini Menuk memulai karir barunya sebagai solois Dikenal sebagai salah satu penyanyi

    on Jul 4, 2019
    Afgan Bakal Gelar Konser Dekade di Jakarta

    Afgan Bakal Gelar Konser Dekade di Jakarta

    Solois muda berbakat Afgansyah Reza akan merayakan 10 tahun berkarirnya dengan menggelar konser Setelah sukses menggelar Konser Dekade Afgan di Malaysia akh

    on Jun 13, 2019