×
×

Search in Mata Mata Musik

Alumni ‘X Factor’ Trevi Moran Muncul Sebagai Perempuan Transgender!

Posted on: 06/9/20 at 7:30 am

Trevi Moran.
Trevi Moran dalam video dokumenter Trevi: The Transition. (Foto: YouTube).

Trevi Moran, seorang mantan kontestan ajang kompetisi musik yang melahirkan boyband fenomenal One Direction, yaitu X Factor, Trevi muncul ke publik sebagai perempuan transgender atau istilah yang kerap disebut transpuan.

Trevi Moran, yang memiliki 1,43 juta subscribers di YouTube, memposting video pendek baru-baru ini yang berjudul “Coming Out. I Am Female”. Dalam video itu, dia secara detail menjelaskan perjalanannya sejauh ini dan mengumumkan sebuah dokumen tentang transisi gendernya.

“Hi. Nama aku Trevi Moran. Aku seorang perempuan transgender,” ujar Trevi Moran dalam video pengumumannya. “Ini adalah awal yang baik. Aku tidak percaya aku baru saja mengatakan itu dengan lantang”.

Penyanyi asal Amerika Serikat (AS) yang berusia 21 tahun itu sebelumnya muncul sebagai gay pada tahun 2015 dan juga telah memposting sebuah video yang menjelaskan bahwa dia mempertanyakan identitasnya sebagai seorang pria cisgender pada tahun 2017.

“Aku mengalami kesulitan dalam perjalananku pada tahun 2017 ketika aku pikir aku bukan transgender karena aku merasa orang-orang mendorongku untuk menjadi transgender. Tidak, aku hanya punya banyak godaan dari setan pada masa itu,” jelas Trevi Moran. “Ada banyak gangguan makan, masalah kepercayaan diri. Itu bukan saatnya bagiku untuk (muncul sebagai transgender) saat itu”.

Trevi Moran telah mendokumentasikan proses transisi gendernya, dengan rencana untuk merilis rekaman tersebut sebagai seri dokumenter yang disebut Trevi: The Transition. Sebuah preview dari seri itu juga ada dalam video pengumuman terbarunya.

“Aku sudah dua bulan menggunakan (suntikan) hormon. Otak aku terasa kacau,” ujar Trevi Moran. “Aku sangat hormonal, maksudku pantatku sudah mulai gemuk banget. Dan payudaraku sudah mulai tumbuh, dan itu rasanya sakit. Aku sedang mengalami banyak tantangan sekarang, semua karena aku hanya ingin menjadi diriku sendiri”.

Trevi Moran pertama kali mendapatkan perhatian pada usia 13 tahun sebagai kontestan di acara The X Factor pada tahun 2012. Dia kemudian beralih ke YouTube, mengembangkan platformnya sebagai bagian dari kanal kolaborasi bernama “Our 2nd Life” sambil juga merilis materi musik orisinil. Tahun lalu, Trevi Moran juga memposting berbagai video yang emosional tentang pengalamannya dalam rehabilitasi karena kecanduan alkohol dan masa kumat berikutnya.

Trevi Moran mengakhiri video itu dengan memberi semangat kepada para pengikutnya: “Jika kalian pernah tersesat, jangan pergi keluar, pergi kedalam. Masuk dan temukan diri kalian sendiri karena untuk muncul keluar dan mengalihkan perhatian kalian akan mengalahkan tujuan (aslinya)”.

Tonton video lengkap dari pengumuman Trevi Moran di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Titi Radjo Padmaja

    Titi Radjo Padmaja Ajak Merenung Di Single Aduhai 'Leave And Goodbye'

    Titi Radjo Padmaja sebenarnya bukan nama asing di blantika musik Indonesia. Doi tidak lain adalah artis yang sebelumnya dikenal sebagai Titi Rajo Bintang.

    on Jul 23, 2021
    Egha De Latoya

    Egha De Latoya Kembali Bikin Mewek Via Single 'Jatuh Cinta Sendiri'

    Egha De Latoya, tentu namanya tidak asing di telinga pecinta musik Indonesia. Masih ingat lagu 'Sembunyikan Aku' di tahun 2019? Nuansanya mengingatkan ke m

    on Jul 19, 2021
    Wawancara Silver Bells

    Silver Bells: Wawancara Tentang Debut Girlgroup, Musik, Visi & Misi

    Silver Bells telah resmi debut sebagai girlgroup Indonesia dengan single berjudul 'Cinta Yang Baru', tepat hari ini, Jum’at, 16 Juli 2021 pukul 14:0

    on Jul 16, 2021
    Lyodra

    Lyodra Rilis MV Single 'Kalau Bosan' Bareng Album Perdananya!

    Foto: dok. Universal Music Indonesia. Lyodra kembali menyapa penggemarnya dengan membawa kabar gembira! Penyanyi cantik bernama lengkap Lyodra Margaretha Gi

    on Jul 15, 2021