×
×

Search in Mata Mata Musik

Agnes Monica: Profil, Biodata, Biografi, dan Fakta Terkini

Posted on: 10/28/20 at 9:00 am

Agnez Mo saat menghadiri American Music Award 2019 di Los Angeles, AS. (Foto: Mark Ralston/AFP).

Siapa sih orang Indonesia yang belum pernah mendengar nama Agnes Monica? Mungkin ada, tapi mungkin tinggalnya di daerah pedalaman seperti hutan dan tanpa koneksi internet, hehe. Yang pasti, Agnes Monica atau yang kini lebih dikenal sebagai Agnez Mo merupakan salah satu penyanyi dan artis asal Indonesia yang sukses Go International. Yup, betulan sukses. Dirinya mempunyai pengaruh besar di blantika musik Tanah Air terutama, dan profil Agnez Mo, biodata, biografi serta fakta terkini terkait dirinya lumayan banyak dicari di mesin pencari seperti Google. Bahkan, halaman khusus tentang dirinya dibuat oleh Wikipedia. Melihat hal ini, MataMata Musik merangkum data–data yang diperlukan untuk memberikan informasi seputar Agnes Mo dari profil, biodata, biografi hingga beberapa fakta terkini terkait dirinya, spesial pakai telor buat kalian, “AGnation”.

BIODATA

Nama Lengkap: Agnes Monica Muljoto

Panggilan: Agnez Mo, Agnes Mo, Agnes

Tempat Lahir: Jakarta

Tanggal Lahir: 1 Juli 1986 (34 tahun)

Asal: Jakarta

Profesi: Penyanyi, Peragawan, Pemeran, Penari, Perancang Busana, Produser Rekaman, Pembawa Acara Televisi, Penulis Lagu, dan Sutradara Video Musik

Status: Belum Menikah

Agama: Kristen

Suku: Jawa

Instagram (IG): @agnezmo

Twitter: @agnezmo

Facebook (FB): @agnezmo

Web: agnezmo.com

Baca juga:Agnez Mo Buktikan Profesionalisme dan Baktinya Pada Tuhan

BIOGRAFI

Nama Agnes Monica sudah nggak asing lagi sejak doi masih menjadi penyanyi cilik hingga remaja, hingga beranjak dewasa, terutama bagi kalian yang menyukai musik-musik modern. Agnes Monica pernah mengaku bahwa dirinya bukan berdarah Indonesia dalam suatu wawancara di program Build Series, Amerika Serikat (AS). Selain itu, Agnez Mo juga mengaku bahwa dirinya hanya “numpang lahir” di Indonesia. Meski hal tersebut sempat menuai kontroversi dengan dibanjiri kritik pedas bahkan hujatan dari jutaan netizen Indonesia, hal tersebut nggak lantas memengaruhi reputasi karier gemilangnya. Karena doi telah berhasil menepis dan mengklarifikasi berbagai tuduhan miring terhadapnya secara elegan yang mengakhiri polemik tersebut. Sudah selayaknya Agnes melesat sebagai artis internasional, karena Agnes merupakan salah satu penyanyi yang mengantongi penghargaan terbanyak di Indonesia. Dari sekian banyak penghargaan yang pernah diperolehnya di antaranya adalah 18 Anugerah Musik Indonesia, 8 Panasonic Awards, 5 Nickelodeon Indonesia Kids’ Choice Awards, 4 MTV Indonesia Awards, 3 Asia Song Festival, 2 Mnet Asian Music Awards, dan masih banyak lagi.

KEHIDUPAN AWAL

Agnes Monica merupakan anak bungsu dari pasangan Jenny Siswono dan Ricky Muljoto. Doi memiliki seorang kakak laki-laki yang bernama Steve Muljoto, yang menjadi manajernya. Agnes menjalani pendidikan awalnya di SD Tarakanita, Jakarta, dan melanjutkan pendidikannya ke SLTP Pelita Harapan. Setelah itu, Agnes melanjutkan pendidikannya ke SMA Pelita Harapan, dan menempuh pendidikan di Universitas Pelita Harapan (UPH) jurusan Hukum.

Namun, Agnez mengambil cuti dari UPH karena kesibukannya sebagai penyanyi dan aktris. Dan pada akhirnya Agnes keluar dari UPH dengan IPK terakhir 3,67. Setelah itu, Agnes kembali melanjutkan kuliahnya di Oregon State University (OSU), AS, di jurusan Political Science.

