×
×

Search in Mata Mata Musik

Alt-Rocker Bias Angkat Kesetaraan Gender Via Single ‘Selir Pemberontak’

Posted on: 02/1/21 at 10:00 am

Alt-Rocker Bias Angkat Kesetaraan Gender Via Single 'Selir Pemberontak'
Bias. (Foto: dok. Bias).

Semua orang enggak wajib jadi Feminis, tapi semua orang wajib jadi Humanis. Kesetaraan, keharmonisan, dan simbiosis mutualisme antar gender harus menjadi visi akhir yang enggak boleh ditawar. Memang kecacatan berpikir akan selalu ada, sudah menjadi rukun alam, masih sering terjadi kasus kekerasan seksual baik itu secara verbal maupun fisik, praktik patriarki dan matriarki, dan wujud ketidak-setaraan dan ketidak-harmonisan lainnya.

Baca juga: Alt-Rocker Boom Boom Car Gambarkan Manusia Serakah Via Single ‘Binatang’

Bias mencoba menambal kecacatan berpikir ini dengan lagu ‘Selir Pemberontak’, mengambil perspektif sebagai seorang wanita yang tertindas, yang merindukan kasih, sayang, dan paham. Mengutip dari liriknya yang berbunyi, “Bukanku tak bisa menahan egoku, tapi ini sudah kurangi kadarku“, Bias mencoba memamerkan betapa superior-nya wanita itu, dia tidaklah lemah, tidak egois, selalu kuat menahan dan lebih memilih mengalah, namun ketika kadar manusiawinya ditindas, dia melawan dan berontak.

Memang dalam lagu ini, Bias mengambil sudut pandang dari seorang wanita, namun bukan berarti kekerasan dan penindasan enggak dialami juga oleh laki-laki. Kembali lagi ke visi akhir yakni kesetaraan dan keharmonisan.

“Dari segi musik, kami kembali memanfaatkan peleburan antara melodi dan distorsi, sunyi dan lantang, kami harap bisa mewakili sisi lembut dan ketangguhan manusia. Dari segi visual, menampilkan koreografi yang syarat akan kelembutan dan ketegasan pula,” ungkap para personil Bias.

“Kami, bukan lah band aktivis, yang membela nilai–nilai sakral secara vokal dan konkrit, kami tidak tangguh seperti itu. Lagu ini hanya secuil dukungan dari kami, alat untuk saling mengingatkan, sebagai apresiasi kami untuk para penyintas, dan sebagai bahan bakar untuk mereka yang masih berjuang,” ungkap mereka lagi.

Artwork single 'Selir Pemberontak' oleh Bias.
Artwork single ‘Selir Pemberontak’ oleh Bias.

‘Selir Pemberontak’ melewati dua tahap rilis, yakni audio kemudian video. Format audionya dapat didengarkan di berbagai digital streaming platform sejaki 29 Januari 2021, dan MV (Music Video)-nya dapat disaksikan di kanal YouTube mereka “biasbasabasi” mulai 5 Februari 2021.

Tentang Bias

Bias terbentuk pada tahun 2015 dan melabelkan diri sebagai band grunge. Dalam prakteknya, mereka meramu musik dengan berbagai macam influence seperti alternative rock, metal, shoegaze, dan hardcore.

Setelah beberapa kali rombak formasi, Agung Gabres (gitar), Billi Billy (bass), dan Rudi Anduk (dram/vokal) sepakat untuk berjalan bersama. Visi kami adalah menjadi band yang memiliki ciri khas baik
dari segi audio, visual, maupun citra saat di atas panggung.

Nama Bias yang berarti “berbelok dari arah“ menjadi acuan untuk mencapai visi kami.

Dengan mengusung konsep lintas genre, kami memiliki kebebasan dalam mengkomposisi lagu–lagu kami. Grunge menurut mereka menjadi simbol berontak atau melanggar aturan atau budaya bermusik pada umumnya. Mereka mencoba mengekspresikan melalui lagu–lagu yang mereka ciptakan. Ada bagian di mana alunan vokal cenderung melodik, riff gitar yang manis, gebukan dram yang sekedar mengiringi, dan bass yang menegaskan nada dan pondasi lagu.

Namun banyak juga dominasi dari teriakan vokal, riff gitar dengan distorsi padat, dram yang mengentak, tegas, dan berat.

Baca juga: Alt-Rocker Sounding Dawn Ajak Nikmati Kesendirian Via Single Debut ‘Loneliness’

Tantangannya adalah bagaimana menjembatani dan memadukan dua gaya musik yang berbeda tersebut dalam sebuah lagu namun masih memenuhi kebutuhan estetika pendengar.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    For Revenge & Stereo Wall

    For Revenge & Stereo Wall Lebur Energi Emo Via Collab Single 'Jakarta ...

    Dua band yang dikenal sebagai pengusung gaya emo/modern rock, For Revenge dan Stereo Wall berkolaborasi dalam sebuah lagu yang menyatukan energi dan karakt

    on Mar 1, 2021
    Grrrl Gang

    Grrrl Gang Bagikan Kisahnya Di Amerika Dalam MV 'Honey, Baby', Single ...

    Grrrl Gang. (Foto: Carkultera). Setelah lama enggak merilis musik baru, akhirnya trio alternative pop rock asal Yogyakarta, Grrrl Gang kembali menyuguhkan s

    on Feb 17, 2021
    Album Rock & Metal Paling Diantisipasi 2021

    30 Album Hard Rock & Heavy Metal Paling Diantisipasi Di Tahun 2021

    Tahun 2020 enggak cuma meluluh-lantakkan industri musik, melainkan semua lini kehidupan di dunia. Sementara ini kita memang masih berada di masa pandemi Co

    on Jan 31, 2021
    Boom Boom Car

    Alt-Rocker Boom Boom Car Gambarkan Manusia Serakah Via Single ‘Binat...

    Boom Boom Car. (Foto: dok. Boom Boom Car). Boom Boom Car (BBC) adalah band alternative rock asal Malang yang beranggotakan Hamzah (vokal), Faiq (gitaris uta

    on Jan 28, 2021