×
×

Search in Mata Mata Musik

Amy Lee (Evanescence): 10 Album Yang Mengubah Hidupnya

Posted on: 05/10/20 at 9:00 am

Amy Lee (Evanescence).
Amy Lee (Evanescence).

Sambil mempelajari metode dunia musik klasikal dan heavy metal, band modern rock/metal Evanescence akan selalu memilik peran yang unik di antara periode awal saat band-band baru sedang marak bermunculan. Tapi album apa saja yang bertanggung jawab dalam mengubah kehidupan dan karya musik dari vokalis Evanescence Amy Lee? Melalui Metal Hammer, sang frontwoman ikonik ini telah mengungkapnya. Here you go…

1. Album pertama yang aku beli adalah…

The California Raisins – The California Raisins Sing The Hit Songs (1987)

“The California Raisins! Haha! Kismis berbentuk claymation yang mengcover lagu-lagu The Four Tops dan lainnya. Itu adalah trend yang besar di tahun 1980-an dan waktu itu aku masih berusia lima tahun. Aku pasti merupakan orang pertama yang berbicara tentang The California Raisins di Metal Hammer“.

Baca Juga: Evanescence Kembali Dengan ‘Wasted On You’, Single Baru Potret Selama Lockdown

2. Album yang kuharap bisa jadi pembuatnya adalah…

Nine Inch Nails – The Downward Spiral (1994)

“Itu adalah pertanyaan yang sulit! Aduh Gusti, The Downward Spiral. Aku mengharapkan begitu banyak hal dari musik, tetapi jika itu adalah album buatanku… Aku bisa menyanyikan semua itu dan merasa sangat bahagia. Aku memiliki semua album NIN, tetapi… The Downward Spiral adalah favoritku”.

3. Album yang menghancurkan hatiku adalah…

Björk – Vespertine (2001)

Vespertine oleh Björk. Benar-benar menakutkan dan mellow dan ada lagu ‘Pagan Poetry’ di album itu. Ada beberapa lagu di sana yang sangat indah dan, bagiku, merupakan tentang melepaskan dan menerima hal-hal dengan cara yang sangat indah dan begitu menyedihkan”.

4. Album buatanku yang aku ingin orang-orang selalu ingat adalah…

Evanescence – Evanescence (2011)

“Ada alasan mengapa album itu diberi judul Evanescence. Kami sangat bangga dengan itu. Pada album pertama, Fallen (2003), kami masih remaja dan sedang mencoba banyak hal – kami menulis My Immortal ketika aku berusia 16 tahun – dan Open Door (album kedua tahun 2006) dalam berbagai cara adalah semacam konsep keberangkatan. Pertumbuhan akan membuatmu menjadi musisi yang lebih baik”.

5. Album yang aku dengarkan saat berkendara ngebut adalah…

Rob Zombie – Hellbilly Deluxe (1998)

“Aku sudah tidak menyetir mobil selama bertahun-tahun! Jadi dalam hal apa yang aku dengarkan saat berolahraga, itu adalah Rob Zombie dan White Zombie. Aku suka kedua proyek tersebut, dan film-film mereka. Meskipun, umm… Aku juga berolahraga sambil mendengarkan Janet Jackson! Hahaha!”.

6. Artwork cover album terbaik adalah…

Nirvana – In Utero (1993)

“Aku sangat suka dengan artwork cover album In Utero. Anatomi seorang malaikat yang aneh tapi cantik itu; kotor, internal dan mentah. Itu sangat mencekam, dan aku juga suka albumnya – album itu sangat berpengaruh dalam hidupku”.

7. Album yang harus dimainkan di pemakamanku adalah…

Harry Nilsson – Nilsson: Greatest Hits (1980)

“Harry Nilsson. Sulit untuk memilih satu album – apakah aku diizinkan untuk memilih lagu-lagu hit terhebat? Itulah yang paling aku sering dengarkan, tetapi dia menulis begitu banyak lagu yang hebat, dan aku bahkan tidak menyadari bahwa dia adalah orang di belakang semua lagu tersebut sampai beberapa tahun yang lalu. Aku seperti, ‘Orang ini menulis lagu ‘Without You’ dan ‘One’?!’. Aku benar-benar berharap ada momen bahagia di pemakamanku – itu harus menjadi perayaan!”.

8. Jika seorang anak bertanya padaku apa itu Metal, aku akan memberi mereka kopian album…

Pantera – Cowboys From Hell (1990)

“Pantera! Cowboys From Hell. Bagiku itu adalah musik metal terbaik. Aku memiliki fase dalam hidupku di mana metal adalah yang terbaik, tetapi bahkan ketika itu sedang tidak terlalu intens, sepanjang waktu ketika band datang dan pergi, tidak ada yang sama seperti sound mereka, perasaan khas itu. Kuncinya adalah Dime (almarhum Dimebag Darrel, gitaris Pantera), dia luar biasa. Ada sesuatu yang sangat istimewa tentang pria itu”.

9. Album pertama yang aku dengar sambil berciuman adalah…

Smashing Pumpkins – Siamese Dream (1993)

“Itu benar-benar pertanyaan yang bagus! Aku sedang coba memikirkan orang pertama yang aku cium. Aku tidak ingat! Hahaha! Siamese Dream oleh Smashing Pumpkins. Itu adalah pilihan yang cukup menarik, ya ‘kan? Album itu cukup bertempo cepat. Oh, dan lagu ‘Mayonaise’ ada di Siamese Dream, jadi itu pasti jawaban yang tepat”.

10. Tidak ada yang akan percaya bahwa aku memiliki album…

Katy Perry – Teenage Dream (2010)

“Oke, akhirnya aku mungkin akan menjawab sesuatu seperti Christina Aguilera! Hahaha! Siapa yang hebat dalam musik pop? Oke… jujur, aku tidak membelinya – itu diberikan kepadaku – tapi aku memasukkannya ke iTunes-ku, jadi jawabannya adalah Katy Perry. Jangan ngejudge ya, itu yang pasti adalah guilty pleasure-ku. Aku suka lagu ‘E.T.’. Aku penasaran apakah mungkin ada versi yang lebih cadas dari lagu itu…”.

Sumber: Metal Hammer
Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Deathgasm

    Studi Baru: Selera Musik Bisa Menentukan Kepribadian Seseorang

    Adegan ikonik film "Deathgasm" (2015). Artikel ini cukup menarik, terutama bagi lo yang sedang mencari pasangan tambatan hati alias pacar. Atau bahkan jodoh

    on Apr 6, 2021
    Tony Iommi

    Tony Iommi Beda Pendapat Dengan Gene Simmons Soal "Rock Is Dead"

    Tony Iommi. (Foto: Future / Olly Curtis). Selama bertahun-tahun, Gene Simmons dari KISS telah menyuarakan pendapatnya - dalam beberapa kesempatan berbeda -

    on Apr 2, 2021
    Gojira

    Gojira Rilis Single 'Amazonia' Sambil Galang Dana Untuk Suku Amazon

    Gojira. (Foto: Gabrielle Duplantier). Gojira telah meluncurkan single baru berjudul 'Amazonia' beserta video musiknya menjelang album mendatang mereka, Fort

    on Mar 27, 2021
    Metallica

    35 Tahun Metallica "Master Of Puppets", Album Terbaik Sepanjang Masa

    Metallica circa 1986. (Foto: Ross Halfin via Metallica.com). Bagi sebagian besar kritikus dan penggemar, Master of Puppets adalah album terbaik Metallica. S

    on Mar 4, 2021