Bakat menyanyi Agne telah terlihat sejak doi masih kanak–kanak. Bakat tersebut ditempa di gereja tempatnya beribadah dan kursus vokal. Hal ini tentu saja nggak terlepas dari dukungan orang tua terhadap Agnez untuk mengembangkan bakatnya tersebut.

KARIER PENYANYI

Ketika berusia 6 tahun, Agnes Monica memulai kariernya sebagai penyanyi cilik dan merekam album pertamanya yang berjudul “Si Meong”. Nama Agnes mulai dikenal masyarakat sejak doi merilis album keduanya yang berjudul “Yess!” bersama Eza Yayang pada 1995. Album tersebut dinobatkan sebagai “Album Anak-Anak Terbaik” pada 1999. Kemudian, album lain yang dirilis Agnez adalah “Bala–Bala.” Ketiga album tersebut menjadikan Agnes Monica masuk ke dalam penyanyi cilik terpopuler era 1990-an. Selain itu, Agnes juga menjadi pembawa acara anak–anak di program TV “Video Anak Anteve” di ANTV, “Tralala–Trilili” di RCTI dan “Diva Romeo” di Trans TV. Selama dua tahun berturut–turut, Agnes berhasil meraih penghargaan Panasonic Awards untuk “Pembawa Acara Anak–Anak Terfavorit” pada tahun 1999–2000.

Karier Agnes Monica sebagai penyanyi kembali dilanjutkannya pada 2003, dengan merilis album dewasa pertamanya yang berjudul “And the Story Goes” pada 8 Oktober tahun itu. Pembuatan album tersebut melibatkan Ahmad Dhani dan Melly Goeslaw. Proses pembuatan album tersebut memakan waktu 1,5 tahun. Sebelum album tersebut dirilis, Aquarius Musikindo mengumumkan bahwa album tersebut sudah dipesan sekitar 35.000 keping. Album ini juga berhasil meraih double platinum dengan penjualan lebih dari 300.000 kopi. Single yang lahir dari album ini adalah ‘Bilang Saja, Indah, Cinta Mati, dan Jera’. Melalui album ini, Agnes berhasil meraih 3 penghargaan dari Anugerah Musik Indonesia di tahun 2004 dalam kategori “Artis Pop Solo Wanita Terbaik” dengan lagu Jera, “Karya Produksi Dance/Techno Terbaik” dengan lagu Bilang Saja, dan “Duo/Group Terbaik” dengan lagu Cinta Mati bersama Ahmad Dhani. Selain itu, doi juga meraih penghargaan “Pendatang Baru Terbaik” pada Anugerah Planet Muzik di tahun 2004. Akibat kesuksesannya tersebut, Agnes dijuluki sebagai “Diva Muda”, dan doi memasang target untuk Go International.

Pada 10 Desember 2005, Agnes Monica merilis album dewasa keduanya yang berjudul “Whaddup A’…?!” Dalam album ini, Agnes menggandeng musisi lokal dan Amerika, yakni Dewiq, Melly Goeslaw, Andi Rianto, dan Keith Martin. Agnez mempromosikan album ini dengan menggelar konser tunggal yang bertajuk “Clasnezenzation” di Lampung, Surabaya, Bandung, dan Makassar. Terdapat 5 single hit dalam album ini, yakni Bukan Milikmu Lagi, Tanpa Kekasihku, Tak Ada Logika, Cinta di Ujung Jalan, dan Dan Tak Mungkin. Agnes Monica berhasil meraih dua penghargaan di Anugerah Musik Indonesia 2006, yakni “Artis Pop Wanita Terbaik” dan “Karya Produksi R&B Terbaik” dengan lagu Bukan Milikmu Lagi. Selain itu, Agnes juga meraih penghargaan dari MTV Indonesia 2006 kategori “Most Favorite Female” dengan lagu Tak Ada Logika. Album ini juga berhasil meraih triple platinum untuk penjualan album lebih dari 450.000 keping.

