×
×

Search in Mata Mata Musik

Apple Music Ungguli Spotify Dalam Jumlah Pelanggan Berbayar

Posted on: 04/9/19 at 11:45 am

Pertarungan supremasi streaming musik terus berlanjut.

Menurut Wall Street Journal, sebuah laporan yang diterbitkan pada bulan Februari mengungkapkan bahwa di AS, Apple Music punya 28 juta pelanggan berbayar, 2 juta lebih banyak dibandingkan pelanggan berbayar Spotify.

Meski begitu, Spotify masih lebih unggul dalam jumlah pelanggan di seluruh dunia, termasuk pengguna dan pelanggan layanan gratis di AS.

Terkait tingkat pertumbuhan, Apple Music lebih tinggi secara global maupun di AS. Laporan tersebut menyatakan, tingkat pertumbuhan Apple Music berada di sekitaran 2,6% – 3%, sementara pertumbuhan Spotify sekitar 1,5% – 2%.

Baca Juga: Akibat Masalah Produksi, Solange Batal Tampil di Coachella

Direktur Apple Music, Jimmy Iovine merasa harus ada yang diubah di dunia streaming musik.

Direktur Apple Music, Jimmy Iovine merasa harus ada yang diubah di dunia streaming musik.

Pertarungan supremasi streaming musik semakin menarik dengan angka-angka ini. Guna memberikan gambaran yang lebih jelas akan dotongan Apple untuk mendominasi industri platform streaming, perusahaan bersikeras mendorong “layanan” baru yang melayani pengguna iPhone saat ini. Dan itulah salah satu keunggulan Apple dibanding Spotify.

Dengan adanya 900 juta pengguna iPhone di seluruh dunia saat ini, dan mengingat Apple Music sudah diinstal otomatis pada perangkat, hal ini menjadi keuntungan besar bagi raksasa teknologi tersebut.

Selain itu, operator telepon juga memasukkan Apple Music ke dalam paket mereka, sementara di sisi lain, kemitraan Spring dari Spotify dan Samsung membantu tingkat pertumbuhan di Swedia.

Tahun lalu, direktur Apple Music Jimmy Iovine menuturkan bagaimana, menurutnya, layanan streaming musik yang ada terlalu mirip, dan itu adalah sesuatu yang harus diubah.

“Layanan streaming semuanya mematok harga $9,99 dan semua orang punya musik yang sama,” ucapnya. “Dan itu sangat bagus. Anda dapat lagu apa pun yang Anda inginkan, Anda dapat playlist – tetapi harus ada lebih banyak interaksi antara artis dan pendengarnya.”

Iovine, yang juga berprofesi sebagai produser rekaman dan salah satu pendiri Beats, tampak mengisyaratkan bahwa layanan eksklusif mungkin menjadi solusi ke depan, meskipun label rekaman ingin pendengar “memiliki musik yang sama” di situs streaming.

Keterangan Foto Utama: Tampilan Apple Music. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Spotify

Fitur Lirik Dari Spotify Kini Tersedia di Indonesia dan 25 Negara Lain...

Spotify fitur lirik. Spotify mengumumkan bahwa fitur lirik di aplikasi streaming musik ini sekarang telah tersedia untuk semua pengguna gratis dan premium d

on Jul 2, 2020
50 Lagu Pop Indonesia 2020

Vote Lagu Terbaik Kamu Dari Daftar 50 Lagu Pop Indonesia 2020!

Salah satu alasan marak eksisnya media online spesial musik seperti MataMata Musik ini karena musik adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehar

on Jun 14, 2020
10 Aplikasi Pemotong Lagu Untuk HP Android Paling Gampang

10 Aplikasi Pemotong Lagu Untuk HP Android Paling Gampang

Inilah rekomendasi aplikasi pemotong lagu terbaik di HP Android yang bisa kamu gunakan dengan mudah, serasa jadi DJ atau komposer musik tanpa kursus! Se

on Jun 14, 2020
The Weekend.

The Weeknd Ajak Major Label Donasi Besar-Besaran Untuk Melawan Rasisme

The Weeknd. (Foto: WENN/Instar). The Weeknd, yang pada hari Senin lalu menyumbangkan US$ 500.000 alias sekitar Rp 7 miliar untuk organisasi pemberdayaan ora

on Jun 4, 2020