×
×

Search in Mata Mata Musik

Amy Lee Bahas Cover 'The Chain' dan Album Mendatang Evanescence

Posted on: 12/19/19 at 2:08 am

Saat Amy Lee meng-cover lagu Fleetwood Mac ‘The Chain’ sepanjang satu menit untuk trailer video game Gears 5, dia melakukannya sebagai proyek solo. Tapi Amy tahu betul dia ingin menghadirkan versi penuh dari cover itu bersama bandnya, Evanescence.

“Itu adalah sesuatu yang benar-benar [bisa] saya bayangkan [untuk kerjakan] sebagai band,” ujarnya. “Kami semua suka Fleetwood Mac, jadi saya usulkan untuk meng-cover penuh lagunya, dan mereka sangat suka dengan ide itu”.

Sejak dirilis pada 22 November, ‘The Chain’ telah terjual sebanyak 10.000 unduhan, meraup  963.000 streams dan menduduki posisi No. 1 di tangga lagu Rock Digital Song Sales Billboard, menurut Nielsen Music. Saat rekaman cover, Evanescence memasukkan seluruh orkestra ke dalamnya, sedangkan efek yang digunakan di trailer lebih berbasis synth.

“Bisa membawakannya secara penuh dengan orkestra penuh dan nyata adalah sesuatu yang selalu saya sukai,” kata Amy. 

“Saya benar-benar merasa bagian dari suara kami adalah orkestra yang hidup dan bernapas, semacam elemen scoring sinematik. Saya sedikit kutu buku dan banyak mendapat pengaruh musik klasik sewaktu kecil, jadi bagi saya, itulah bagian dari apa yang diperlukan untuk membuat sesuatu menjadi lagu Evanescence”.

Ketika Amy memiliki ide atau diminta untuk mengerjakan proyek seperti trailer, ‘nuansa dan semangat’ menjadi bahan pertimbangan baginya apakah itu akan cocok sebagai proyek solo atau lagu Evanescence. Amy menegaskan, ‘The Chain’ tidak akan muncul di album baru yang sedang ditulis band sekarang, yang direncanakan direkam dan dirilis di 2020.

“Saya bagian yang selalu ada dan saya penulis inti Evanescence sejak awal, jadi di satu sisi rasanya seperti, ‘Well, kalau begitu kita bisa melakukan apa pun yang saya mau,’” tuturnya, sambil juga mengakui bahwa “ada sesuatu tentang ciri khas kami dan band kami yang jauh lebih besar dari diri saya, dan itu adalah hasil kerja sama dengan banyak orang selama bertahun-tahun”. 

Amy merasa, bagian dari itu adalah “pokoknya, bagian dari itu adalah produksi dan instrumentasinya yang selalu bisa ditambahkan – tapi saya rasa, dari intinya, beberapa lagu terasa seperti lagu Evanescence, [dan] beberapa tidak”.

‘The Chain’ juga menjadi pengisi sementara untuk band dalam hal perilisan single. Rilisan terakhir Evanescence yang seperti itu adalah ‘Imperfection,’ lagu dari Synthesis di 2017—album yang menyusun ulang lagu-lagu yang direkam sebelumnya dengan orkestrasi lengkap—yang mencapai No. 29 di Rock Digital Song Sales. Lagu baru terakhir yang diluncurkan band yaitu ‘The Other Side’ dari Evanescence di 2011.

Soal tidak dimasukkannya ‘The Chain’ ke album mendatang band, Amy mengatakan, “Itu hanyalah sesuatu yang muncul yang ingin kami lakukan. Sekarang kami sedang santai melakukan multitasking karena kami kadang-kadang tur, kemudian kami juga menulis untuk album baru dan mengambil peluang kecil yang keren seperti ini untuk membuat karya musik untuk hal lain”.

Band ini meluangkan waktu untuk menulis selama sekitar awal atau akhir tur, dan juga memanfaatkan platform berbagi file secara online. Amy menikmati semangat kolaborasi ini, tetapi juga suka “merenung dan menciptakan musik baru sendiri tanpa dikejar waktu – saat inspirasi datang, [saya] tinggal mengeluarkan ide dengan waktu saya sendiri. Tapi itu tidak masalah karena kami bisa berbagi ide satu sama lain tanpa harus bertemu dan memikirkan ide-ide itu sendiri, lalu berkumpul untuk semacam kamp band kami dengan ide-ide tentang sesuatu yang sudah dimulai”.

Amy memperkirakan, Evanescence akan mengambil pendekatan sedikit demi sedikit dalam proses rekaman, ketimbang merekam semuanya sekaligus di satu studio. “Kami akan mengerjakan beberapa lagu yang kami suka dan kami tahu sudah siap untuk direkam dan masuk ke studio dengan produser,” jelasnya. 

“Lalu kami akan terus bekerja dan mungkin mencoba produser yang berbeda di beberapa lagu itu”. Dia juga mempertimbangkan untuk tidak merilis semua lagu sekaligus – tapi Amy menyebut Evanescence sebagai ‘band album’, yang berarti “di akhir proyek, harus ada album lengkap untuk kami. Saya hanya merasa seperti itulah band kami”.

