×
×

Search in Mata Mata Musik

Angka Streams Demi Lovato & Camila Cabello Melonjak Setelah Performa Grammy

Posted on: 01/31/20 at 12:06 pm

DEMI LOVATO & CAMILA CABELLO
Demi Lovato dan Camila Cabello (Foto: Shutterstock)

Duo popstar Demi Lovato dan Camila Cabello mengalami  kelonjakan besar dalam penjualan dan angka streaming mereka setelah penampilan apik Grammy Awards 2020 mereka, menurut berbagai data dari BuzzAngle dan Spotify.

Lagu baru Demi Lovato ‘Anyone’ (yang benar-benar ia tampilkan dengan sangat sempurna pada seremoni Grammy meski dimulai dengan kesalahan teknis), adalah lagu yang paling banyak diunduh di AS pada hari berlangsungnya acara Grammy Awards, dengan lebih dari 11.500 unit penjualan pada hari acara tersebut dan lebih dari 27.000 unit penjualan dalam 24 jam setelah penampilannya. Lagu itu baru saja debut di chart, jadi tidak ada persentase kenaikan yang tercatat. Kelonjakan ini menetapkan suasana yang menjanjikan untuk penampilan Demi Lovato yang mendatang di Super Bowl 2020 di mana ia akan menyanyikan lagu kebangsaan Amerika pada hari Minggu (2 Februari). Lagu Demi Lovato, ‘Anyone’, adalah lagu yang paling banyak ditonton dalam sehari setelah penampilannya dengan meningkat pada angka 2 juta streams (naik 600%).

Lagu tribut Camila Cabello kepada ayahnya (Alejandro Cabello) yang berjudul ‘First Man’ – yang Camila Cabello nyanyikan dengan indah dan emosional kepada ayahnya yang sedang duduk di audiensi Grammy menyebabkan dia dan ribuan ayah lainnya yang tak terhitung di seluruh dunia menangis – menyebabkan lagu itu mengalami kenaikan sebesar 68.000%, menurut BuzzAngle. Lagu ciptaan Camila Cabello ini beralih dari penjualan hanya beberapa unit per hari sebelum penampilan Grammy itu menjadi 6.159 penjualan pada hari terjadinya penampilan Camila Cabello dan lebih dari 11.400 penjualan telah tercatat dalam waktu 24 jam sejak penampilannya. Lagu ‘First Man’ meningkat sebesar 310% pada hari penampilan Camila Cabello dan hampir 900% sehari setelah penampilannya di Grammy, dengan total 1,4 juta streams. Spotify mengatakan bahwa angka streaming lagu itu telah meningkat lebih dari 1.000% setelah penampilannya.

Baca juga: Demi Lovato Akan Tampil Live Di Grammy Untuk Pertama Kalinya Sejak Overdosis

Dalam berita kenaikan angka streaming lainnya, versi studio dari lagu berjudul ‘Higher’ ciptaan DJ Khaled dan artis lainnya dalam rangka menghormati almarhum Nipsey Hussle juga mengalami peningkatan fantastis berjumlah lima digit dalam data penjualannya pada hari terjadinya Grammy Awards, dengan melonjak sebesar 12.350%. Lagu itu memenangkan DJ Khaled penghargaan Grammy pertamanya pada Minggu (26 Januari) malam lalu. Selain itu, angka streaming lagu tersebut di Spotify juga telah melonjak sebesar 740%.

Lagu ‘Underdog’ oleh Alicia Keys dan lagu ‘When the Party’s Over’ oleh Billie Eilish, keduanya telah ditampilkan pada acara itu, dan keduanya telah mengalami kenaikan sebesar 900 persen pada data penjualannya, sementara lagu ‘It’s So Hard to Say Goodbye’ yang ditampilkan oleh Boyz II Men dan Alicia Keys dalam rangka memberi apresiasi mereka terhadap Kobe Bryant, telah mengalami dorongan besar dalam aktivitas streaming-nya pada hari acara itu berlangsung dengan kenaikan sebesar 200%, dan lompatan sebesar 107% pada hari setelahnya. Ini mencatatkan peningkatan secara total sebesar 1,275% di Spotify.

Penjualan album dari semua pemenang Grammy secara serentak meningkat sebesar 153% dalam waktu 24 jam sejak terjadinya acara penghargaan tersebut, dengan penjualan album karya Billie Eilish, When We All Fall Asleep, Where Do We Go? melonjak lebih dari 415% (6.300 unit penjualan) hanya dalam 24 jam pertama, mungkin kenaikan ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat bahwa Billie Eilish telah menyapu semua penghargaan utama pada acara yang bertajuk malam terpenting dalam dunia musik tersebut.

Judul Lagu Yang Ditampilkan/ Dampak % Hari Pertama/ Penjualan Hari Kedua/ % Hari Kedua:

  1. Anyone/Demi Lovato 27,071/ Debut
  2. Nobody But You/Blake Shelton 103%/ 14,159/ 54%
  3. First Man / Camila Cabello 68,333%/ 11,415/ 81,435%
  4. Old Town Road/ Lil Nas X 263%/ 7,878/ 207%
  5. What’s A Man Gotta Do/Jonas Brothers 192%/ 7,104/ 142%

Angka Streaming Terbesar Dari Lagu Yang Ditampilkan/ Dampak % Sehari Setelahnya:

  1. Anyone/ Demi Lovato/ 1.9M 592%
  2. Old Town Road/ Lil Nas X/ 1.8M -9%
  3. When the Party’s Over/ Billie Eilish/ 1.7M 97%
  4. First Man/ Camila Cabello/ 1.4M 890%
  5. What A Man Gotta Do/ Jonas Brothers 1.3M/ 21%

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayog
i

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Demi Lovato

Demi Lovato Anggap Industri TV Normalisasikan Penyakit Gangguan Makann...

Demi Lovato. (Foto: Sara Jaye Weiss/REX/Shutterstock). Dalam sebuah wawancara baru yang terbuka, popstar Demi Lovato bercerita tentang bagaimana rasanya tum

on Jul 10, 2020
Eurovision.

Will Ferrell dan My Marriane Duet Di Lagu Teaser Eurovision Yang Kocak

Netflix akan merilis film komedi orisinil terbarunya, Eurovision Song Contest: The Story of Fire Saga, pada bulan Juni ini, dan sebagai bentuk teaser untuk

on May 17, 2020
Demi Lovato

Demi Lovato Gandeng Travis Barker Bikin Versi Lagu 'I Love Me' Jadi Em...

Demi Lovato saat hadir di Teen Vogue Summit 2019 di Goya Studios, Los Angeles, California, pada 2 November 2019. (Foto: Rachel Murray/Getty Images for Teen Vog

on May 8, 2020
Camila Cabello dan DaBaby.

Lagu Camila Cabello Fitur DaBaby ‘My Oh My’ Puncaki Chart Pop Song...

Camila Cabello dan DaBaby di selang syuting The Tonight Show Starring Jimmy Fallon yang tampil membawakan lagu 'My Oh My'. (Foto: Instagram). Lagu popstar C

on May 7, 2020