×
×

Search in Mata Mata Musik

Album Baru Ringo Starr Bakal Jadi yang Terakhir?

Posted on: 11/13/19 at 10:24 am

Ringo Starr menjadi terkenal sebagai bagian dari The Beatles, namun di luar itu, dia adalah musisi legendaris. Belum lama ini, Ringo merilis What’s My Name, album studio ke-20 dari sang drummer. Dia sempat mengatakan, album ini mungkin menjadi album terakhirnya.

Berikut beberapa detail di balik album yang kemungkinan menjadi proyek studio terakhirnya.

Ringo Starr bernostalgia di album barunya

What’s My Name adalah album yang cukup singkat—sangat kontras dengan karya klasik The Beatles yang panjang dan menantang seperti White Album dan Yellow Submarine. Ringo merekam album ini di studio rumahan, yang menurutnya lebih baik baginya, kolaboratornya dan suara musiknya. Album ini juga mencakup persembahan yang menggetarkan untuk keajaiban musik berjudul “Thank God for the Music.”

Dengan durasi yang hanya sepanjang 34 menit, album ini berhasil menyelipkan dua lagu nostalgia The Beatles: “I Want Money,” cover lagu Motown yang sebelumnya direkam oleh The Fab Four, dan “Grow Old with Me,” yang bisa dianggap sebagai kolaborasi terakhir The Beatles. Lagu ini dinyanyikan oleh Ringo, ditulis oleh John Lennon, menampilkan instrumentasi dari Paul McCartney dan produksi dari Jack Douglas yang sengaja mengingatkan pada musik solo George Harrison.

Apakah ini bakal menjadi album terakhir dari Ringo Starr?

Ringo Starr
Ringo Starr di tahun 1967. (Foto: John Pratt/Keystone/Hulton Archive/Getty Images)

Rasa nostalgia yang dihadirkan dalam album ini pas jika ini benar-benar akan menjadi album terakhir Ringo. Dalam obrolan dengan Joe Scarborough, Ringo mengatakan dia saat ini berniat menjadikan What’s My Name album terakhirnya, meskipun dia tidak menampik kemungkinan merilis musik baru. Dia menambahkan, dia akan lebih tertarik merilis EP kecil-kecilan di masa mendatang daripada album penuh.

Ringo tidak merasa perlu merilis lebih dari tiga lagu sekaligus. Menurutnya, EP saja sudah cukup di lanskap musik modern. Sang drummer mungkin merujuk pada menurunnya keunggulan album dibandingkan dengan single. Scarborough terkejut dengan pernyataan ini. Baginya, The Beatles membantu membuat album menjadi kanvas klasik untuk band-band rock pada saat industri rekaman secara khusus didorong oleh single.

Akhir dari karier yang melegenda

Ringo Starr
Ke depannya, Ringo Starr lebih tertarik merilis EP ketimbang album penuh. (Foto: BPR/Redfern)

Selama 45 tahun terakhir, Ringo telah memproduksi album dalam berbagai genre, termasuk pop, rock, country, soul, funk, dan disko. Ringo juga menjadi mantan personil The Beatles pertama dan satu-satunya yang merilis album Natal saat dia meluncurkan I Wanna Be Santa Claus di 1999. Dia juga mengambil langkah yang berbeda dengan mantan rekan-rekan sebandnya dengan merilis album anak-anak berjudul Scouse the Mouse.

Baca juga: Paul McCartney & Ringo Starr Rekam Lagu John Lennon

Selain koleksi albumnya yang beragam, Ringo juga bisa bangga dengan pencapaian komersialnya. Di 1973, drummer ini memproduksi dua single No. 1: “Photograph” dan “You’re Sixteen.”

Sama seperti “Grow Old with Me,” “Photograph” dan “You’re Sixteen” adalah semacam reuni The Beatles. “Photograph” ikut ditulis oleh George sementara “You’re Sixteen” menampilkan instrumentasi dari Paul.

Jika What’s My Name benar menjadi album atau bahkan karya terakhir Ringo, drummer legendaris ini bisa ‘pensiun’ mengetahui dirinya telah memberi dunia campuran musik yang beragam selama kariernya sebagai artis solo, yang memiliki warisan musik lebih besar daripada drummer lainnya. 

Streaming album baru Ringo Starr di bawah ini.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

taylor swift

Taylor Swift Kritik Habis Scooter Braun di Acara Women in Music 2019

Kisah perseteruan antara Taylor Swift dan Scooter Braun - manajer industri musik yang membeli label Big Machine dan hak atas rekaman master enam album pertama

on Dec 14, 2019
Rihanna

Dokumenter Rihanna Dibeli Amazon Senilai Hampir Rp 350 Miliar

Amazon dilaporkan telah mengantongi hak cipta atas film dokumenter Rihanna yang digarap oleh Peter Berg. Baca juga: Lagu Eminem yang Memihak Chris Brown dal

on Dec 14, 2019
Chris Young Gavin DeGraw

Chris Young & Gavin DeGraw Bikin Nangis Penonton dengan 'Drown...

Chris Young dan Gavin DeGraw menyajikan penampilan yang intens dalam episode terbaru CMT Crossroads. Penyanyi country ini bergabung dengan DeGraw di atas pa

on Dec 13, 2019
Chester bennington

Vokal Chester Bennington Akan Hiasi Album Baru Grey Daze

Sebelum mencetak kesuksesan besar dengan Linkin Park, Chester Bennington memulai karier sebagai penyanyi rock muda di band post-grunge asal Arizona, Grey Daze.

on Dec 13, 2019