×
×

Search in Mata Mata Musik

Akankah Reunian Hole Jadi Kenyataan?

Posted on: 04/25/19 at 3:57 pm

Sepertinya band grunge ikonik milik Courtney Love, Hole, bisa saja kembali dengan lineup komplit mereka dari tahun 90an.

Oleh Philip Trapp (Loud Wire)

Baca Juga: Jason Mraz Berkolaborasi Dengan Reneé Dominique!

Minggu ini, Auf der Maur berbincang dengan majalah asal Jerman Visions tentang pertemuannya baru-baru ini dengan mantan rekan segrupnya di Hole, Patty Schemel dan Eric Erlandson.

Keduanya masing-masing adalah pemain drum dan gitaris Hole, yang ikut meramaikan gemuruh gitar dan vokal dari Auf der Maur dan Love ketika band ini merekam album mereka di 1998, Celebrity Skin. Kini, lebih dari 20 tahun kemudian, sang musisi mengatakan obrolan yang berlangsung saat ketiganya sarapan bersama membuat mereka semakin ingin mengadakan reuni Hole.

“Kami semua sudah lebih tua, sudah lebih halus, dan saya rasa sekarang adalah saat yang tepat untuk sekali lagi menghidupkan kembali band ini,” jelas Auf der Maur, seperti yang dilansir dari NME, sebelum merujuk pada reuni singkat Hole di tahun 2010-2012. “Kami melakukan beberapa pertunjukan kecil selama bertahun-tahun tetapi tidak ada yang substansial.”

Auf der Maur keluar dari Hole di 1999, kemudian mengisi posisi D’arcy Wretzky di Smashing Pumpkins selama periode album Machina mereka.  Namun, dia mengatakan saat ini waktunya Hole merebut kembali reputasi mereka di masa lalu.

“Sekarang sudah tepat 20 tahun sejak saya meninggalkan band ini, dan saya ingin sepotong kejayaan kami kembali,” lanjut Auf der Maur tentang Hole, yang pertama kali bubar di 2002. “Hole adalah band yang hebat, dan penting untuk mengingatnya dengan benar.”

Sang bassist lebih lanjut menekankan prestasi musik mantan teman sebandnya, Courtney Love, khususnya dalam bayangan mendiang suami Love, vokalis Nirvana Kurt Cobain, yang bunuh diri seminggu sebelum album Hole Live Through This dirilis 25 tahun yang lalu.

“Kurt Cobain mungkin adalah ikon rock terbesar di generasinya, tetapi [itu] tidak seharusnya membayang-bayangi pencapaian Courtney,” imbuh Auf der Mer terkait materi yang ditemukan di Celebrity Skin, Live Through This, dan album debut mereka di 1991 Pretty on the Inside. “Dia pantas mendapatkan lebih banyak penghormatan, karena tiga album ini menonjolkan karier yang singkat namun tidak ada taranya.”

Auf der Maur sebelumnya mengharapkan reuni Hole, tetapi mengecilkan kemungkinannya di 2014. Tiga tahun lalu, Love memicu rumor reuni Hole dengan mengunggah foto dirinya bersama Auf der Maur dan Schemel di media sosial.

Tetapi, rumor reuni tersebut terhenti karena Love hanya tertarik untuk kembali jika ada sesuatu untuk dikerjakan. Dia menambahkan, “Saya tidak bisa hidup di sirkuit masa lalu … Sulit menyatukan kembali Hole dan memastikan bahwa band ini masih relevan.”

Keterangan Foto Utama: Melissa Auf der Maur dan Courtney Love di tahun ’90-an. (Foto: The LIFE Picture Collection/Getty Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Gitar Kurt Cobain

    Gitar Kurt Cobain di Konser MTV Unplugged Dilelang Laku Rp 85 Miliar

    Kurt Cobain saat konser legendaris Nirvana, MTV Unplugged. Gitar Kurt Cobain dari konser legendaris Nirvana di acara MTV Unplugged telah laku dijual dengan

    on Jun 23, 2020
    Kurt Cobain

    Mengenang 26 Tahun Silam: Hari-Hari Terakhir Kurt Cobain Yang Tragis

    Kurt Cobain, ikon Grunge yang karyanya terus berdengung sepanjang zaman. (Foto: CoS). Kurt Cobain memang salah satu musisi legendaris "live fast die young".

    on Apr 6, 2020
    Reuni The Pussycat Dolls

    Reuni The Pussycat Dolls Tanpa Melody, Publik Ramai Bergunjing

    Pussycat Dolls kembali menjadi perbincangan utama, ketika mereka bersatu kembali dalam penampilan menggoda di final X Factor, Sabtu (30/11). Penggemar sedik

    on Dec 5, 2019
    The Pussycat Dolls

    Reuni The Pussycat Dolls, Bawakan Single baru "React"

    The Pussycat Dolls kembali reuni di penampilan final X Factor Inggris, Sabtu (30/11). Mereka membawakan lagu-lagu andalan dengan performa yang relatif menakjub

    on Dec 1, 2019