×
×

Search in Mata Mata Musik

Alcatrazz Comeback Via Album Epik “V” Bersama Vokalis Doogie White

Posted on: 10/10/21 at 12:00 pm

Alcatrazz
Foto: Alex Solca.

Alcatrazz baru saja meluncurkan MV (Music Video) single baru ‘Grace Of God’ yang bisa lo dengar di akhir artikel ini. Lagu itu diambil dari album mendatang veteran heavy metal tersebut, V, yang akan dirilis pada 15 Oktober 2021. Album itu menampilkan dua anggota orisinal, yakni kibordis Jimmy Waldo dan bassis Gary Shea, bersama dengan vokalis baru Doogie White (Rainbow, Yngwie Malmsteen, Michael Schenker Fest) dan dramer Mark Benquechea dan gitaris Joe Stump.

Baca juga: Mantic Ritual Bangkit Dari Kubur, Kembali Nge-Thrash Via ‘Crusader’

MV ‘Grace Of God’ mengkontraskan pemandangan pemandangan yang indah dan menakjubkan dengan tampilan emosi dan pertempuran yang muram dan menggugah. Lagu ini membawa pendengar dalam perjalanan monumental dengan vokal Doogie White yang kuat. Dilengkapi dengan sempurna oleh permainan gitar dan kibord yang rumit dari Stump dan Waldo yang didukung oleh bass dan dram yang menggelegar dan kuat dari Shea dan Benquechea.

“Saya suka ‘Grace Of God’,” ungkap Doogie White. “Ini adalah lagu yang ‘pecah’ dengan banyak bagian vokal yang rumit. Saya suka apa yang telah dilakukan semua orang di band ini. Ini memiliki energi dan dorongan yang luar biasa… Ini benar-benar ajaib!”

“Secara lirik, ini berlatar Abad Pertengahan,” lanjut White. “Ini tentang rasa takut dikirim ke medan perang untuk memperjuangkan Raja, Ratu, atau negara kamu… untuk menyerang tanah yang belum pernah kamu dengar, untuk menaklukkan orang yang tidak kamu kenal, untuk berjuang karena alasan yang kamu tidak tahu, tidak yakin, dan keputusasaan dalam menerima nasib seperti itu”.

“Ketika saya pertama kali mendengar ‘Grace Of God’, saya nyaris tidak percaya betapa sempurnanya melodi dan lirik yang cocok satu sama lain. Sulit untuk membayangkan hal lain yang lebih baik dari itu,” ungkap Jimmy Waldo. “Doogie memiliki kemampuan untuk menulis persis seperti apa melodi sebuah lagu dan hasilnya sangat kuat”.

Alcatrazz Merekrut Doogie White

Dibentuk pada tahun 1983, Alcatrazz cepat terkenal karena kombinasi musik progressive rock yang melodius. Dan terutama karena band ini yang memperkenalkan dua pahlawan gitar Yngwie Malmsteen dan Steve Vai. Debut dengan album No Parole From Rock ‘N’ Roll, yang menampilkan hit ‘Island In The Sun’, band ini terus membangun popularitas pada tahun 1985 dengan album kedua mereka, Disturbing The Peace, yang berisi hit ‘God Blessed Video’. Band ini mengeluarkan satu album studio lagi, Dangerous Games (1986), sebelum berhenti beroperasi pada tahun berikutnya. Band ini berkumpul kembali dan merilis album Born Innocent yang sangat diakui pada tahun 2020. Album studio pertama mereka yang berisi materi baru sejak 1986.

Baik ‘vintage’ maupun ‘timeless’, V menapaki wilayah bertekstur Alcatrazz lama tetapi dengan semangat baru.

“Album baru membawa kami lingkaran penuh dari akar asli kami ke versi modern yang jauh lebih cadas dari semua yang berhubungan dengan Alcatrazz pada tahun 2021,” tegas Gary Shea. “Saya merasa senang dan saya menantikan perilisan album baru kami dengan sound heavy rocking metal”.

Ada sedikit keraguan bahwa Alcatrazz ini akan berjalan dengan tertatih-tatih. Namun dengan karya vokal terbaik Doogie White di kedua belas lagu dalam album ini berfungsi sebagai katalis untuk sinergi kreatif mereka. Di samping energi yang sangat positif sejak 1986.

“Orang-orang menelepon saya dan bertanya apakah saya ingin bergabung dengan band, dan, kamu tahu, saya yakin mereka bisa dan akan dimanjakan dengan pilihan, tetapi, mereka meminta saya,” kata Doogie White. “Saya mendengar musiknya dan ‘Turn Of The Wheel’ adalah lagu pertama yang kami tulis bersama. Ini adalah lagu yang bagus, hit ‘metal’! V memiliki beberapa lagu yang ‘komersial metal’, dan kemudian memiliki beberapa yang sangat gelap dan mengancam. Itu menyentuh banyak keterasingan dan kesepian, alkoholisme, penebusan dan kegelapan, tetapi semoga ada secercah harapan dan cahaya di akhir semua itu”.

Album Kelima dan Kemenangan

Alcatrazz - V
Artwork sampul album V.

Daftar Lagu V:

01. Guardian Angel
02. Nightwatch
03. Sword Of Deliverance
04. Turn Of The Wheel
05. Blackheart
06. Grace Of God
07. Return To Nevermore
08. Target
09. Maybe Tomorrow
10. House Of Lies
11. Alice’s Eyes
12. Dark Day For My Soul

Diproduksi oleh Giles Lavery dan Jimmy Waldo, dan di-mix oleh Andy Haller (Elton John, Joe Cocker, System Of A Down), V juga menampilkan musisi tamu. Mereka adalah Cliff Evans dari Tank (bass pada ‘Grace Of God’), dan Donnie Van Stavern dari Riot (bass pada ‘Guardian Angel’, ‘Nightwatch’, dan ‘Target’). Perlu digarisbawahi bagaimana musik Alcatrazz tetap populer di kalangan rekan-rekan mereka.

Baca juga: Kepala Sekolah Fans Iron Maiden Dituntut Via Petisi Orang Tua Murid

V adalah singkatan dari album studio kelima Alcatrazz, tentu saja… tetapi juga berarti Victory, kemenangan yang membuat Alcatrazz 2021 lebih kuat dari sebelumnya terlepas dari segala rintangan.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Warning - evolve

    THE WARNING, 3 Rocker Cantik Lagi-Lagi Sukses Meninggalkan Impresi

    Horeee… The Warning nongol lagi!Horeee… tidak banyak "PAUSE" walau masih trauma dengan pemblokiran video akibat penerapan perlindungan copyright yang b

    on Oct 23, 2021
    Lovebites

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Max Portnoy

    Max Portnoy, Putra Mike Portnoy, Menjadi Dramer Baru Code Orange

    Foto: Max Portnoy (via Instagram). Max Portnoy, putra kandung dramer metal legendaris Mike Portnoy, sekarang resmi menjabat sebagai dramer Code Orange. Band

    on Oct 17, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021