×
×

Search in Mata Mata Musik

Anonymous Meretas Radio Polisi Chicago dan Mainkan Lagu N.W.A. ‘Fuck Tha Police’!

Posted on: 06/3/20 at 6:00 am

N.W.A.
N.W.A., grup hip-hop legendaris ikon pemberontakan.

Saat protes atas kematian George Floyd, kebrutalan polisi, dan rasisme yang dinormalisasikan masih berlanjut hingga seminggu berikutnya, kita telah melihat berbagai aksi bermunculan, mulai dari selebriti seperti Lana Del Rey dan Halsey yang turun ke jalan bareng kerumunan demonstran hingga lagu remix pidato Martin Luther King Jr. yang tidak peka dari DJ kondang David Guetta.

Selama akhir pekan ini, kelompok peretas alias hacker terkenal bernama Anonymous bergabung dalam aksi protes ini dengan meretas radio Departemen Kepolisian Chicago di Amerika Serikat (AS) dan memainkan lagu grup hip-hop legendaris N.W.A., ‘Fuck Tha Police’.

Sabtu lalu, kelompok peretas ini kembali ke media sosial untuk mengumumkan solidaritas mereka dengan para demonstran yang memerangi rasisme dan korupsi di AS.

“Jika polisi tidak dapat menahan diri dan masih menembak wartawan, menendang pengunjuk rasa, meninju pengunjuk rasa, dan terlibat dalam kekerasan – bagaimana mereka bisa mengharapkan orang-orang untuk menahan diri? Orang-orang sudah capek dianiaya dan dibunuh,” cuit (tweet) mereka. Tidak lama kemudian, lagu ‘Fuck Tha Police’ dapat didengar di berbagai radio polisi.

Kemudian, pada hari Minggu malamnya, seseorang juga memblokir radio polisi Chicago dengan memainkan lagu Tay Zonday yang berubah jadi meme, ‘Chocolate Rain’. Tidak jelas apakah Anonymous juga bertanggung jawab atas penyebaran lagu tentang rasisme tersebut atau tidak, tetapi terlepas dari siapa yang bertanggung jawab, itu sama-sama tidak terduga dan keren seperti aksi lagu N.W.A. mereka. Tonton rekaman kedua lagu yang ditayangkan melalui radio polisi Chicago di bawah ini.

Protes menuntut keadilan untuk George Floyd awalnya dimulai di Minneapolis, AS di mana pembunuhannya terjadi, namun sejak itu protes ini telah menyebar ke seluruh negeri – dan, dalam beberapa hal, di seluruh dunia juga. Selama akhir pekan, para fans K-pop menggunakan fandom mereka untuk merusuhkan aplikasi iWatch departemen kepolisian Dallas dengan berbagai video FanCam. Ternyata pengetahuan yang berlebihan tentang teknologi musik bisa sangat berguna untuk saat-saat seperti ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Djenks

    Djenks & Barisan Lintas Genre Tampil Di Album Kompilasi Soundemic Vol....

    Seperti halnya menggarap sebuah album musik, membuat album kompilasi juga memiliki tantangan tersendiri. Apalagi jika konten album tersebut memuat banyak l

    on Mar 4, 2021
    Meek Mill

    Meek Mill Didamprat Janda Alm. Kobe Bryant Karena Lirik Lagunya Yang M...

    Vanessa dan Kobe Bryant (Foto: via Instagram/@vanessabryant) / Meek Mill. Vanessa Bryant, janda mendiang superstar bola basket Kobe Bryant, baru-baru ini me

    on Feb 24, 2021
    Sara Fajira

    Sara Fajira Awali 2021 Dengan Single R&B/Hip Hop 'Julite' Yang Spektak...

    Sara Fajira. (Foto: Kaio Entertainment). Nama Sara Fajira memang makin melejit setelah kesuksesan viral lagu 'Lathi' milik Weird Genius yang dinyanyikannya.

    on Feb 12, 2021
    Lil Uzi Vert

    Lil Uzi Vert Tanamkan Batu Berlian Senilai Rp 334 Miliar Di Jidatnya

    Lil Uzi Vert dengan berlian berwarna pink-nya. Dunia maya dibikin heboh, terutama di kancah hip hop gara-gara ulah rapper Lil Uzi Vert yang enggak pernah ma

    on Feb 6, 2021