×
×

Search in Mata Mata Musik

Anonymous Meretas Radio Polisi Chicago dan Mainkan Lagu N.W.A. ‘Fuck Tha Police’!

Posted on: 06/3/20 at 6:00 am

N.W.A.
N.W.A., grup hip-hop legendaris ikon pemberontakan.

Saat protes atas kematian George Floyd, kebrutalan polisi, dan rasisme yang dinormalisasikan masih berlanjut hingga seminggu berikutnya, kita telah melihat berbagai aksi bermunculan, mulai dari selebriti seperti Lana Del Rey dan Halsey yang turun ke jalan bareng kerumunan demonstran hingga lagu remix pidato Martin Luther King Jr. yang tidak peka dari DJ kondang David Guetta.

Selama akhir pekan ini, kelompok peretas alias hacker terkenal bernama Anonymous bergabung dalam aksi protes ini dengan meretas radio Departemen Kepolisian Chicago di Amerika Serikat (AS) dan memainkan lagu grup hip-hop legendaris N.W.A., ‘Fuck Tha Police’.

Sabtu lalu, kelompok peretas ini kembali ke media sosial untuk mengumumkan solidaritas mereka dengan para demonstran yang memerangi rasisme dan korupsi di AS.

“Jika polisi tidak dapat menahan diri dan masih menembak wartawan, menendang pengunjuk rasa, meninju pengunjuk rasa, dan terlibat dalam kekerasan – bagaimana mereka bisa mengharapkan orang-orang untuk menahan diri? Orang-orang sudah capek dianiaya dan dibunuh,” cuit (tweet) mereka. Tidak lama kemudian, lagu ‘Fuck Tha Police’ dapat didengar di berbagai radio polisi.

Kemudian, pada hari Minggu malamnya, seseorang juga memblokir radio polisi Chicago dengan memainkan lagu Tay Zonday yang berubah jadi meme, ‘Chocolate Rain’. Tidak jelas apakah Anonymous juga bertanggung jawab atas penyebaran lagu tentang rasisme tersebut atau tidak, tetapi terlepas dari siapa yang bertanggung jawab, itu sama-sama tidak terduga dan keren seperti aksi lagu N.W.A. mereka. Tonton rekaman kedua lagu yang ditayangkan melalui radio polisi Chicago di bawah ini.

Protes menuntut keadilan untuk George Floyd awalnya dimulai di Minneapolis, AS di mana pembunuhannya terjadi, namun sejak itu protes ini telah menyebar ke seluruh negeri – dan, dalam beberapa hal, di seluruh dunia juga. Selama akhir pekan, para fans K-pop menggunakan fandom mereka untuk merusuhkan aplikasi iWatch departemen kepolisian Dallas dengan berbagai video FanCam. Ternyata pengetahuan yang berlebihan tentang teknologi musik bisa sangat berguna untuk saat-saat seperti ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Raggil Suliza

Rapper Malang Raggil Suliza Rilis Anthem Untuk Komunitas Kreatifnya, '...

Raggil Suliza nampak "on fire". Rapper, Produser & DJ multi talenta asal kota Malang ini nggak mau berlama-lama untuk melahirkan karya terbarunya. Kali

on Dec 1, 2020
toRa rapper

Rapper 'Lara Ati' Tora Kembali Rayakan Kegalauan Via 'Special', Single...

toRa. Setelah hiatus selama pandemi, rapper "baper" spesialis lagu patah hati toRa merilis single terbaru berjudul 'Special' yang kembali mer

on Nov 24, 2020
Ayuenstar

Mantan Idol 2018, Ayuenstar Jadi Diri Sendiri Via 'Swagger', Single Hi...

Ayuenstar. Banyak penyanyi hebat Indonesia lahir dari berbagai ajang pencarian bakat di televisi. Mereka hadir dengan talenta dan ciri khas mereka masing-ma

on Nov 18, 2020
King Von

Rapper Muda King Von Terbunuh Setelah Tertembak Dalam Pertikaian Antar...

King Von. (Foto: Darrius Jones for XXL). Berita menggemparkan tentang rapper yang lahir dan besar di Chicago, Amerika Serikat (AS), King Von alias Dayvon Be

on Nov 9, 2020