×
×

Search in Mata Mata Musik

Album Baru The Who Berjaya di Berbagai Chart Dunia

Posted on: 12/19/19 at 6:45 pm

Dua minggu setelah dirilis pada awal bulan ini, album studio terbaru The Who, WHO, menempati posisi puncak berbagai chart di dunia. 

Baca juga: The Who Bocorkan Detail Album Who & Rilis Single Pertama!

Album ini bertengger di No. 1 chart Top Album Sales Billboard untuk minggu yang berakhir pada 21 Desember 2019, dan juga meraih peringkat debut album tertinggi di minggu ini. Mengingat penjualan album tidak termasuk jumlah streaming gratis, ini menjadi pencapaian yang mengesankan bagi para rocker gaek asal Inggris tersebut.

Album Who The Who

Di chart bergengsi Billboard Top 200, WHO nangkring di No. 2 – peringkat tertinggi untuk album The Who di chart AS, sejajar dengan dua album mereka lainnya: Who Are You (1978) dan Quadrophenia (1973).

Di kampung halaman, The Who harus puas duduk di peringkat No. 3 pekan lalu. Meski demikian, WHO menjadi album dengan peringkat tertinggi di chart tersebut bagi The Who di Britania Raya sejak tahun 1982 dan diprediksi akan mencapai status Silver minggu ini, mempertahankan minggu keduanya di sepuluh besar.

Baca juga: The Who Perdana Bawakan “Big Cigars” di New York!

Untuk versi piringan hitamnya, WHO sukses menempati No. 1 chart Official Vinyl dan Official Record Store di Britania Raya.

Album Who The Who

WHO juga bersinar di Jerman dan Swiss dengan menduduki No. 5, serta No. 2 di Kanada.

Pencapaian The Who di chart Billboard juga mencakup peringkat No. 1 di Top Rock Albums, Rock Albums Sales dan Top Current Albums.

Album Who The Who
Album Who The Who
Album Who The Who

Dari segi konten, WHO mengingatkan kita sedikit dengan tahun-tahun klasik mereka. Ada sedikit nuansa The Who Sell Out di sini, sedikit Tommy di sana, dan juga banyak elemen Quadrophenia dan The Who by Numbers. Yang kurang hanyalah semangat sembrono yang menggempur karya terbaik mereka, permainan dram yang gila dari almarhum Keith Moon, dan mungkin harapan muda yang nyata kalau mereka akan mati sebelum menua.

Album ini menyimpan cukup banyak daya tarik untuk memanjakan fans lama The Who yang rindu akan musik mereka – The Who terakhir merilis album studio di 2006, Endless Wire – dan mungkin menarik beberapa fans baru. 

Baca juga: Gelar Konser di Wembley, The Who Bawakan Lagu Baru!

Sebagian besar, album ini terasa seperti album nostalgia, dengan banyaknya pengaruh dari berbagai karya klasik mereka. Ini bukan sisa-sisa dari karya lama yang hanya dipoles, tapi WHO jelas secara sonik menonjolkan ciri khas The Who dan menjadi upgrade yang diperlukan untuk menutup abad ke-21. Legend dilawan.

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Todung Panjaitan

    Todung Pandjaitan, Musisi Multi Talenta Berpulang Dengan Damai

    Musisi lawas bernama lengkap Harlal Todung Pandjaitan atau yang kenal sebagai Todung Pandjaitan berpulang ke rumah Tuhan. Todung dilaporkan anval sehari se

    on Apr 11, 2021
    Tony Iommi

    Tony Iommi Beda Pendapat Dengan Gene Simmons Soal "Rock Is Dead"

    Tony Iommi. (Foto: Future / Olly Curtis). Selama bertahun-tahun, Gene Simmons dari KISS telah menyuarakan pendapatnya - dalam beberapa kesempatan berbeda -

    on Apr 2, 2021
    The Swinging Terror

    Fitur Jimi Multhazam & Bimo, The Swinging Terror Perkenalkan Genre Roc...

    Bimo Sulaksono dan Jimi Multhazam. (Foto: dok. The Swinging Terror). The Swinging Terror adalah nama proyekan musik baru besutan duo rocker lawas, yakni Bim

    on Feb 5, 2021
    Slank vaksin

    Mending Divaksin Slank Saja, Dijamin Kebal Mental Dan Jaga Imun Tubuh

    Slank: Ivan, Kaka, Bimbim. (Foto: dok. Slank). Siapa sangka? Band rock legendaris Slank juga telah berhasil meramu vaksin yang siap didistribusikan secara m

    on Feb 5, 2021