Pada 2008, Agnes menggarap album ketiganya “Sacredly Agnezious” dan merilis single ‘Matahariku’ sebagai lagu pertama dalam album ketiganya itu. Single ini menjadi single terlaris Agnes Monica dengan penjualan nada sambung yang mencapai lebih dari tiga juta dalam 9 bulan. Selain itu, video klip ‘Matahariku’ telah ditonton lebih dari 23 juta kali di YouTube. Kesuksesan single ini berhasil membawa Agnes meraih penghargaan di MTV Indonesia Awards dalam kategori “Most Favorite Female” dan Anugerah Musik Indonesia kategori “Artis Pop Solo Wanita Terbaik”. Kemudian, Agnes merilis single ciptaannya sendiri yang berjudul ‘Godai Aku Lagi’. Pada 1 April 2009, Agnes secara resmi merilis album ketiganya tersebut. Agnes terlibat sebagai produser dan pencipta lagu dalam pembuatan album ini bersama Dewiq, Pay, Erwin Gutawa, dan DJ Sumantri. Selain single ‘Matahariku’ dan ‘Godai Aku Lagi’, album ketiga ini juga melejitkan single lainnya yang berjudul ‘Teruskanlah’ dan ‘Janji-Janji’. Album ketiganya ini berhasil membawa AgnezE meraih penghargaan dari MTV Indonesia Awards 2009 kategori “Most Favorite Female” dan “Artist of The Year”, serta Anugerah Musik Indonesia 2010 kategori “Album Pop Terbaik”, “Artis Solo Pop Wanita Terbaik”, dan “Album Terbaik”.

KARIER AKTING

Pada 1999, Agnes Monica memulai karier beraktingnya dengan tampil di sinetron “Lupus Millenia dan Mr. Hologram”. Di tahun 2000, Agnes Monica menjadi pemeran utama dalam sinetron “Pernikahan Dini” bersama Sahrul Gunawan. Sinetron ini kembali melambungkan nama Agnes Monica dan citranya sebagai artis cilik akhirnya terhapus. Selain itu, Agnes juga berhasil meraih penghargaan “Aktris Favorit” dari Panasonic Awards di tahun 2001 dan 2002, serta SCTV Awards sebagai “Aktris Ngetop” di tahun 2002 melalui aktingnya di sinetron “Pernikahan Dini”. Agnez Mo juga menyanyikan lagu tema “Pernikahan Dini” yang berjudul Pernikahan Dini dan Seputih Hati ciptaan Melly Goeslaw. Agnes juga membintangi sinetron lainnya yang berjudul “Ciuman Pertama, Kejar Daku Kau Ku Tangkap, dan Amanda” pada tahun 2002. Pada saat itu, Agnes Monica berhasil menjadi artis dengan bayaran termahal di Indonesia.

Pada 2003, Agnes Monica menjadi pemeran utama di sinetron “Cewekku Jutek” bersama Roger Danuarta. Di tahun 2004, Agnes membintangi sinetron “Bunga Perawan” dan “Cantik”. Dalam aktingnya di sinetron tersebut, Agnes berhasil meraih penghargaan Panasonic Awards 2003 sebagai “Aktris Terfavorit” dan SCTV Awards 2004 sebagai “Aktris Ngetop”.

Pada tahun 2005, Agnes mulai syuting di luar negeri dan membintangi serial drama Asia yang berjudul “The Hospital” di Taiwan bersama Jerry Yan, anggota F4. Selain itu, Agnes juga syuting di beberapa episode drama “Romance in The White House” bersama Peter Ho. Di Indonesia, Agnes juga memainkan peran di sinetron “Ku Tlah Jatuh Cinta” dan “Pink.” Kemudian, di tahun 2006, Agnes juga membintangi sinetron “Kawin Muda”. Dua tahun kemudian, Agnes membintangi sinetron di RCTI yang berjudul “Jelita”.

Baca juga:#AgnezMo Tagar Terpopuler di Twitter 2019

KARIER INTERNATIONAL

Pada awal 2007, Agnes Monica ditunjuk oleh Drugs Enforcement Administration dan IDEC Far East Region sebagai duta anti-narkoba se-Asia. Pada 23 Juni 2007, Agnez menggelar konser tunggal yang pertama kali di Stadium Negara, Kuala Lumpur, Malaysia, yang disaksikan oleh sekitar 3.000 penonton. Di akhir tahun 2007, Agnes menjadi bintang tamu khusus di panggung Asian Idol.

