×
×

Search in Mata Mata Musik

Apple Music Ungguli Spotify Dalam Jumlah Pelanggan Berbayar

Posted on: 04/9/19 at 11:45 am

Pertarungan supremasi streaming musik terus berlanjut.

Menurut Wall Street Journal, sebuah laporan yang diterbitkan pada bulan Februari mengungkapkan bahwa di AS, Apple Music punya 28 juta pelanggan berbayar, 2 juta lebih banyak dibandingkan pelanggan berbayar Spotify.

Meski begitu, Spotify masih lebih unggul dalam jumlah pelanggan di seluruh dunia, termasuk pengguna dan pelanggan layanan gratis di AS.

Terkait tingkat pertumbuhan, Apple Music lebih tinggi secara global maupun di AS. Laporan tersebut menyatakan, tingkat pertumbuhan Apple Music berada di sekitaran 2,6% – 3%, sementara pertumbuhan Spotify sekitar 1,5% – 2%.

Baca Juga: Akibat Masalah Produksi, Solange Batal Tampil di Coachella

Direktur Apple Music, Jimmy Iovine merasa harus ada yang diubah di dunia streaming musik.

Direktur Apple Music, Jimmy Iovine merasa harus ada yang diubah di dunia streaming musik.

Pertarungan supremasi streaming musik semakin menarik dengan angka-angka ini. Guna memberikan gambaran yang lebih jelas akan dotongan Apple untuk mendominasi industri platform streaming, perusahaan bersikeras mendorong “layanan” baru yang melayani pengguna iPhone saat ini. Dan itulah salah satu keunggulan Apple dibanding Spotify.

Dengan adanya 900 juta pengguna iPhone di seluruh dunia saat ini, dan mengingat Apple Music sudah diinstal otomatis pada perangkat, hal ini menjadi keuntungan besar bagi raksasa teknologi tersebut.

Selain itu, operator telepon juga memasukkan Apple Music ke dalam paket mereka, sementara di sisi lain, kemitraan Spring dari Spotify dan Samsung membantu tingkat pertumbuhan di Swedia.

Tahun lalu, direktur Apple Music Jimmy Iovine menuturkan bagaimana, menurutnya, layanan streaming musik yang ada terlalu mirip, dan itu adalah sesuatu yang harus diubah.

“Layanan streaming semuanya mematok harga $9,99 dan semua orang punya musik yang sama,” ucapnya. “Dan itu sangat bagus. Anda dapat lagu apa pun yang Anda inginkan, Anda dapat playlist – tetapi harus ada lebih banyak interaksi antara artis dan pendengarnya.”

Iovine, yang juga berprofesi sebagai produser rekaman dan salah satu pendiri Beats, tampak mengisyaratkan bahwa layanan eksklusif mungkin menjadi solusi ke depan, meskipun label rekaman ingin pendengar “memiliki musik yang sama” di situs streaming.

Keterangan Foto Utama: Tampilan Apple Music. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Apple Music

    Petinggi Apple: Tidak Akan Ada Layanan Gratis Apple Music Dengan Siste...

    Sebelumnya telah tersiar kabar di kalangan pengguna bahwa kemungkinan akan ada layanan gratis Apple Music dengan sistem iklan. Sebagian dari para pengguna

    on Feb 27, 2021
    Download Lagu Salam Tresno

    Lirik dan Download Lagu Salam Tresno Happy Asmara dan Lainnya

    Berikut ini adalah link untuk download lagu Salam Tresno untuk berbagai versi. Lagu Salam Tresno sebenarnya di populerkan oleh Loro Ati. Kemudian, lagu ini men

    on Jan 26, 2021
    Metallica

    Metallica Raih Lebih Dari 1 Miliar Stream 99 Juta Jam Spotify Selama T...

    Metallica. (Foto: via Revolver). Saat Metallica memasuki tahun ke-40 eksistensi mereka di blantika musik, raksasa heavy metal ini tetap menjadi pembangkit t

    on Jan 5, 2021
    Bandcamp

    Program Bandcamp Fridays Meraup Rp 565,3 Miliar Untuk Musisi Selama Ta...

    Awal tahun ini, ketika pandemi mulai mencekik ekonomi industri pertunjukan live, music streaming platform yang berorientasi pada artis, Bandcamp memutuskan

    on Dec 16, 2020