×
×

Search in Mata Mata Musik

Album Baru Deftones Telah Rampung Digarap dan Siap Rilis Tahun Ini, Kapan?

Posted on: 06/17/20 at 6:30 am

Deftones.
Deftones. (Foto: Frank Maddocks).

Deftones mengabarkan telah merampungkan proses rekaman album terbaru mereka yang sudah sangat ditunggu para fans. Dramer band alternative metal itu, Abe Cunningham mengatakan bahwa album full-length itu saat ini sedang dalam proses mastering, dengan harapan untuk bisa merilis album itu pada bulan September mendatang.

Baca juga: Apa Jadinya Kalau Lagu Deftones & Britney Spears Digabung?

Bulan Februari lalu, sesaat sebelum pandemi Covid-19, Deftones mengungkapkan bahwa album ini sedang diproduksi oleh Terry Date, yang memimpin proyek empat album studio pertama Deftones, termasuk Around the Fur dan White Pony. Dan pada bulan April, Abe Cunningham secara singkat kasih unjuk sebagian riff gitar dari album baru Deftones.

Sementara proses mixing telah dimulai, sang vokalis Chino Moreno mengatakan bulan lalu bahwa prosesnya berjalan lambat karena social distancing antara personil band dan sang produser Terry Date. Dia menambahkan bahwa band ini awalnya berencana untuk merilis album pada musim panas mendatang, tetapi kemudian mereka “harus mencari” tanggal rilis yang baru.

Sekarang, dalam sebuah wawancara baru dengan Kylie Olsson dari Download TV, sebagai bagian dari festival virtual yang berlangsung akhir pekan ini, Abe Cunningham mengungkapkan bahwa Deftones telah menyelesaikan proses rekaman album baru dan saat ini sedang dalam tahap mastering.

“Kami benar-benar merekam semua trek instrumennya selama musim panas, musim panas (tahun) lalu, Juni dan Juli, kami waktu itu di studio merekam trek,” ujar Abe Cunningham. “Tapi sebenarnya kami baru saja menyelesaikan semuanya…. Kami waktu itu sedang rekaman di L.A. (Los Angeles), tapi kami mixing-nya di Seattle”.

Dia kemudian menambahkan, “Kami bekerja dengan teman lama kami Terry Date, yang melakukan banyak album dan hal-hal sebelumnya juga. Dia ada di sana (di Seattle) dengan semua aksi social distancing ini; itu agak sulit, tapi kami menemukan cara untuk melakukan mixing tanpa berada di sana”.

“Itu jauh lebih baik ketika kami semua berada di ruangan itu; kami bisa mengerjakannya dengan cepat dan berdebat dan melakukan hal kami masing-masing,” tukas sang dramer secara lebih lanjut. “Tapi, ya, kami baru saja menyelesaikannya. Album itu sedang dalam tahap mastering sekarang, dan itu adalah hal yang paling utama. Jadi itu sesuatu yang harus dilakukan selama masa yang aneh ini”.

Dan mengenai arah musikal dari album terbaru Deftones, Abe Cunningham mengungkapkan, “Kami tidak bisa tidak terdengar seperti diri kami sendiri, tetapi dengan kembali (bekerja) dengan Terry, ada sound tertentu yang telah kami kembangkan dengan Terry yang menjadi semacam sound utama kami, dan itu (terasa) kembali lagi”.

Ketika pewawancaranya bertanya tentang tanggal rilis, Abe Cunningham menjawab, “Itu seharusnya akan segera datang, semoga, mungkin bulan September. Katanya sih begitu”.

Dramer itu juga ditanyai tentang album Deftones yang masih disimpan, Eros, yang mulai dikerjakan sebelum bassis Chi Cheng mengalami kecelakaan mobil yang mengerikan pada tahun 2008 yang membuatnya jatuh koma dan akhirnya menyebabkan meninggal pada 2013.

“Itu tidak pernah kami selesaikan, dan itulah yang orang-orang tidak mengerti, seperti, ‘Bagaimana nih, hanya kalian simpan saja?’ Dan maksudku ya tidak, kami tidak hanya menyimpannya, kami tidak pernah menyelesaikannya,” ujar Abe Cunningham. “Dan kemudian (Chi) mengalami kecelakaan dan pada saat itu semuanya berhenti begitu saja. Dan sejujurnya (album) itu biasa saja. Ada beberapa lagu yang sangat bagus”.

Dia kemudian melanjutkan, “Tapi aku harus jujur​​… kami hanya mencoba untuk kembali ke sana (album itu) dan melihat apa yang bisa kami buat saat itu… dan bukannya itu tidak bagus, hanya saja… ada banyak yang terhubung dengannya juga, ngerti ‘kan? Dan aku mengerti orang-orang bersemangat tentang album itu dan mereka ingin mendengar kontribusi musik terakhir Chi”.

Ketika dia ditekan dengan pertanyaan tentang kemungkinan dirilisnya album Eros, Abe Cunningham menjawab, “Kami sudah bicara tentang mengeluarkannya, mungkin versi singkat atau EP berisi empat atau lima lagu, sesuatu seperti itu, dan hal semacam itu masuk akal. Tetapi kami harus masuk ke semua legalitasnya dan semua hal itu dan juga kami harus menyelesaikannya. Tapi ya, mungkin bagus juga jika album itu akhirnya bisa dirilis, tentunya”.

Baca juga: Tonton Rekaman Live Deftones Perdana Bawakan “Be Quiet and Drive”

Deftones seharusnya menjalani headline tur Amerika Utara dengan dukungan dari Gojira dan Poppy, tetapi petualangan itu telah ditunda karena pandemi. Band ini berharap untuk mengumumkan tanggal tur terbarunya untuk tahun 2021 secepat mungkin.

Tonton wawancara lengkap Abe Cunningham dengan Download TV di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Extreme Moshpit Awards

Daftar Pemenang Penghargaan Spesial Musik Cadas: Extreme Moshpit Award...

Extreme Moshpit adalah media musik cadas Indonesia yang bergerak sejak 2007. Selain mewujudkan gerakan baru tradisi fanzine dan media di ranah musik ekstri

on Dec 3, 2020
System Of A Down

System Of A Down 'Chop Suey!' Jadi MV YouTube Metal Pertama Raih 1 Mil...

System Of A Down saat syuting video musik 'Chop Suey!'. MV (Music Video) untuk lagu klasik System Of A Down 'Chop Suey!' telah mencapai lebih dari 1 miliar

on Nov 28, 2020
12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Terbaik

12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Secara Social Distancing Terbaik

Tahun 2020 memang penuh tragedi dan menyebalkan tentunya, terutama sejak dimulainya pandemi Covid-19 alias Kopad-Kopid Kagak Jelas ini, di mana seluruh sek

on Nov 23, 2020
Stephen Carpenter

Stephen Carpenter (Deftones) Akui Dirinya Penganut Bumi Datar & Keboho...

Stephen Carpenter. (Foto: Debi Del Grande). Gitaris Deftones, Stephen Carpenter dikenal sebagai seorang advokat legalisasi mariyuana yang paling menonjol di

on Nov 13, 2020