×
×

Search in Mata Mata Musik

Akhir Tahun, Spotify Wrapped Rangkum Musik Favoritmu

Posted on: 12/7/19 at 4:43 pm

Platform streaming musik Spotify baru-baru ini menggulirkan fitur khas di akhir tahun, yakni Spotify Wrapped. Fitur tersebut bakal menampilkan deretan lagu dan musisi yang paling banyak Kamu dengarkan sepanjang tahun.

Baca juga: ByteDance Siap Tantang Spotify & Apple Music di Pasar Streaming Musik

Fitur tersebut diluncurkan beberapa kali menjelang tutup tahun. Hal ini sekilas tampak biasa, mengingat sudah menjadi agenda rutin untuk melihat statistik musik yang kita nikmati saban akhir tahun. Tak hanya musik, Spotify Wrapped 2019 juga menampilkan podcast yang kerap Kamu dengarkan di Spotify.

Jika Kamu mengetik di Google “spotify wrapped,” maka bakal menemukan banyak liputan berita tentang cara menyusun daftar tersebut. Namun, kurang lebih cara membuatnya sebagai berikut:

Baca juga: Spotify dan Vans Kolaborasi Luncurkan Playlist “Off the Wall”

1. Buka https://www.spotify.com/id/wrapped/ di ponsel atau komputermu. Ini bisa dibuka meski pengguna tak masuk golongan Premium.

2. Masuk atau login ke akun Spotify Kamu.

3. Spotify bakal menampilkan info musik apa yang Kamu dengar tiap bulannya sepanjang 2019. Fitur ini pun memperlihatkan apakah selera musik Kamu berubah dari waktu ke waktu.

4. Ketuk arah panah ke bawah guna menyaksikan semua statistikmu. Akan ada 15 laman.

5. Beberapa laman akhir akan menampilkan musisi dan lagu yang banyak Kamu dengar di 2019, serta genre teratas serta berapa menit Kamu menghabiskan waktu mendengar musik di Spotify.

6. Kamu bisa membagikan statistik ini di media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram Story.

Spotify Wrapped sendiri memang tidak benar-benar representatif mewakili selera musik dan tingkah laku warganet. Bagaimana dengan angka-angka yang ditampilkan dari pendengar di YouTube, di pesta-pesta di mana orang lain menunjukkan musik di akun Spotify mereka, atau di konser.

Baca juga: Spotify Hadirkan Aplikasi Khusus untuk Anak-Anak, Spotify Kids

Jadi presentasi data menunjukkan hasil yang akurat hingga akhirnya mereka tidak akurat lagi, atau sampai tidak masalah; kami sudah membanjiri pasar media sosial.

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Doomday

    Doomsday Vault, Gudang Besi Pelestari Rekaman Musik Di Hari Kiamat

    Global Music Vault (Foto: via Instagram). Doomsday Vault alias gudang besi hari kiamat. Wow! Terdengar mengejutkan sekaligus menakjubkan. Mulai musim semi m

    on Jul 7, 2021
    MMM Playlist Top 20 Internasional Minggu #3 Juni 2021

    MMM Playlist Juni 2021 #3: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Chart

    MMM Playlist edisi bulan Juni 2021 minggu ketiga untuk 20 lagu internasional teratas. Daftar lagu dari artis manca negara yang dirilis dalam kurun wak

    on Jun 21, 2021
    Hari Musik Sedunia

    Hari Musik Sedunia 2021: Sejarah, Signifikansi dan Kutipan Ikonik

    Perayaan Make Music Day 2019 di hampir seluruh kota AS (Foto: MakeMusicDay.org). Hari Musik Sedunia adalah perayaan musik tahunan yang berlangsung tiap tang

    on Jun 21, 2021
    Spotify

    Spotify Kurangi Royalti Artis, Kongres AS Kirim Surat Terbuka Ke Danie...

    Dua anggota tinggi Komite Kehakiman Kongres Amerika Serikat (AS) telah mengirim surat terbuka kepada CEO Spotify Daniel Ek. Untuk menyelidiki Mode Penemuan

    on Jun 4, 2021