<-- Google Tag Manager -->
×
×

Search in Mata Mata Musik

Akankah BTS Cari Member Baru untuk Gantikan Posisi Jin?

Posted on: 10/31/19 at 1:54 pm

Umur superstar K-pop BTS mungkin lebih pendek dari yang kita perkirakan. Namun, itu bukan karena kurangnya dukungan fans ataupun pertikaian dalam tubuh grup.

Baca juga: RM & Jungkook BTS Nangis dalam Konser Perpisahan Era Love Yourself

Seperti yang sudah menjadi rahasia umum, pria Korea Selatan berusia antara 18-28 tahun diharuskan menjalani wajib militer setidaknya selama 21 bulan. Sementara itu mungkin tidak tampak seperti jumlah waktu yang signifikan yang dapat membesarkan atau mengakhiri karier, BTS telah memperoleh cukup banyak pencapaian dalam 21 bulan terakhir mereka. 

Dalam waktu kurang dari dua tahun, boyband ini menjadi pemenang K-pop pertama di ajang VMAs, memecahkan berbagai rekor di YouTube, dan mencetak sejarah sebagai grup K-pop pertama yang mendapat nominasi Grammy. 

Mengingat semua itu dapat dilakukan dalam 21 bulan (yah, setidaknya kalau kamu superstar dunia seperti BTS), mungkin sangat menakutkan bagi personil BTS mana pun untuk memikirkan harus mundur dari grup di masa-masa kejayaan mereka—tapi itulah kenyataan yang harus dihadapi member tertua grup, Jin. 

Penyanyi-penulis lagu ini akan berusia 28 tahun di 2020, yang berarti dia telah menunda wajib militernya selama mungkin. Dengan kepergian Jin dalam waktu dekat, apakah BTS mempertimbangkan akan mengganti dirinya dengan member baru? 

Kalau menyangkut soal BTS, dijamin tidak ada member yang ditinggal

BTS
BTS baru akan kumpul bersama lagi setelah semua selesai wajib militer di 2028. (Foto: Kevin Winter/Getty Images)

BTS Army dapat bernapas lega karena tampaknya Jin tidak akan digantikan siapa pun saat dia memulai wamil. 

Baca juga: Langkah BTS Rilis Ulang “Make It Right” Sangat Cerdas, Ini Alasannya

Pasalnya di 2018, BTS memperpanjang kontrak mereka dengan Big Hit Entertainment hingga 2026, seperti dilansir Forbes. Itu berarti, perusahaan tahu member BTS akan menjalani hiatus selama beberapa tahun, tetapi akan tetap berusaha menjaga momentum dan “memberikan dukungan sistematis dan investasi” kepada grup (via Forbes). 

Boyband beranggotakan tujuh personil ini telah mencapai kesuksesan bersama dan sepertinya proses pemikiran Big Hit adalah: jangan memperbaiki apa yang tidak rusak. 

“Filosofi kami adalah kami harus memberikan yang terbaik untuk artis yang mencapai kesuksesan global yang belum pernah terjadi sebelumnya,” jelas Big Hit, seperti dilaporkan Billboard

Walaupun BTS secara teknis bisa menjalani wamil bersama, mereka belum memberikan indikasi akan melakukan itu sampai mereka benar-benar harus melakukannya—ditambah, hal itu akan meninggalkan celah yang besar di dunia hiburan selama beberapa waktu. 

Namun, fans sudah mulai menyiapkan hati untuk menerima kenyataan bahwa grup kesayangan mereka harus timpang sampai semua personil akhirnya dapat kembali bersama lagi di 2028. 

Terlepas dari kepergiannya yang akan datang, Jin tampaknya tenang-tenang saja dengan apa yang harus dilakukan. “Sebagai orang Korea, itu wajar,” kata Jin pada CBS Sunday Morning pada bulan April 2019. “Dan, suatu hari nanti, saat tugas memanggil, kami akan siap menanggapi dan melakukan yang terbaik.” 

Tetapi ternyata, tidak semua personil sepenuhnya siap untuk menerima masa depan. Maknae alias member termuda BTS, Jungkook, menambahkan, “Saya tidak ingin memikirkannya saat ini. Kami sedang menikmati kesuksesan kami.” 

Baca juga: BTS Diam-Diam Selipkan Petunjuk Comeback di Konser Final?

Selain menikmati kesuksesan besar sebagai grup, beberapa personil juga menikmati kesuksesan solo dari mixtape dan kolaborasi dalam beberapa tahun terakhir. Kemandirian ini membuktikan mereka dapat bertahan menghadapi gelombang wamil yang akan datang dengan fokus pada karier solo dan subunit sampai mereka semua kembali bersama. 

Dan kalau mereka benar-benar merasa perlu memasukkan orang lain ke dalam grup, Halsey sepertinya sangat cocok menjadi kandidat member sementara—lihat saja koreografinya bersama BTS di “Boy With Luv.”

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BLACKPINK

Comeback BLACKPINK Ditunda, BLINK Tidak Terima

Kehadiran musik baru BLACKPINK yang sangat dinanti-nantikan harus ditunda hingga tahun 2020 dan para BLINK yang kecewa menuntut jawaban dari label rekaman girl

on Nov 14, 2019
GOT7

GOT7 Hampir Sejajar dengan BTS Berkat EP Call My Name

GOT7 kembali memasuki chart dengan pencapaian baru. Call My Name, mini album terbaru dari boyband K-pop ini, debut di No. 5 pada chart World Albums Bi

on Nov 14, 2019
EXO

Chanyeol EXO Berhadapan dengan Kembarannya di Teaser Obsession

Sebentar lagi EXO akan melakukan comeback mereka dengan album keenam bertajuk Obsession pada 27 November mendatang. Untuk menyambut lanjutan dari album Love Sh

on Nov 13, 2019
BLACKPINK

BLACKPINK Kantongi 1 Miliar Views untuk Video “Ddu-Du Ddu-Du”

BLACKPINK baru saja memecahkan rekor baru dengan “Ddu-Du Ddu-Du” yang resmi menjadi video musik pertama dari grup K-pop yang mendapat 1 miliar views di Yo

on Nov 12, 2019