×
×

Search in Mata Mata Musik

Alasan Video BTS & BLACKPINK Dihapus Sementara Dari Youtube!

Posted on: 01/18/19 at 5:37 pm

Pada hari Selasa kemarin, beberapa video musik K-pop yang populer sempat dihapus dari YouTube karena klaim hak cipta. 

Oleh: Tamar Herman. (Billboard)

Walaupun video-video tersebut sudah kembali sekitar satu jam kemudian, YouTube sejak menyatakan bahwa kejadian tersebut adalah “klaim yang salah” dan sedang diselidiki.

“Likey” dan “Like Ooh-Ahh” dari TWICE, “Singularity” oleh BTS ‘V, “Ddu-Du Ddu-Du” dari BLACKPINK”, ” SOLO “oleh Jennie BLACKPINK,” Flower Road” dari BIGBANG,dan “New Face” dari PSY adalah beberapa video yang dihapus sementara dari situs setelah perusahaan Aiplex Private Software Limited mengajukan klaim hak cipta. Video musik tersebut dikembalikan tak lama setelah dihapus.

Pada hari Rabu (16/01), YouTube merilis pernyataan yang menjelaskan apa yang terjadi dengan video tersebut.”Kami mengandalkan pemegang hak cipta untuk hanya mengklaim konten yang benar-benar mereka miliki, dan diharuskan oleh hukum untuk menghapus konten itu ketika diberi tahu,” menurut juru bicara YouTube. “Kami memiliki tim peninjau yang bekerja untuk menangkap dan mencegah klaim yang tidak akurat, mengambil tindakan terhadap pemegang hak cipta yang dengan sengaja atau berulang kali menyebabkan kekeliruan, dan kami menawarkan proses sengketa yang kuat bagi pengguna yang percaya bahwa video mereka diklaim sebagai kekeliriuan”.

Baca Juga: Burn the Stage: The Movie Segera Tayang di YouTube!

YouTube juga mengatakan tidak memediasi klaim hak cipta, tetapi masalahnya adalah di antara pihak yang terlibat. Namun, ketika situs diberitahu tentang potensi pelanggaran hak cipta oleh pemegang hak, itu diwajibkan oleh hukum untuk menghapus konten yang dipermasalahkan.

Perusahaan juga mengatakan sedang menyelidiki potensi pelanggaran dan akan mencabut akses ke alat-alat hak cipta tertentu jika ada penyalahgunaan berulang dari sistem.

Keterangan Foto Utama: Video musik K-Pop. (Foto: Google Images)

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter