×
×

Search in Mata Mata Musik

Akun Twitter Kanye West dan Selebriti Lainnya Diserang Hacker Penipuan Bitcoin

Posted on: 07/17/20 at 7:30 am

Akun Twitter Kanye West dan Selebriti Lainnya Diserang Hacker Penipuan Bitcoin
Kanye West. (Foto: Brad Barket/Getty Images for Fast Company).

Akun dari beberapa pengguna Twitter selebriti beken, termasuk kandidat presiden Amerika Serikat (AS) dari partai Demokrat Joe Biden, CEO Tesla dan Space X Elon Musk dan musisi/desainer triliuner Kanye West, telah ­dihack alias diretas pada hari Rabu sore lalu.

Baca juga: Chance The Rapper: Kenapa Joe Biden Lebih Baik Daripada Kanye West Atau Trump?

Semua akun-akun itu mencuit/tweet pesan serupa yang menawarkan untuk “berdonasi kembali kepada komunitas” yang tampaknya merupakan penipuan cryptocurrency. Mereka semua membagikan tautan alamat dompet Bitcoin yang sama dan memberi tahu para pengguna Twitter bahwa mereka akan menggandakan setiap jumlah donasi yang dikirim.

Akun yang membagikan pesan tersebut termasuk mantan CEO Microsoft Bill Gates, CEO Amazon Jeff Bezos, mantan presiden AS Barack Obama dan mantan walikota New York City Mike Bloomberg. Akun untuk merek-merek global seperti Apple dan Uber juga kena kasus peretasan tersebut.

Sekitar satu jam setelah cuit pertama kali mulai muncul, pihak Twitter Support memposting bahwa mereka telah mengetahui bahwa ada insiden keamanan yang sedang terjadi. “Kami sedang menyelidiki dan mengambil langkah-langkah untuk memperbaikinya,” tulis cuit itu. “Kami akan segera mengabarkan semua orang”.

Alamat dompet Bitcoin yang terkait dengan pesan itu menunjukkan aktivitas yang reguler, menunjukkan bahwa beberapa pengguna Twitter mungkin telah tertipu oleh upaya tersebut. Menurut Blockchain.com, yang mempublikasikan aktifitas transaksi cryptocurrency secara umum, alamat Bitcoin tersebut telah menerima lebih dari US$ 110 ribu atau sekitar Rp 1,6 miliar).

Pada Rabu malam lalu, CEO Twitter Jack Dorsey memposting, “Hari yang berat bagi kami di Twitter. Kami mendiagnosis dan akan membagikan apa pun yang kami bisa ketika kami memiliki pemahaman yang lebih lengkap mengenai apa yang telah terjadi”.

Baca juga: Jamie Foxx Sebut Niat Kanye West Untuk Jadi Presiden AS Hanya Omong Kosong

Akun Twitter Support ditindaklanjuti dengan serangkaian pesan, memberi tahu pengguna Twitter bahwa sebagian besar akun seharusnya sudah dapat mencuit lagi tetapi fungsionalitasnya dapat “datang dan pergi” seiring karyawan mereka terus berusaha untuk mengurus layanannya agar dapat kembali normal. Perusahaan itu juga mengatakan bahwa penyelidikannya masih berlangsung tetapi mereka telah mendeteksi “apa yang kami yakini sebagai serangan rekayasa sosial yang terkoordinasi oleh orang-orang yang berhasil menargetkan beberapa karyawan kami dengan akses ke dalam sistem dan alat-alat internal”. Twitter juga mengatakan bahwa mereka sedang mencari informasi lain apa lagi yang mungkin telah diakses oleh para peretas.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Mental Trip

Mental Trip Fitur Insane & Dionaldy Rilis 'Lompat Jurang' Tentang Kehi...

Setelah merilis mini album alias EP pada 26 Juni 2020 lalu, Mental Trip kali ini merilis sebuah single baru yang berjudul 'Lompat Jurang'. Dalam lagu ini M

on Oct 19, 2020
Alex Skolnick

WTF! Alex Skolnick (Testament) Ternyata Bisa Nge-Rap Dan Sudah Merilis...

Alex Skolnick (Testament). (Foto: Kid Logic Media). Gitaris virtuoso Testament, Alex Skolnick sejak lama dianggap sebagai salah satu gitaris thrash metal te

on Oct 14, 2020
Saykoji

Lewat 'SideHustle', Saykoji Gaet Iwa K & Ras Muhamad Sebarkan Spirit O...

Persatuan hip-hop dan reggae (ki-ka): Iwan K, Saykoji, Ras Muhamad. Pandemi mengubah jalan pikiran semua orang, mau nggak mau survival adalah hal utama yang

on Oct 11, 2020
Kanye West

Berseteru Dengan Universal Music dan Sony/ATV, Kanye West Kencingi Pia...

Kanye West (Foto: Brad Barket/Getty Images for Fast Company) / Piala Grammy dikencingi. (Foto: Twitter Ye). Dengan terhitung hanya 47 hari dari hari pelaksa

on Sep 17, 2020