×
×

Search in Mata Mata Musik

Album Band Punk Duff McKagan Yang Terpendam Sejak 1982 Akhirnya Dirilis

Posted on: 02/25/21 at 10:49 am

Album Band Punk Duff McKagan Pra-GN'R Yang Terpendam Sejak 1982 Akhirnya Dirilis
The Living, Duff McKagan paling kiri. (Foto: Marty Perez).

Di antara personel dalam formasi klasik Guns N’ Roses (GN’R), Duff McKagan adalah member yang paling nge-punk dibanding yang lain. Enggak cuma hobinya pakai kalung gembok meniru mendiang Sid Vicious (bassis Sex Pistols -Ed.), kontribusi kreatifnya ke lagu-lagu GN’R pun memiliki pengaruh punk yang kuat.

Baca juga: The Offspring Kembali Via ‘Let The Bad Times Roll’, Single Dari Album Mendatang

Fakta berbicara sangat jelas di sini. Sebelum menjadi bassis legendaris GN’R, Duff McKagan bermain gitar di band punk rock yang terbentuk di kota Seattle, Washington, Amerika Serikat (AS) bernama The Living. Setelah lama terpendam, salah satu member The Living menggali rekaman album debut mereka tahun 1982 yang belum pernah dirilis, yang terdiri dari tujuh lagu, termasuk ‘Two Generation Stand’ yang baru saja dirilis sebagai singel.

Album tersebut berjudul The Living: 1982, dan akan dirilis pada 16 April melalui Loosegroove Records, yang juga dimiliki oleh gitaris Pearl Jam, Stone Gossard. Duff masih berusia 17 tahun pada saat sesi rekaman album itu, bersama dengan tiga member lainnya, yakni vokalis John Conte, bassis Todd Fleischman, dan dramer Greg Gilmore.

Singel pertama The Living, ‘Two Generation Stand’, memiliki vibe punk Inggris yang kencang, dan menampilkan lirik seperti, “Your generation it won’t last, yeah I said it ain’t gonna last / Fuck off, you’re just too old, your sad story is left untold (“Generasi lo enggak akan bertahan lama, yeah gue bilang itu enggak akan bertahan / Persetan, lo terlalu tua, kisah sedih lo enggak terungkap)”.

The Living: 1982 Tracklist:
01. A Promise
02. Two Generation Stand
03. Live By The Gun
04. A Song For You
05. No Thanks
06. Live Is A Terror
07. I Want

Cikal Bakal Seattle Grunge

Adalah sang dramer, Greg Gilmore yang pertama kali menggali dan menemukan master rekaman album The Living. Setelah The Living bubar, Greg kemudian bermain di band grunge satu kampungnya di Seattle, Mother Love Bone. Band ini juga dihuni oleh Stone Gossard dan Jeff Ament, sebelum dua orang ini main di Pearl Jam, serta mendiang vokalis Andrew Wood.

“The Living adalah awal dari semua hal tentang Seattle bagi gue – titik balik dalam hidup gue,” kata Greg. “Gue bergabung dengan sebuah band dan komunitas. Orang-orang ini masih saudara bagi gue. Gue mengapresiasi rekaman (album) ini sejak kami membuatnya. Rekaman ini adalah dokumentasi fantastis dari momen yang termuat di dalamnya. Gue suka banget”.

Tujuh lagu di The Living: 1982 ditulis oleh Duff, yang berkomentar bahwa doi pernah bertanya-tanya tentang musik band ini, “Apakah ini akan pernah keluar dari ruang bawah tanah kami?”. Doi lanjut menambahkan, “Kami memiliki sesuatu yang ajaib saat itu, dan itu milik kami, jadi siapa yang peduli!”

Meskipun eksistensi band ini enggak bertahan lama, mereka sempat menjadi band pembuka konser band hardcore punk legendaris asal Kanada, D.O.A. di Seattle dan Vancouver.

Baca juga: Guns N’ Roses Sedang Kerjakan Lagu Baru Menurut Istri Duff McKagan

Album ini akan tersedia secara digital, serta tiga varian vinyl berwarna: putih, kuning kenari, dan ruby transparan. Silakan menyimak singel ‘Two Generation Stand’ yang old school banget punk-nya. Asyik, bray.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Sex Pistols

    Johnny Rotten Digugat 2 Eks-Sex Pistols Karena Blokir Lisensi Musiknya

    Johnny Rotten (Foto: Amanda Koellner). Sex Pistols bubar lebih dari 40 tahun lalu, tetapi orang-orang enggak pernah berhenti membicarakannya. Karena apa? Ya

    on Jul 16, 2021
    Mark Hoppus (Blink-182)

    Idap Kanker, Mark Hoppus Lakukan Tes Penentuan Hidup & Matinya

    Kiri: Mark Hoppus pasca kemoterapi / kanan: saat pra kanker. (dok. Blink-182). Mark Hoppus, bassis/vokalis Blink-182 belum lama ini mengumumkan berita baru

    on Jul 12, 2021
    NOFX

    NOFX Rilis MV Animasi 'The Big Drag' Yang Gokil & Absurd Tapi Keren

    NOFX 2021 (Foto: Jonathan Weiner). NOFX baru saja meluncurkan MV (Music Video) animasi yang non-konvensional untuk lagu 'The Big Drag' dari album terbaru me

    on Jul 9, 2021
    Avenged Sevenfold

    Avenged Sevenfold Ungkap Alasan Sebenarnya Album Baru Dirilis 2022

    A7X circa 2017. (Foto: dok. A7X). Avenged Sevenfold (A7X) mengembuskan angin segar kepada semua Deathbat Nation di mana pun berada. Pasalnya, sang vokalis,

    on Jul 8, 2021