×
×

Search in Mata Mata Musik

Akhirnya ‘Binar Wajah Sebaya’ Dirilis Morfem, Mini Album Gagah Penuh Cinta

Posted on: 04/30/20 at 10:00 am

Morfem.
Morfem, 2020. (Foto: dok. Morfem).

Sejak 27 April lalu, Morfem telah membuat kegaduhan dengan merilis video single ‘Binar Wajah Sebaya’. Sebuah video bergaya animasi yang penuh karakter imajiner ganjil dan dua anak kecil yang bermain bersama mereka. Karakter-karakter ini menyatu dengan sound Morfem yang berisik dan lagu yang tipis-tipis bernuansa pop, lengkap dengan lirik bahasa Indonesia tegas, dan berkesan gagah. Sebuah lagu cinta tanpa memasukkan unsur kata cinta sepatahpun.

Dengan ditayangkannya premiere video musik single tersebut, maka mini album alias EP Binar Wajah Sebaya resmi dirilis dalam format CD. Mini album ini selain menampilkan single terbaru, juga merangkum 4 lagu lama yang direkam ulang. Musik ‘Binar Wajah Sebaya’ pertama kali digubah oleh Pandu Fuzztoni (gitaris), lalu Jimi Multhazam (vokal) merespons dengan lirik dan lagunya. Aransemen digarap langsung bersama Yusak Anugerah (bass) dan Freddie Alexanders Warnerrin (dram).

Secara lirikal lagu ‘Binar Wajah Sebaya’ menceritakan tentang pengalaman pertama anak kecil terhadap sensasi asmara. Namun lucunya, dia tidak mengerti apa yang sedang terjadi, mengapa wajah justru berbinar di tengah keanehan pikiran dan kegugupan rasa yang bertubi-tubi.

Rekaman dikerjakan di Starlight Studio, Jakarta Timur. Pandu merangkap sebagai produser rekaman mini album ini. Dibantu oleh engineer muda kawan sepermainan Morfem, Djati Seno. Sedangkan urusan mastering dipercayakan kepada Sage, Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Morfem Rayakan Record Store Day, Rilis Apapun Dilibas!

Pertimbangan untuk merekam ulang lagu lama hanya karena alasan sederhana, Morfem belum terpuaskan atas hasil rekaman album sebelumnya. Bukan kebetulan jika lagu yang dipilih juga memiliki tema yang sama dengan Binar Wajah Sebaya. Konsep mini album terbaru ini juga merupakan pendinginan suasana setelah hingar bingar mini album sebelumnya yang berjudul Apapun Dilibas. Dirilis dalam format kaset pada tahun 2019.

Dwiky KA adalah seniman asal Surabaya yang dipercayakan menggarap cover album pada awalnya. Namun setelah melihat hasil garapannya, akhirnya Morfem menantang Dwiky untuk membuat video animasinya. Tantangan ditanggapi Dwiky dengan percaya diri. Terciptalah video musik yang ajaib tersebut. Perkenalan Dwiky dengan Morfem terjadi ketika menggarap poster gigs berkala bernama Thursday Noise beberapa tahun silam. Dwiky paham betul karakter sound Morfem, hal ini memudahkannya untuk menerjemahkan lagu ‘Binar Wajah Sebaya’, dan berhasil menuangkan liriknya dalam bentuk visual.

CD Binar Wajah Sebaya EP diedarkan oleh Ten.Us Yogyakarta, yang pernah merilis mini album Morfem sebelumnya dan menggagas mini konser Morfem di Yogyakarta dan Solo beberapa tahun silam.

Agenda tur promo Morfem yang rencananya akan berlangsung tidak lama setelah rilis terpaksa tertunda dikarenakan wabah Covid 19 dan diberlakukannya social distancing. Penyebaran single ‘Binar Wajah Sebaya’ pada akhirnya dilakukan secara viral dengan mengadakan jamming virtual menggunakan hashtag #NgejamBarengMorfem #morfemchallenge di Instagram, responnya cukup seru dan kreatif.

Cover mini album “Binar Wajah Sebaya” oleh Morfem.

Mini album ini berisikan 5 lagu cinta Morfem yang gagah, yaitu:

  1. Binar Wajah Sebaya
  2. Tiba-tiba Terjadi
  3. Bocah Cadel lampu Merah
  4. Planet Berbeda
  5. Senjakala Cerita

Ok, ladies and gentleman, give it up to ‘Binar Wajah Sebaya’…

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Grrrl Gang

    Grrrl Gang Bagikan Kisahnya Di Amerika Dalam MV 'Honey, Baby', Single ...

    Grrrl Gang. (Foto: Carkultera). Setelah lama enggak merilis musik baru, akhirnya trio alternative pop rock asal Yogyakarta, Grrrl Gang kembali menyuguhkan s

    on Feb 17, 2021
    BIAS

    Alt-Rocker Bias Angkat Kesetaraan Gender Via Single 'Selir Pemberontak...

    Bias. (Foto: dok. Bias). Semua orang enggak wajib jadi Feminis, tapi semua orang wajib jadi Humanis. Kesetaraan, keharmonisan, dan simbiosis mutualisme anta

    on Feb 1, 2021
    Album Rock & Metal Paling Diantisipasi 2021

    30 Album Hard Rock & Heavy Metal Paling Diantisipasi Di Tahun 2021

    Tahun 2020 enggak cuma meluluh-lantakkan industri musik, melainkan semua lini kehidupan di dunia. Sementara ini kita memang masih berada di masa pandemi Co

    on Jan 31, 2021
    Boom Boom Car

    Alt-Rocker Boom Boom Car Gambarkan Manusia Serakah Via Single ‘Binat...

    Boom Boom Car. (Foto: dok. Boom Boom Car). Boom Boom Car (BBC) adalah band alternative rock asal Malang yang beranggotakan Hamzah (vokal), Faiq (gitaris uta

    on Jan 28, 2021