×
×

Search in Mata Mata Musik

Apple Music Ungguli Spotify Dalam Jumlah Pelanggan Berbayar

Posted on: 04/9/19 at 11:45 am

Pertarungan supremasi streaming musik terus berlanjut.

Menurut Wall Street Journal, sebuah laporan yang diterbitkan pada bulan Februari mengungkapkan bahwa di AS, Apple Music punya 28 juta pelanggan berbayar, 2 juta lebih banyak dibandingkan pelanggan berbayar Spotify.

Meski begitu, Spotify masih lebih unggul dalam jumlah pelanggan di seluruh dunia, termasuk pengguna dan pelanggan layanan gratis di AS.

Terkait tingkat pertumbuhan, Apple Music lebih tinggi secara global maupun di AS. Laporan tersebut menyatakan, tingkat pertumbuhan Apple Music berada di sekitaran 2,6% – 3%, sementara pertumbuhan Spotify sekitar 1,5% – 2%.

Baca Juga: Akibat Masalah Produksi, Solange Batal Tampil di Coachella

Direktur Apple Music, Jimmy Iovine merasa harus ada yang diubah di dunia streaming musik.

Direktur Apple Music, Jimmy Iovine merasa harus ada yang diubah di dunia streaming musik.

Pertarungan supremasi streaming musik semakin menarik dengan angka-angka ini. Guna memberikan gambaran yang lebih jelas akan dotongan Apple untuk mendominasi industri platform streaming, perusahaan bersikeras mendorong “layanan” baru yang melayani pengguna iPhone saat ini. Dan itulah salah satu keunggulan Apple dibanding Spotify.

Dengan adanya 900 juta pengguna iPhone di seluruh dunia saat ini, dan mengingat Apple Music sudah diinstal otomatis pada perangkat, hal ini menjadi keuntungan besar bagi raksasa teknologi tersebut.

Selain itu, operator telepon juga memasukkan Apple Music ke dalam paket mereka, sementara di sisi lain, kemitraan Spring dari Spotify dan Samsung membantu tingkat pertumbuhan di Swedia.

Tahun lalu, direktur Apple Music Jimmy Iovine menuturkan bagaimana, menurutnya, layanan streaming musik yang ada terlalu mirip, dan itu adalah sesuatu yang harus diubah.

“Layanan streaming semuanya mematok harga $9,99 dan semua orang punya musik yang sama,” ucapnya. “Dan itu sangat bagus. Anda dapat lagu apa pun yang Anda inginkan, Anda dapat playlist – tetapi harus ada lebih banyak interaksi antara artis dan pendengarnya.”

Iovine, yang juga berprofesi sebagai produser rekaman dan salah satu pendiri Beats, tampak mengisyaratkan bahwa layanan eksklusif mungkin menjadi solusi ke depan, meskipun label rekaman ingin pendengar “memiliki musik yang sama” di situs streaming.

Keterangan Foto Utama: Tampilan Apple Music. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    MMM Playlist Top 20 Internasional Minggu #3 Juni 2021

    MMM Playlist Juni 2021 #3: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Chart

    MMM Playlist edisi bulan Juni 2021 minggu ketiga untuk 20 lagu internasional teratas. Daftar lagu dari artis manca negara yang dirilis dalam kurun wak

    on Jun 21, 2021
    Daftar Nominasi JIMA 2021

    Inilah Daftar Nominasi & Cara Voting JOOX Indonesia Music Awards 2021!

    Sebuah penghargaan musik pertama yang diselenggarakan JOOX Indonesia untuk mengapresiasi musisi Indonesia dan dukungan penggemar terhadap perkembangan musi

    on Jun 7, 2021
    JIMA 2021

    JOOX Ajak Fans Dukung Idolanya Di JOOX Indonesia Music Awards 2021

    JOOX Indonesia sebagai Tuan Rumah Musik di Indonesia terus berupaya untuk mendukung musisi dan perkembangan industri musik di Indonesia. Perusahaan platfor

    on Jun 7, 2021
    Spotify

    Spotify Kurangi Royalti Artis, Kongres AS Kirim Surat Terbuka Ke Danie...

    Dua anggota tinggi Komite Kehakiman Kongres Amerika Serikat (AS) telah mengirim surat terbuka kepada CEO Spotify Daniel Ek. Untuk menyelidiki Mode Penemuan

    on Jun 4, 2021