×
×

Search in Mata Mata Musik

AmPm, Duo Produser Jepang Mengapresiasi Kota Jakarta Via Single Baru

Posted on: 09/13/21 at 9:00 am

AmPm, Duo Produser EDM Jepang Mengapresiasi Kota Jakarta Via Single Instrumental Baru
Duo Produser AmPm.

AmPm (baca: AmPam), sebagai seniman, mengaku inspirasi bisa datang dari mana saja. Terkadang dari pengalaman yang sudah cukup lama, karena kesannya begitu membekas di hati, bisa terus menjadi sumber inspirasi yang tidak pernah habis untuk digali. Itulah yang terjadi pada AmPm. Berkunjung ke Jakarta menjadi satu pengalaman yang berkesan bagi duo kreatif bertopeng asal Jepang ini. Sebagai bentuk rasa apresiasi mereka terhadap kota yang banyak memberi momen penting dalam perjalanan karier mereka sebagai musisi, AmPm pun menciptakan single baru yang sepenuhnya terinspirasi oleh kota metropolitan tersebut.

Baca juga: Angels & Airwaves Rilis MV ‘Spellbound’ Dari Album Baru “LIFEFORMS”

Single terbaru mereka berjudul ‘Jakarta’ menjadi single dance instrumental ketiga mereka yang terinspirasi dari kota-kota di berbagai belahan dunia. ‘Jakarta’ diluncurkan serentak di semua digital streaming platform sejak tanggal 10 September 2021. Bersamaan dengan pemutaran perdana video musiknya di YouTube yang menampilkan dinamika lanskap dan pemandangan kota Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia.

Duo yang memulai karier pada Maret 2017 dan populer secara global lewat single ‘Best Part of Us feat. Michael Kaneko’ ini memang kerap mengungkapkan kekaguman mereka terhadap Indonesia. Dan terutama Jakarta, kota di luar Jepang di mana mereka pertama kalinya berkesempatan tampil di festival musik besar dengan ribuan penonton.

“Sebagai kota di mana pertama kalinya kami tampil di sebuah konser, Jakarta menyimpan banyak kenangan bagi kami. Kota yang menjadi rumah bagi orang-orang dengan latar belakang yang sangat beragam, Jakarta memiliki budaya yang unik. Sebagai kota yang berkembang begitu pesat, Jakarta memiliki karakter yang khas. Dan tidak bisa dipungkiri, menjadi salah satu kota favorit kami. Kami bertujuan untuk mengekspresikan kenangan-kenangan indah kami tentang Jakarta. Beserta dengan getaran atmosfer yang kami rasakan dalam sebuah lagu dance,” ungkap kedua personel AmPm.

AmPm Membuat Serial Single Kota Yang Berkesan Bagi Mereka

Seperti yang sudah diterangkan di atas, ‘Jakarta’ merupakan lagu ketiga dari seri lagu dance instrumental bertemakan kota-kota di dunia yang menginspirasi serta memiliki peranan penting dalam perjalanan karier AmPm. Serial lagu tematis ini dimulai dengan peluncuran single ‘Tokyo’ pada Maret 2021, dilanjutkan dengan ‘New York City’ pada Juni 2021 dan kini, ‘Jakarta’ pada 10 September.

Pemilihan kota-kota ini tentu saja berkaitan dengan perjalanan musik duo produser ini di mana tiap personel AmPm merasa ada keterikatan emosional kuat terhadap kota-kota tersebut. Khusus untuk Jakarta, AmPm tampil di Jakarta pada 2017 sebagai satu-satunya artis Jepang yang tampil di festival Spotify On Stage. Di mana, sebagai artis pendatang baru, ini menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Ditambahkan jika, “Kami masih bisa dengan jelas mengingat betapa besarnya antusias kami dengan penampilan konser pertama kami itu di Jakarta. Untuk saat ini, mungkin masih sangat sulit untuk mengulang pengalaman seperti itu di mana kelompok besar penonton berkumpul dan musik diputar dalam volume yang paling keras. Namun, kami optimis jika akan datang saatnya di mana kami dapat kembali ke Jakarta dan tampil di panggung konser, menampilkan karya musik terbaru AmPm”.

Dari keterkaitan emosional ini, terciptalah lagu yang mengkombinasikan lagu dance khas AmPm yang smooth n’ chill dengan melodi kental khas Asia Tenggara yang dianggap bisa menggambarkan Ibu Kota Indonesia yang begitu menggugah hati bagi para personel AmPm. “Lagu ini juga merupakan upaya pertama kali kami untuk memasukkan suara instrumen tradisional rakyat. Dan kami berharap pendengar bisa menikmati dan merasakan perjalanan ke kota Jakarta saat mendengarkan lagu ini”.

Musik Dance Instrumental Yang Terinspirasi Dari Kota Favorit

Oh iya, mereka menulis curhatan mengenai pengalaman penuh kesan mereka selama di Jakarta. Dan inspirasi yang didapat dari kota Jakarta. Bisa lebih lanjut dibaca melalui situs web blog mereka di tautan ini.

Sepanjang karier mereka, AmPm telah memproduksi lagu dance yang menampilkan berbagai vokalis tamu dari berbagai belahan dunia. Namun, sebagai tambahan dari apa yang sudah mereka kerjakan, mereka memang berencana akan meneruskan untuk berkarya mengedarkan musik dance instrumental yang terisnpirasi dari kota-kota favorit mereka, sebagai ekspresi mereka terhadap inspirasi berharga yang didapat saat berkeliling dunia.

Baca juga: Atari Rilis Video Game HP Baru Dari Lagu-Lagu Produser EDM Alm Avicii

Single dance instrumental yang telah lebih dulu beredar seperti ‘Tokyo’ dan ‘New York City’ juga disertakan dalam perilisan single ‘Jakarta’. Silakan kunjungi berbagai digital streaming platform seperti Spotify, Apple Music dan Joox.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Noni

    Noni Padukan House Music dan R&B Via Lagu Barunya Fitur Basboi

    Noni dan Basboi (Foto: dok. artis). Noni kembali merilis single solonya berjudul 'WRITTENINTHESTARS' pada hari Jum'at, 17 September 2021. Sebelumnya penyany

    on Sep 22, 2021
    TikTok #HouseParty

    Dipha Barus, Weird Genius & DJ Top Dunia Ramaikan TikTok #HouseParty

    Pamflet acara TikTok Live Music Night. Pergelaran musik livestream menjadi alternatif utama dalam meramaikan panggung hiburan saat ini. Salah satunya adalah

    on Sep 14, 2021
    Weird Genius

    Weird Genius // Tokyo Machine // Lights 'Last Summer' Rilis MV Animasi

    Weird Genius (Foto: Instagram/weird.genius), Lights (Foto: via YouTube). Weird Genius kembali dengan rilisan baru, yaitu MV (Music Video) dari single kolabo

    on May 26, 2021
    Daft Punk

    Setelah 28 Tahun Menjadi Stimulan Dansa, Daft Punk Resmi Bubar!

    Thomas Bangalter dan Guy-Manuel de Homem-Christo. (Foto: David Black). Daft Punk, duo musik elektronik kelahiran Paris, 1993 silam yang bertanggung jawab at

    on Feb 23, 2021