×
×

Search in Mata Mata Musik

Amazon Hentikan Pesanan CD dan Vinyl di Tengah Wabah Virus Corona

Posted on: 03/20/20 at 6:01 am

Amazon store.
Salah toko fisik Amazon (Foto: Istimewa).

Amazon telah menghentikan pesanan grosir CD, vinyl (piringan hitam), dan merchandise musik dalam upaya untuk memenuhi permintaan yang meningkat untuk hal-hal penting di tengah wabah virus Corona. Untuk memenuhi permintaan barang-barang penting, raksasa ritel ini tidak akan mengisi kembali CD dan piringan hitam sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Baca juga: Dokumenter Rihanna Dibeli Amazon Senilai Hampir Rp 350 Miliar

Kabar ini seperti dilaporkan oleh Variety and Music Business Worldwide bahwa penundaan pesanan ke dalam gudang akan berlangsung setidaknya sampai 5 April, karena perusahaan ritel ini mengisi kembali dengan kebutuhan pokok rumah tangga dan pasokan medis.

Untuk barang yang sudah dimiliki Amazon di gudang, pesanan akan diproses seperti biasa. Namun, label rekaman dan distributor tidak akan menerima pesanan pengiriman hingga pemberitahuan lebih lanjut.

“Kami melihat peningkatan belanja online, dan akibatnya beberapa produk rumah tangga dan persediaan medis habis,” pernyataan Amazon untuk pembeli.

“Dengan mengingat hal ini, kami sementara memprioritaskan kebutuhan rumah tangga, persediaan medis, dan produk-produk lain yang banyak diminati ke pusat-pusat pemenuhan kami sehingga kami dapat lebih cepat menerima, mengisi kembali, dan mengirimkan produk-produk ini kepada pelanggan. Untuk produk selain ini, kami telah menonaktifkan sementara pengiriman,” tutup pernyataan tersebut.

Baca juga: Industri Musik AS Tuduh Amazon Jual Jutaan CD Palsu

Wabah virus Corona memberikan pukulan bagi pelaku industri musik. Pekan lalu, Record Store Day menunda edisi 2020-nya hingga tanggal 20 Juni, memberikan pukulan lebih lanjut pada label rekaman. Jum’at ini (20/3/2020), Bandcamp melepaskan bagian pendapatannya dari penjualan musik, untuk mendukung artis-artis yang kesulitan.

Penerjemah: Fajar Nugroho
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Konser

Pakar Penyakit Menular Dr. Fauci Optimis Konser Kembali Digelar Pada T...

Dr. Fauci. (Foto: dok. Consequence of Sound). Pada konferensi virtual yang diselenggarakan oleh Association of Performing Arts Professionals, Dr. Anthony Fa

on Jan 12, 2021
Boss Metal Zone

Diagram Efek Gitar Metal Zone Dirumorkan Sebagai Chip 5G Dalam Vaksin ...

"5G chip diagram" dan pedal efek Boss Metal Zone. Kita telah memasuki era di mana realitas yang nggak masuk akal adalah hal yang masuk akal. Hal yang non-lo

on Jan 6, 2021
SOS Fest

Fitur Foo Fighters & Lainnya, SOS Fest Raup Rp 28 Miliar Untuk Bantu V...

SOS Fest. Seiring dengan berlanjutnya Laporan Tahunan, kita akan melihat beberapa perubahan pada musik live di tahun 2020 di mana sebagian besar dunia berst

on Dec 30, 2020
OPPORTUNIST deathcore

'Plandemic (Narrow Minded)' Cetus MOSI TIDAK PERCAYA Unit Metalcore Op...

'Plandemic (Narrow Minded)' adalah single kedua band metalcore asal Pandeglang, Banten Opportunist yang dirilis pada tanggal 18 Desember 2020. Single baru

on Dec 23, 2020