×
×

Search in Mata Mata Musik

Album Baru J. Cole Mungkin Rilis Awal 2020, Intip Detailnya Sejauh Ini

Posted on: 11/13/19 at 9:36 pm

J. Cole tidak membodohi siapa pun. Bahkan, buktinya sudah cukup lama ada di depan mata kita. Saat pria bernama asli Jermaine Cole ini merilis KOD di 2018, dan lagu terakhirnya diberi judul “1985 (Intro to ‘The Fall Off’),” tidak butuh waktu lama bagi para fans untuk mulai berspekulasi kalau The Fall Off akan menjadi judul album keenamnya yang akan datang.

Tidak butuh waktu lama juga bagi Cole untuk mengonfirmasi spekulasi tersebut. Dalam acara pemutaran KOD, pendiri Dreamville ini menyebut “1985” sebagai “intro ke hal lain,” tetapi menolak untuk menjelaskan lebih lanjut. Seminggu setelah KOD dirilis, sang rapper turun ke Twitter dan mengungkapkan The Fall Off memang proyeknya ketika ditanya seseorang apa yang dilakukannya dalam hal musik sebelum membuat KOD.

“Mengerjakan The Fall Off,” balasnya. “Dan membantu KiLL Edward dengan albumnya,” tambahnya, merujuk pada alter ego rapnya.

Ketika didesak untuk detail lebih lanjut tentang The Fall Off, Cole hanya menjawab, “Sedang mengerjakannya.”

Sejak itu, proyek ini tampaknya harus tertunda lantaran Cole sibuk dengan turnya selama paruh kedua 2018 dan fokus pada album kompilasi labelnya Revenge of the Dreamers III di sepanjang paruh pertama 2019.

Baru-baru ini dalam setnya di Day N Vegas Festival 2019, Cole kembali menyinggung tentang album mendatangnya yang konon akan dirilis pada 2020. Sementara masih belum ada tanggal rilis pasti, teaser baru itu cukup membuat lega fans yang sudah tidak sabar menantikan musik baru dari superstar asal Fayetteville, NC ini.

Cole menggarap The Fall Off sejak 2016

Dalam wawancara dengan Angie Martinez yang dirilis bulan Mei 2018, Cole mengungkapkan dia telah mengerjakan The Fall Off selama hampir dua tahun.

“[The Fall Off] mungkin baru akan keluar setahun lagi,” ujarnya, sekitar menit 1:24:35 di video. “Saya sudah mengerjakannya selama satu setengah tahun terakhir.”

“False Prophets” dan “Everybody Dies” seharusnya bagian dari The Fall Off

Di wawancara yang sama, Cole juga mengaku beberapa lagu yang dirilisnya di antara waktu itu dimaksudkan untuk muncul di album The Fall Off.

Baca juga: J. Cole Hadirkan 2 Lagu dari Revenge of the Dreamers III

“‘False Prophets’ seharusnya ada di The Fall Off. ‘Everybody Dies’ dan ‘False Prophets’ yang saya keluarkan sebelum 4 Your Eyez Only adalah lagu dari The Fall Off.”

Alih-alih menambahkan lagu itu di 4 Your Eyez Only, Cole membiarkannya menjadi single lepas. Namun mungkin saja lagu itu akhirnya muncul di The Fall Off.

Album ini bisa jadi menghadirkan tamu sungguhan

“Platinum tanpa artis tamu.” Apa yang awalnya menjadi kebanggaan tersendiri bagi rapper yang dulu tertutup ini tampaknya sekarang sudah ‘basi’ bagi Cole, yang berarti album baru ini mungkin akan menghadirkan penampilan tamu.

“Saya suka itu,” ujarnya terkait slogan tersebut dalam wawancara dengan GQ pada Maret 2019. “Saya seperti, ‘Jujur—ini sangat lucu.’ Tapi untuk kedua dan ketiga kalinya, saya merasa, ‘Ok, sekarang ini hampir memalukan.’ Seperti, ‘Baiklah, kalian akan membuat saya menghadirkan tamu di album hanya supaya omong kosong ini bisa berhenti.’”

Kompilasi Revenge of the Dreamers III yang dimeriahkan berbagai kolaborasi membantu mendorong Cole terbiasa dengan konsep artis tamu. Meskipun tidak ada jaminan, hal ini tampak cukup menjanjikan.

“Saya tidak punya [kolaborasi] apa pun saat ini yang benar-benar ingin saya tonjolkan,” imbuhnya. “Bukan berarti itu tidak mungkin. Perkaranya hanya tentang keluar dari zona nyaman saya.”

The Fall Off akan meluncur di 2020

Selama setnya di Day N Vegas Festival 2019 pada awal bulan, Cole memastikan kita akan bisa menikmati album barunya di 2020 melalui pengumuman bergaya kampanye politik yang meminta dukungan bagi rapper dari North Carolina ini. (Pengumuman itu kemudian diunggah ke media sosial.)

“Sepertinya semua kacau. Negara ini butuh pahlawan untuk diandalkan di saat-saat penuh gejolak ini. Jermaine Cole adalah pahlawan itu,” kata narator mengiringi foto dan video J. Cole bersama dengan visual yang sesuai. “Pria yang kerendahan hatinya tidak mengenal batas. Pria yang pulpennya begitu ampuh sampai setiap kata dalam verse-nya konon berharga $2.000. Kita butuh seseorang dengan ide besar dan solusi yang berani. Seorang ahli dalam diplomasi. Kandidat yang dapat menyembuhkan perang antar generasi.”

Pengisi suara tersebut mengakhiri dengan, “Buat suaramu didengar. Pilih The Fall Off untuk 2020.”

View this post on Instagram

#JCole’s #TheFallOff coming in 2020 🇺🇸

A post shared by digitalfeedtv (@digitalfeedtv) on

Mari kita tunggu kelanjutannya!

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Chester bennington

Vokal Chester Bennington Akan Hiasi Album Baru Grey Daze

Sebelum mencetak kesuksesan besar dengan Linkin Park, Chester Bennington memulai karier sebagai penyanyi rock muda di band post-grunge asal Arizona, Grey Daze.

on Dec 13, 2019
Drake

Drake Beri Kejutan di Konser DaBaby, Isyaratkan Album Baru

Drake hadir di konser DaBaby di Toronto pada hari Selasa (10/12) untuk membawakan single-nya, 'Money in the Grave,' memuji rapper asal North Carolina tersebut

on Dec 12, 2019
Kevin Abstract Brockhampton

Kevin Abstract Sutradarai Video Baru Brockhampton “Sugar”

Kolektif seni progresif yang diketuai Kevin Abstract, Brockhampton, mendorong diri mereka ke level kreativitas baru lewat video musik 'Sugar'. Disutradarai

on Dec 12, 2019
Halsey

Halsey Dedikasikan “Without Me” untuk Juice WRLD

Selasa malam (10/12), Halsey memberikan penghormatan kepada teman sekaligus kolaboratornya, Juice WRLD. Dalam set-nya di konser Pandora Live di Brooklyn, Ha

on Dec 12, 2019