×
×

Search in Mata Mata Musik

Amazon Hentikan Pesanan CD dan Vinyl di Tengah Wabah Virus Corona

Posted on: 03/20/20 at 6:01 am

Amazon store.
Salah toko fisik Amazon (Foto: Istimewa).

Amazon telah menghentikan pesanan grosir CD, vinyl (piringan hitam), dan merchandise musik dalam upaya untuk memenuhi permintaan yang meningkat untuk hal-hal penting di tengah wabah virus Corona. Untuk memenuhi permintaan barang-barang penting, raksasa ritel ini tidak akan mengisi kembali CD dan piringan hitam sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Baca juga: Dokumenter Rihanna Dibeli Amazon Senilai Hampir Rp 350 Miliar

Kabar ini seperti dilaporkan oleh Variety and Music Business Worldwide bahwa penundaan pesanan ke dalam gudang akan berlangsung setidaknya sampai 5 April, karena perusahaan ritel ini mengisi kembali dengan kebutuhan pokok rumah tangga dan pasokan medis.

Untuk barang yang sudah dimiliki Amazon di gudang, pesanan akan diproses seperti biasa. Namun, label rekaman dan distributor tidak akan menerima pesanan pengiriman hingga pemberitahuan lebih lanjut.

“Kami melihat peningkatan belanja online, dan akibatnya beberapa produk rumah tangga dan persediaan medis habis,” pernyataan Amazon untuk pembeli.

“Dengan mengingat hal ini, kami sementara memprioritaskan kebutuhan rumah tangga, persediaan medis, dan produk-produk lain yang banyak diminati ke pusat-pusat pemenuhan kami sehingga kami dapat lebih cepat menerima, mengisi kembali, dan mengirimkan produk-produk ini kepada pelanggan. Untuk produk selain ini, kami telah menonaktifkan sementara pengiriman,” tutup pernyataan tersebut.

Baca juga: Industri Musik AS Tuduh Amazon Jual Jutaan CD Palsu

Wabah virus Corona memberikan pukulan bagi pelaku industri musik. Pekan lalu, Record Store Day menunda edisi 2020-nya hingga tanggal 20 Juni, memberikan pukulan lebih lanjut pada label rekaman. Jum’at ini (20/3/2020), Bandcamp melepaskan bagian pendapatannya dari penjualan musik, untuk mendukung artis-artis yang kesulitan.

Penerjemah: Fajar Nugroho
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Hellfest 2019.

WHO Umumkan Saran Baru Untuk Acara Berskala Besar, “New Normal”nya...

Hellfest, festival rock dan metal paling besar di Perancis. World Health Organisation alias WHO telah mengeluarkan saran terbaru mereka tentang panduan dala

on Jun 4, 2020
Slay At Home

Tonton Sekarang! Slay At Home: Festival Seni & Musik Heavy Metal Virtu...

Dengan pembatalan dan penundaan jadwal konser dan festival musik di seluruh dunia akibat pandemi virus maderfaker-19, dan belum jelas juga kapan masa krisi

on Jun 4, 2020
David Guetta

David Guetta Dikecam Atas Remix Pidato Martin Luther King Jr. Yang “...

David Guetta / United at Home - Fundraising Live from NYC. (Foto: YouTube). Sepertinya sekarang kita memiliki soundtrack yang sesuai untuk iklan Pepsi “ng

on Jun 2, 2020
Festival Musik

Kostum APD Covid-19 Baru Didesain Spesifik Untuk Konser dan Festival M...

Micrashell oleh Production Club. Ketika para pejabat pemerintah sedang pusing merencanakan bagaimana cara membuka kembali negara mereka di tengah pandemi Co

on May 27, 2020