Meskipun penulisan masih dalam tahap awal, Amy merasa semuanya berjalan baik. “Kami punya koleksi lagu yang bagus, dan nuansa serta temanya mulai terbentuk, dan saya sangat senang dengan ke mana album ini mengarah,” ujarnya. “Saya tidak ingin membocorkan terlalu banyak karena masih banyak yang harus dikerjakan, tapi kami jelas sangat ingin nge-rock. Albumnya bakal dark dan heavy”.

Mengingat sudah delapan tahun sejak Evanescence merilis album, Amy merasa penting menunjukkan bagaimana band ini telah tumbuh, serta menangkap apa yang ada sekarang. “Saya tidak sabar menyelesaikan semua itu, tapi kami menikmati kesalahan di sisi yang heavy saat ini karena kami baru saja selesai dengan Synthesis. Rasanya sudah saatnya kami mulai kembali”.

Amy menghubungkan bagian dari pertumbuhan itu dengan masuknya Jen Majura, yang bergabung di 2015 setelah gitaris Terry Balsamo keluar, dan dia cukup senang dengan kehadirannya. “Dia menambahkan banyak ke pertunjukan live kami karena dia adalah vokalisnya. Sangat luar biasa memiliki vokal latar live untuk pertama kalinya,” jelas Amy. 

“Saya sangat suka vokal berlapis, dan terwakilinya hal itu di konser kami adalah hal yang keren bagi saya. Dan juga, energinya luar biasa. Dia punya sikap yang hebat, kepribadian yang seru, sangat menarik, mantap di atas panggung, jadi dia menjadi tambahan yang menyenangkan bagi keluarga kami. Dan tentu saja, kami senang punya personil perempuan lain di band ini”.

Berbicara tentang kehadiran personil perempuan lain, Amy juga bergabung dengan beberapa musisi perempuan lain dalam tur. Selama tur Synthesis Live di 2017-2018, Evanescence berbagi slot penampil utama dengan pemain biola Lindsey Stirling. 

Musim semi mendatang, mereka akan tampil bersama band metal simfonik dari Belanda, Within Temptation, yang digawangi vokalis Sharon den Adel, untuk Worlds Collide Tour 2020 yang dimulai di Eropa pada bulan April. “Ini memiliki skala yang lebih besar daripada yang kami lakukan belakangan,” kata Amy tentang produksi tur mendatang. “Jadi saya senang bisa menghadirkan produksi yang sangat besar ke pertunjukan yang belum kami jalani dalam beberapa waktu terakhir”.

Mengingat tur ini dipicu oleh tuntutan fans kedua pihak, akankah Amy dan Sharon bergabung di atas panggung seperti waktu Amy tampil dengan Lindsey selama era Synthesis Live? “Saya tidak punya jawaban untuk itu karena kami perlu membicarakannya, tapi saya tidak masalah,” ungkap Amy mengaku. “Kami perlu membahas itu untuk melihat apa yang akan kami lakukan di luar sana”.

Amy juga mengaku, dia sedikit tidak familiar dengan Within Temptation sampai tahun lalu, dan saat Evanescence menyaksikan salah satu konser live mereka, band ini pun dibuat terpana. 

“Berbagi panggung dengan musisi wanita hebat lainnya [seperti Sharon] dan menontonnya melakukan apa yang saya lakukan membuat saya merasakan semacam kebanggaan tersendiri,” tutur Amy.

“Saya merasa bangga dan terinspirasi ketika saya melihat wanita lain melakukan hal-hal menakjubkan di atas panggung, dan saya sangat terkesan dengan penampilannya – dan senang karena kami bisa berangkat tur bersama, sehingga kami bisa menjadi bagian dari itu setiap malam”.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Che Cupumanik dan Robi Navicula

Che Cupumanik & Robi Navicula Rilis 'Jiwa Yang Berani' Untuk Rock Memb...

Robi (Navicula) dan Che (Cupumanik). Pada saat menjelang proses perilisan buku Rock Memberontak, sekitar tahun 2015. Vokalis Cupumanik, Che mengusulkan ide

on Oct 27, 2020
Space Comma Space

Space Comma Space Rilis Double Single Melankolis 'Pale in Time/Loveles...

Space Comma Space. Setelah enam tahun lalu terbentuk dan hanya pentas di acara-acara sekolah, kolektif musik asal Jakarta, Space Comma Space merilis materi

on Oct 18, 2020
BMTH

EP BMTH "Post Human: Survival Horror" Juga Fitur Babymetal, Amy Lee Ev...

Bring Me The Horizon. (Foto: Jonathan Weiner). Sejauh ini Bring Me The Horizon (BMTH) telah memuntahkan tiga single baru, berawal dari 'Ludens' pada akhir 2

on Oct 15, 2020
Stevie Nicks

Stevie Nicks Rilis ‘Show Them The Way’, Lagu Solo Barunya Fitur Da...

Stevie Nicks. Stevie Nicks baru saja merilis lagu solo baru pertamanya dalam hampir satu dekade terakhir. Lagu baru itu berjudul ‘Show Them The Way’ dan

on Oct 9, 2020