Pada 4 Oktober 2008, Agnes Monica tampil di panggung Asia Song Festival yang diselenggarakan oleh Korea Foundation for International Culture Exchange di Seoul, Korea Selatan. Acara ini diikuti oleh 24 artis dari 12 negara dan disaksikan oleh 35.000 penonton dan disiarkan di stasiun televisi di 30 negara. Penampilan Agnes di panggung tersebut dengan membawakan lagu ‘Godai Aku Lagi’ dan ‘Shake It Off’ berhasil meraih respons positif dan meraih penghargaan “The Best Asian Artist Awards”.

Di tahun berikutnya, Agnes kembali tampil di panggung yang sama dengan membawakan lagu ‘Shake It Off’, ‘Temperature’, dan ‘Heal The World’. Panggung ini diikuti oleh 14 artis dari sembilan negara dan disaksikan sekitar 40.000 penonton. Untuk kedua kalinya, Agnes pun meraih penghargaan “The Best Asian Artist Awards”. Di tahun yang sama pula, Agnes juga tampil di acara “Festival of Life” di Bali dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia–Jepang.

Pada 2010, Agnes Monica mendapat kehormatan untuk menjadi juri di Indonesian Idol. Namun, keberadaan Agnes sebagai juri tersebut sempat diragukan karena usianya yang masih terlalu muda. Meski demikian, prestasi yang telah dicapai oleh Agnes sangatlah banyak.

Kemudian, doi juga ditunjuk menjadi duta MTV EXIT dalam misi untuk memberantas perdagangan manusia. Di bulan November 2010, Agnes juga ditunjuk sebagai pembawa acara karpet merah ajang penghargaan tahunan American Music Awards yang diselenggarakan oleh Nokia Theatre di Los Angeles, AS.

Pada 2 Februari 2011, Agnes meluncurkan album kompilasi terbaik yang berjudul “Agnes Is My Name”. Album ini berisi sepuluh single pilihan dari 3 album studio sebelumnya dan ditambah dengan lagu ‘Karena Ku Sanggup’” dan ‘Paralyzed’. Uniknya, album ini hanya dijual di seluruh gerai KFC dan berhasil meraih plakat Million Award untuk penjualan lebih dari satu juta keping dalam 4 bulan. Saat peluncuran album tersebut, Agnes menandatangani kontrak Sony/ATV Music Publishing.

Bertepatan dengan perayaan Hari Musik Nasional, Agnes menerima penghargaan Nugraha Bhakti Musik Indonesia (NBMI) dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) atas dedikasi dan sumbangsihnya terhadap kemajuan serta perkembangan dan pelestarian musik Indonesia. Di tahun 2011 pula, ia kembali memenangkan penghargaan Anugerah Musik Indonesia kategori “Artis Solo Wanita Terbaik”.

Pada September 2011, Agnes berduet dengan penyanyi senior AS, Michael Bolton, dengan membawakan lagu ‘Said I Love You… But I Lied’. Lagu tersebut direkam dan menjadi tambahan album Michael Bolton, Gems: The Duets Album, untuk edisi Asia. Kemudian, doi juga berhasil masuk nominasi sebagai “Worldwide Act Asia Pasific” dalam ajang MTV Europe Music Awards 2011. Doi juga menjadi nominator di American Nickleodeon Kids Choice Awards 2012 kategori “Favorite Asian Act”. Meskipun gagal memenangkan dua penghargaan tersebut, Agnes dikabarkan sedang sibuk merampungkan proyek album internasional perdananya di Los Angeles bersama beberapa musisi, seperti produser dan rapper

Timbaland. Pada 2012, Agnes memenangkan kategori “Best Asian Artist Indonesia” di ajang Mnet Asian Music Awards. Pada 2013, Agnes Monica juga mendapatkan penghargaan “Best Celebrity Fashion SHORTY AWARDS 2013”. Nggak hanya di kategori Best Singer, artis multi talenta ini juga berhasil menggeser posisi Justin Bieber dalam kategori “Best Celebrity Fashion SHORTY AWARDS 2013”. Untuk kategori ini, Agnes mengumpulkan 1199 suara, sedangkan Justin Bieber hanya memperoleh 74 suara.

Pada 10 Oktober 2017, Agnez Mo merilis album studio kelimanya yang berjudul “X”. Album ini merupakan album debut internasionalnya. Terdapat 10 lagu dalam album tersebut, yakni ‘Million $ Lover’, ‘Long AS I Get Paid’, ‘Sorry’, ‘Level Up!’, ‘Wanna Be Loved’, ‘Backroom’, ‘Karma’, ‘Damn I Love You’, ‘Beautiful Mistake’, dan ‘Get What You Give’. Single ‘Long As I Get Paid’ menjadi video musik tercepat yang mencapai 1 juta tayangan dalam waktu 18 jam setelah dirilis.

