×
×

Search in Mata Mata Musik

Alt-Rocker Oddwain Bangkit Via Single ‘Radiance’ Soal Pendalaman Moral

Posted on: 04/2/21 at 12:00 pm

Alt-Rocker Oddwain Bangkit Via Single 'Radiance' Tentang Pendalaman Moral

Single ‘Three-ring Circus’ menjadi awal untuk semua mimpi buruk yang terjadi pada Oddwain selama setahun terakhir. Bagaimana enggak, setelah single tersebut dirilis, band alternative rock ini harus kehilangan dua personelnya di tahun 2020. Kehilangan ini menjadi terasa semakin berat karena harus dihadapi di masa pandemi yang turut mempersempit ruang gerak Oddwain. Padahal, justru di masa inilah Oddwain memerlukan dukungan, setidaknya dari personilnya sendiri.

Baca juga: Alt-Rocker Bias Angkat Kesetaraan Gender Via Single ‘Selir Pemberontak’

Meski di tengah masa-masa berat, Oddwain berusaha membuktikan ketangguhannya lewat perilisan single teranyar mereka, ‘Radiance’. ‘Radiance’ dirilis dengan formasi Oddwain sebagai duo. Bekerja sama dengan brand clothing OYISAM! yang satu kota asalnya, Malang, ‘Radiance” dipakai untuk membuka trilogi EMOTIONAL TRIP. Trilogi yang menaungi perilisan ‘Radiance’ dan karya-karya lainnya secara berkala. EMOTIONAL TRIP sendiri diperkirakan akan berjalan selama 2 hingga 3 bulan.

Ide Oddwain Di Balik ‘Radiance’

Ide awal ‘Radiance’ muncul dari pertanyaan Oddwain terhadap moral. Kontemplasi yang dalam membawa Oddwain pada jawaban, bahwa moral memang memberikan mereka daya lewat simplifikasi atas realitas ke dalam wilayah hitam-putih, baik-buruk. Dikotomi ini tentu saja memiliki strata, bahwa yang baik lebih tinggi daripada yang buruk. Maka apapun hal baik yang dilakukan dan terjadi pada mereka akan membuat mereka merasa memiliki derajat yang lebih tinggi. Namun di sisi lain, Oddwain juga menyadari bahwa moral mampu menyembunyikan berbagai hal yang berada dalam wilayah spektrum antara hitam-putih. Pelabelan sesuatu menjadi hitam-putih pun dianggap mempunyai potensi bermasalah. Konseptualisasi inilah yang menjadi kerangka dasar pembentukan musik dan lirik ‘Radiance’.

Puas dengan penggarapan musik dan lirik, Oddwain berusaha memberikan visualisasi yang tepat untuk ‘Radiance’. Artwork ‘Radiance’ dipercayakan kepada Febryan Nur Aziz dari KNYG Graphic Studio.  Artwork ini didesain untuk menggambarkan ‘Radiance’ secara holistik, dari musik, lirik, hingga pengalaman yang diperkirakan akan didapatkan pendengar saat memutar ‘Radiance’.

‘Radiance’ diharapkan dapat menjadi pembuka yang tegas untuk trilogi EMOTIONAL TRIP. Tentunya Oddwain dan OYISAM! punya alasan tersendiri saat memilih lagu yang menghentak ini untuk mengisi bagian pertama triloginya. Alasan ini akan terkuak di akhir trilogi EMOTIONAL TRIP karena semua rilisan di bawah trilogi ini telah ditata sedemikian rupa untuk memberikan pengalaman tersendiri bagi pendengar.

Lewat single ini, Oddwain bersama OYISAM! mendeklarasikan bahwa selama 2 hingga 3 bulan ke depan mereka akan merilis beberapa karya secara konsisten lewat trilogi EMOTIONAL TRIP. Trilogi ini sangat disarankan untuk diikuti dari awal sampai akhir untuk mendapatkan pengalaman yang menyeluruh, serta mendapatkan makna yang utuh dari semua rangkaian perjalanan EMOTIONAL TRIP.

Baca juga: Alt-Rocker Boom Boom Car Gambarkan Manusia Serakah Via Single ‘Binatang’

Selamat mendengarkan raungan ‘Radiance’, bray.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Album Klasik

    32 Album Klasik & Esensial Yang Berulang Tahun Di Bulan September

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya sebuah

    on Sep 28, 2021
    Nirvana

    30 Tahun Lalu Nirvana Muntahkan "Nevermind" Sebagai 'Game-Changer'

    Nirvana sampul album Nevermind pada tahun 1991 (Foto: Paul Bergen/Redferns). Nirvana Nevermind termasuk dalam deretan album yang telah memainkan peran utama

    on Sep 27, 2021
    Tom Morello

    Tom Morello & Bring Me The Horizon Party Bareng Di Lagu Yang 'PECAH'

    Foto: dok. artis. Tom Morello, penggemar rock siapa yang tidak mengenal gitaris ini. Gitaris sekaligus ikon rock pemenang dua penghargaan Grammy ini baru sa

    on Sep 23, 2021
    Placebo

    Placebo Kembali Via Lagu Keren 'Beautiful James' Setelah 5 Tahun Absen

    Placebo (Foto: Mads Perch). Placebo, anak-anak 1990-an dan awal 2000-an pasti kenal band alternative rock yang dibentuk di London, Inggris tahun 1994 ini. B

    on Sep 20, 2021