×
×

Search in Mata Mata Musik

Album-Album Van Halen Kembali Masuk Chart Setelah Penjualannya Melonjak 7.600%

Posted on: 10/9/20 at 2:30 pm

Album-Album Van Halen Kembali Masuk Chart Setelah Penjualannya Melonjak 7.600%
Van Halen circa 1984 (ki-ka): Eddie Van Halen, Michael Anthony, Alex Van Halen, David Lee Roth. (Foto: Fryderyk Gabowicz/picture-alliance/dpa/AP).

Para fans Van Halen masih terus berduka atas kematian Eddie Van Halen dengan melakukan berbagai hal untuk mengenang dan memberi penghormatan alias tribute kepada sang dewa gitar rock itu. Salah satunya adalah dengan mendengarkan musiknya melalui streaming di gerai digital dan membeli albumnya secara massif sehingga dua album Van Halen melonjak dan kembali masuk ke tangga album.

Baca juga: 10 Momentum Riff Terbaik Eddie Van Halen Di Sepanjang Karier Sang Guitar God

Album debut self-titled Van Halen, yang menduduki peringkat 27 di daftar “100 Album Debut Terbaik Sepanjang Masa” majalah Rolling Stone, kini memasuki versi hariannya di Tangga Album Top 200 Rolling Stone bertengger di peringkat 79. Sedangkan album 1984, yang bermuatan lagu hits besar mereka, ‘Jump’, ‘Panama’ dan ‘Hot for Teacher’, memasuki tangga album di peringkat 114. Tangga Album Top 200 Rolling Stone memberi peringkat album teratas minggu ini berdasarkan unit album, angka yang menggabungkan penjualan album digital dan fisik, penjualan lagu digital, dan streaming audio menggunakan sistem pembobotan khusus. Bagannya diperbarui setiap hari, dengan versi resmi bagannya diterbitkan setiap hari Senin.

Dari Senin hingga Selasa, streaming untuk lagu-lagu dari album Van Halen dan 1984 melonjak masing-masing sebesar 900% dan 360%, sementara penjualannya melonjak 7.650% dan 9.235%, menurut Alpha Data. Album hits terbesar mereka, Best of Volume 1 dan The Best of Both Worlds juga mengalami lonjakan penjualan yang besar, masing-masing naik 11.700% dan 10.700%, sementara album Van Halen II, Diver Down dan Fair Warning semuanya mengalami lonjakan streaming lebih dari 1.000%.

Secara keseluruhan, penjualan album Van Halen naik 7.600% pada hari Selasa, merupakan dampak dari trending penyebaran berita kematian Eddie Van Halen setelah perjuangan panjang melawan kanker. Penjualan lagu digitalnya naik 7.800%, sementara streaming melonjak 660%, dari hanya lebih dari 1 juta streaming audio on-demand pada hari Senin menjadi lebih dari 7,8 juta pada hari Selasa.

Lagu ‘Jump’ memimpin katalog Van Halen dengan streaming dan penjualan, melonjak 6.700% dalam penjualan digital dan 215% dalam streaming. Kemudian lagu ‘I’m the One’ dan ‘Atomic Punk’ masing-masing mengalami lonjakan streaming sebesar 2.600% dan 2.400%, sementara ‘You Really Got Me’ mengalami peningkatan penjualan yang paling dramatis, naik 33.200%.

Baca juga: In Memoriam: Eddie Van Halen, Dewa Gitar Revolusioner Musik Rock

Pada hari-hari setelah kematian Eddie Van Halen, musisi seperti Ozzy Osbourne, Pete Townshend, Mike McCready, dan John Mayer telah memberikan penghormatan kepada gitaris legendaris tersebut, yang berada di peringkat 8 dalam 10 besar daftar “100 Gitaris Terbaik Sepanjang Masa” versi Rolling Stone.

“Dia membuatnya terlihat seperti nggak sulit. Dia membuatnya terlihat seperti hal yang wajar. Semua orang mencoba menjadi Eddie Van Halen, tapi hanya ada satu Eddie Van Halen,” tulis Ozzy Osbourne di Rolling Stone. “Menurut gue, dia brilian. Hanya Tuhan yang tahu apa yang harus lo lakukan untuk menjadi orang sehebat itu”.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Daftar Nominasi JIMA 2021

    Inilah Daftar Nominasi & Cara Voting JOOX Indonesia Music Awards 2021!

    Sebuah penghargaan musik pertama yang diselenggarakan JOOX Indonesia untuk mengapresiasi musisi Indonesia dan dukungan penggemar terhadap perkembangan musi

    on Jun 7, 2021
    JIMA 2021

    JOOX Ajak Fans Dukung Idolanya Di JOOX Indonesia Music Awards 2021

    JOOX Indonesia sebagai Tuan Rumah Musik di Indonesia terus berupaya untuk mendukung musisi dan perkembangan industri musik di Indonesia. Perusahaan platfor

    on Jun 7, 2021
    Van Halen

    Wolfgang Van Halen Menolak Tampil Di Grammy 2021, Ini Alasannya

    Wolfgang dan Eddie Van Halen. (Foto: Philip Cosores). Banyak pemirsa yang menyaksikan acara live streaming Grammy Awards 2021 yang digelar pada hari Minggu

    on Mar 16, 2021
    Burung Beo Nyanyi

    Seekor Burung Beo Berbakat Menyanyikan Lagu-Lagu Led Zeppelin, GNR, Va...

    Tico, si burung beo bersama majikannya, Frank Maglio. (Foto: via YouTube). Burung beo rocker. Yoi, ada seekor burung beo yang memiliki suara bagus dan gemar

    on Jan 19, 2021