FAKTA TERKINI AGNES MONICA (2020)

Sejak kecil, Agnes Monica alias Agnez Mo telah terkenal akan kepiawaiannya dalam menyanyi dan berakting. Doi juga nggak segan untuk berbagi cerita tentang pengalamannya, terutama saat dirinya menjadi juri di Indonesian Idol. Sejak merilis album terakhirnya pada 2017, Agnez Mo masih belum merilis album dan lagu baru hingga saat ini. Namun, pada November 2019, Agnes menuai kontroversi dengan mengaku numpang lahir di Indonesia dan bukan berdarah Indonesia. Di tahun 2020, terdapat berita palsu yang mengabarkan bahwa Agnes Mo meninggal dunia.

Baca juga:Kolaborasi Agnez Mo dan Steve Aoki Menghasilkan Single ‘Girl’

NUMPANG LAHIR DAN BUKAN BERDARAH INDONESIA

Saat menjadi bintang tamu dalam acara “BUILD Series” di New York, Amerika Serikat, Agnes Monica mengaku bahwa dirinya nggak memiliki darah Indonesia, tetapi berdarah Jerman, Jepang, dan China. Selain itu, doi juga mengatakan bahwa dirinya hanya numpang lahir di Indonesia. Doi juga menyebutkan bahwa dirinya bukan bagian dari mayoritas agama yang ada di Indonesia.

Akibat pernyataan tersebut, Agnes menuai berbagai kecaman dari masyarakat Indonesia, termasuk artis Indonesia seperti Nikita Mirzani. Mereka menganggap bahwa Agnez Mo seperti kacang lupa kulit, dan bahkan meragukan nasionalismenya. Tetapi, nggak sedikit pula yang membela Agnez Mo dalam kontroversi ini, bahkan artis–artis Indonesia juga membelanya, seperti Boy William, Regina Ivanova dan Indra Bekti. Agnez pun sudah mengklarifikasi pernyataannya tersebut.

BERITA PALSU AGNES MONICA MENINGGAL DUNIA

Pada pertengahan 2020, terdapat kabar terkait Agnes Monica meninggal dunia tersebar di media sosial. Berita tersebut dibagikan oleh sebuah situs dengan tajuk “Berita Duka Agnes Monica Dikabarkan Meninggal Karena Dibunuh Di Sebuah Salon Di Jakarta”. Setelah ditelusuri, ternyata berita tersebut adalah hoaks alias berita palsu. Ternyata, Agnes Mo yang dimaksud adalah pemilik Salon Agnes yang terletak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Oalah, beibeh.

Penulis: Leonardo Forestin
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Agnez Mo

Kolaborasi Agnez Mo dan Steve Aoki Menghasilkan Single 'Girl'

Steve Aoki dan Agnez Mo (Foto: Instagram.com/@agnezmo). DJ superstar berdarah Jepang yang berwarga negara Amerika Serikat, Steve Aoki mengumumkan kolaborasi

on Mar 25, 2020
AGNEZ MO X DINAH JANE

Agnez Mo Menjadi 'Special Guest' Sebagian Besar Jadwal Tur Dun...

Dinah Jane (Foto: Dennis Leupold) X Agnez Mo (Foto: Glenn Francis) Mantan personil Fifth Harmony, Dinah Jane siap menyambangi negara-negara bagian di Amerik

on Jan 23, 2020
Stephanie Poetri & Agnez Mo

Stephanie Poetri Dan Agnez Mo Masuk Nominasi iHeartRadio Music Awards ...

Stephanie Poetri dan Agnez Mo Dua nama penyanyi ini Agnez Mo dan Stephanie Poetri memang sudah dikenal secara internasional. Pertama, Stephanie Poetri yang

on Jan 9, 2020
Agnez Mo

#AgnezMo Tagar Terpopuler di Twitter 2019

Agnez Mo (Foto: Instagram) Berbagai momen telah terjadi sepanjang tahun 2019 dalam platform media sosial Twitter. Twitter merupakan media sosial yang kerap

on Jan 3, 2020