×
×

Search in Mata Mata Musik

Album AC/DC “Power Up” Debut No. 1 Chart Billboard 200 Di AS, Australia, Inggris

Posted on: 11/24/20 at 10:30 am

Album AC/DC "Power Up" Debut No. 1 Chart Billboard 200 Di AS, Australia, Inggris
AC/DC. (Foto: Columbia Records).

Meski terbilang rocker gaek, sengatan elektrik AC/DC tetap bervoltase tinggi terhadap blantika musik rock dunia. Legenda hard rock kebangsaan Australia ini melanjutkan comeback sukses mereka dengan album baru Power Up yang debut No. 1 di chart album Billboard 200. Power Up adalah album kategori hard rock pertama yang menduduki puncak tangga lagu sejak album Tool Fear Inoculum melakukan hal yang sama lebih dari setahun yang lalu. Tahun ini tahtanya dipegang oleh AC/DC.

Baca juga: Sambut Album “Power Up”, AC/DC Kolab Dengan DC Shoes Rilis Sepatu dan Merch

Album terbaru Angus Young ce-es ini mencapai angka penjualan yang setara dengan 117.000 unit album pada minggu pertama perilisannya di Amerika Serikat, dengan 111.000 di antaranya dalam penjualan album murni. Kira-kira 71.000 dari penjualan album berasal dari CD, termasuk versi deluxe set yang dilengkapi box lampu. Sedangkan, sekitar 16.000 adalah vinyl, dan 23.000 adalah unduhan digital.

AC/DC juga mencetak “pemuncak chart” dengan single pertama dari Power Up, ‘Shot in the Dark’. Lagu ini mencapai No. 1 di tangga lagu Mainstream Rock Songs Billboard, yang bertahan selama dua minggu berturut-turut.

Power Up juga meraih kesuksesan internasional, memuncaki tangga album di Tanah Air kelahiran AC/DC di Australia, serta Inggris Raya dan beberapa negara lainnya.

Selain pencapaian penjualannya yang bagus, Power Up telah menerima pujian kritis dari berbagai media dan fans, di antaranya CoS menyebutnya sebagai “album AC/DC terbaik sejak The Razors Edge tahun 1990-an”. Seperti yang dikatakan gitaris Guns N ‘Roses, Slash, itu adalah “album hebat”.

Power Up adalah album pertama AC/DC sejak Rock or Bust tahun 2014. Album baru ini juga menandakan kembalinya vokalis Brian Johnson, dramer Phil Rudd, dan bassis Cliff Williams, yang semuanya keluar dari band karena berbagai alasan pada saat “Rock or Bust Tour” berakhir pada tahun 2016.

Baca juga: AC/DC Kembali Berikan Sengatan Rock N’ Roll Konstan Dengan ‘Shot In The Dark’

Kalau lo belum membeli album Power Up, Power Up tersedia dalam berbagai format di sini. Untuk edisi deluxe yang ada box lampunya, yang disebutkan di atas lo bisa pesan di sini. Benar-benar tua-tua keladi.

Artwork sampul album Power Up oleh AC/DC.
Artwork sampul album Power Up oleh AC/DC.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Burung Beo Nyanyi

    Seekor Burung Beo Berbakat Menyanyikan Lagu-Lagu Led Zeppelin, GNR, Va...

    Tico, si burung beo bersama majikannya, Frank Maglio. (Foto: via YouTube). Burung beo rocker. Yoi, ada seekor burung beo yang memiliki suara bagus dan gemar

    on Jan 19, 2021
    Musisi Alih Profesi

    10 Musisi Rock Yang Meninggalkan Musik Demi Mengejar Karier Lain

    Ki-ka: Dave Rowntree (Blur), Greg Graffin (Bad Religion), Dan Spitz (eks-Anthrax)/insert foto, Terry Chimes (eks-The Clash). Mengejar atau meniti karier mus

    on Jan 17, 2021
    Rage Against The Machine

    Rage Against The Machine Rilis "Killing In Thy Name", Film Dokumenter ...

    Rage Against The Machine. (Foto: dok. band). Musik Rage Against The Machine (RATM) telah menjadi latar yang sangat pas untuk peristiwa sosial-politik yang g

    on Jan 16, 2021
    Tim Bogert

    Bassis Rock Legendaris Tim Bogert (Vanilla Fudge, Cactus) Meninggal Du...

    Tim Bogert. Tim Bogert, bassis dan vokalis dari band pionir psychedelic rock Vanilla Fudge, meninggal dunia di usia 76 tahun setelah berjuang melawan kanker

    on Jan 14, 2021