×
×

Search in Mata Mata Musik

Afriqua Rayakan ‘Kekuatan Budaya Bangsa Hitam’ Lewat Album Debutnya!

Posted on: 08/10/19 at 2:15 pm

Adam Longman Parker mengumumkan Colored, album full-length pertamanya sebagai Afriqua untuk R&S Records, dengan single pertama “Space Dookie” ft. Big Farma.

R&S Records, label asal Belgia menyebut Colored sebagai “perayaan kekuatan budaya bangsa hitam yang menyatukan melalui sarana musik elektronik.” Secara tematis, album ini menjembatani kejadian penting di masa lalu dan masa kini musik bangsa hitam dari akar mereka di Selatan ke inkarnasi mereka yang paling modern. 

“Temanya secara menyeluruh,” kata Parker, “adalah merekonsiliasi cabang pohon musik bangsa hitam ini dengan asalnya. Ini tidak [bermaksud] memecah belah, ini tentang merayakan asal yang sah dari musik yang kita semua nikmati.” 

Inspirasi ini diambil dari album-album penting dalam sejarah musik orang hitam, termasuk karya Quincy Jones, Roy Ayers, dan Weldon Irvine, yang juga berasal dari Hampton, kota asal Parker di Virginia. Namun, album ini digambarkan sebagai album yang sangat “tidak bernostalgia” karena karya klasik ini lebih berperan sebagai bentuk pencapaian musik daripada dasar untuk imitasi. 

Parker menulis album ini selama dua tahun di sejumlah studio di Eropa dan AS, termasuk Octagon di London, moon di Brooklyn, Funkhaus/Saal 3 di Berlin, dan ICP di Brussels. 

Secara sound, album ini adalah “puncak tertinggi yang natural” dari spektrum gaya Parker, mulai dari house dan techno hingga experimental dan abstract electronica. Album ini menghadirkan kolaborasi dengan Salomon Faye (kolaborator J. Cole), Zap Mama (vokalis Afro-pop dari Belgia), Tyler Pope (bassist LCD Soundsystem), dan Ruven (produser dan penulis lagu yang juga masih sedarah dengan Parker). 

Besar di Virginia, Parker sering mendengarkan musik dari sejumlah pionir musik elektronik lokal termasuk The Neptunes, Timbaland, dan Missy Elliot, artis-artis yang kontribusinya ke gerakan ini pada awal tahun 2000-an sering dibayangi oleh kecenderungan pop mereka. Parker menjelaskan, suara dari Virginia jauh lebih intrinsik ke prosesnya daripada model musik house dan techno Amerika yang sering direplikasi: “Musik elektronik orang hitam tidak harus dari Midwest—ini bukan dari Detroit, ini bukan dari Chicago. Ini dari Virginia.”

Album ini menyusul dua EP yang dirilis Parker di R&S, yaitu Aleph di 2017 dan Vice/Principle di 2018. Sampulnya yang keren diciptakan oleh artis asal Atlanta, Eric Mack. 

Colored akan keluar pada 4 Oktober 2019 via R&S Records, dengan “Space Dookie” (Ft. Big Farma) yang bisa kalian streaming di bawah ini. 

Adam Longman Parker akan merilis Colored pada 4 Oktober 2019

Daftar Lagu Colored

01. Tema (ft. Ruven)
02. Dope
03. Sociodelic
04. Shout
05. Birdlandia
06. Noir
07. Upstream (ft. Zap Mama)
08. Turner
09. Zenith
10. Native Sun
11. Go Tell It (ft. Salomon Faye)
12. Whatever Means
13. Jumpteenth
14. Burn
15. Space Dookie (ft. Big Farma)
16. At Last 

Keterangan Foto Utama: Adam Parker akan meluncurkan album debutnya sebagai Afriqua pada Oktober mendatang. (Foto: Camille Blake)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Hantu HuruHara!

Hantu HuruHara! Gentayangan Dengan 'Berantah' Single Elektroniknya

Hantu HuruHara!. Kolektif musik elektronik virtual bernama Hantu HuruHara! melepas mini album alias EP perdananya. Berbekal muatan 4 lagu instrumental kelam

on May 15, 2020
Burgerkill

Proyek Solo Bassis Burgerkill, Prophetia Rilis Single Perdananya

Ramdan saat tampil akustik bersama Burgerkill. (Foto: Facebook Burgerkill). Ramdan Agustiana, bassis Burgerkill membuat proyek solo musikal bernama Propheti

on Apr 30, 2020
John Frusciante

Jelang Album Baru, Proyek Solo Electro John Frusciante (RHCP) Rilis Du...

John Frusciante, gitaris yang belum lama comeback ke Red Hot Chili Peppers. Bulan lalu, ketika proyek solo elektronik milik John Frusciante, Trickfinger mer

on Apr 21, 2020
Adrian Khalif

Merayakan Kerapuhan, Adrian Khalif Rilis Embrace, Embrace

Merilis album perdana secara lengkap adalah sebuah kesenangan sekaligus kebanggaan bagi setiap musisi. Apalagi di zaman ketika banyak musisi yang bermigrasi ke

on Nov 28, 2019