×
×

Search in Mata Mata Musik

Amazon Hentikan Pesanan CD dan Vinyl di Tengah Wabah Virus Corona

Posted on: 03/20/20 at 6:01 am

Amazon store.
Salah toko fisik Amazon (Foto: Istimewa).

Amazon telah menghentikan pesanan grosir CD, vinyl (piringan hitam), dan merchandise musik dalam upaya untuk memenuhi permintaan yang meningkat untuk hal-hal penting di tengah wabah virus Corona. Untuk memenuhi permintaan barang-barang penting, raksasa ritel ini tidak akan mengisi kembali CD dan piringan hitam sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Baca juga: Dokumenter Rihanna Dibeli Amazon Senilai Hampir Rp 350 Miliar

Kabar ini seperti dilaporkan oleh Variety and Music Business Worldwide bahwa penundaan pesanan ke dalam gudang akan berlangsung setidaknya sampai 5 April, karena perusahaan ritel ini mengisi kembali dengan kebutuhan pokok rumah tangga dan pasokan medis.

Untuk barang yang sudah dimiliki Amazon di gudang, pesanan akan diproses seperti biasa. Namun, label rekaman dan distributor tidak akan menerima pesanan pengiriman hingga pemberitahuan lebih lanjut.

“Kami melihat peningkatan belanja online, dan akibatnya beberapa produk rumah tangga dan persediaan medis habis,” pernyataan Amazon untuk pembeli.

“Dengan mengingat hal ini, kami sementara memprioritaskan kebutuhan rumah tangga, persediaan medis, dan produk-produk lain yang banyak diminati ke pusat-pusat pemenuhan kami sehingga kami dapat lebih cepat menerima, mengisi kembali, dan mengirimkan produk-produk ini kepada pelanggan. Untuk produk selain ini, kami telah menonaktifkan sementara pengiriman,” tutup pernyataan tersebut.

Baca juga: Industri Musik AS Tuduh Amazon Jual Jutaan CD Palsu

Wabah virus Corona memberikan pukulan bagi pelaku industri musik. Pekan lalu, Record Store Day menunda edisi 2020-nya hingga tanggal 20 Juni, memberikan pukulan lebih lanjut pada label rekaman. Jum’at ini (20/3/2020), Bandcamp melepaskan bagian pendapatannya dari penjualan musik, untuk mendukung artis-artis yang kesulitan.

Penerjemah: Fajar Nugroho
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Nicki Minaj

    Nicki Minaj Menolak Undangan Met Gala Karena Wajibkan Sertifikat Vaksi...

    Nicki Minaj (Foto: Frazer Harrison/Getty Images). Nicki Minaj, si ratu bokong "geal-geol", kembali menyentak kancah musik arus utama. Menyusul acara prestis

    on Sep 15, 2021
    Jonathan Davis

    Jonathan Davis Melanjutkan Tur Korn Pasca Isoman Penyembuhan Covid

    Jonathan Davis lebih banyak duduk di kursi selama konser berlangsung. Sebelumnya dikabarkan secara resmi oleh pihak Korn bahwa Jonathan Davis positif mengid

    on Aug 31, 2021
    Eric Clapton dan Brian May

    Brian May Sebut Eric Clapton dan Para Anti-Vaksin Lainnya 'Gila'

    Eric Clapton (Foto: Gareth Cattermole/Getty Images) / Brian May (Foto: Cole Bennetts/Getty Images). Brian May, sang gitaris Queen telah mengomentari pengumu

    on Aug 8, 2021
    Madball

    Madball Menolak Konser Di Mana Pun Yang Wajibkan Paspor Vaksin

    Madball circa 2018 (Foto: Gatorfood). Madball adalah salah satu dari artis dan band yang lantang bersikap berseberangan dengan arus mayoritas dunia. Veteran

    on Aug 6, 2021