×
×

Search in Mata Mata Musik

Apple Perkenalkan AirPods Max, Headphone Wireless “Over-Ear” Pertama

Posted on: 12/9/20 at 10:30 am

Apple Perkenalkan AirPods Max, Headphone Wireless "Over-Ear" Pertama
Foto: Apple.com.

Raksasa industri teknologi Apple telah mengumumkan produk terbarunya, AirPods Max, headphone wireless pertama “over-ear” dari perusahaan berlogo buah apel berbekas gigitan itu. Perangkat nirkabel tersebut akan dijual seharga US$ 549 (sekitar Rp 7,7 juta) dan tersedia mulai Selasa, 15 Desember 2020. Belum tahu, apakah akan dipasarkan ke Indonesia atau nggak.

Baca juga: Telah Tercipta Perangkat Baru Yang Memancarkan Musik Ke Kepala Tanpa Headphone

Sejarah awal Headphone/Headset berawal pada 1910 yang dibuat oleh Nathaniel Baldwin. Doi adalah seorang montir listrik dan operator kompresor udara, sebelumnya doi adalah seorang mahasiswa di Stanford University. Banyak orang yang belum membutuhkan headphone karena seperti layaknya penemu-penemu pada zaman itu akhirnya doi menjualnya ke United States Navy. Pada 1919 sensitive airphone digunakan umumnya untuk radio. Keadaannya belum sebagus sekarang. Gangguan atau noise masih banyak dan kualitas suaranya pun masih kasar atau mentah. Sebelumnya, Amerika Serikat yang mengetahui teknologi penemuan Baldwin itu langsung menggunakan penemuannya, memproduksi 100 buah headset ketika Perang Dunia ke-1 untuk komunikasi dengan pilot. Sehingga pada masa itu produksi headset ditujukan untuk penerbangan.

Masyarakat semakin sadar atas teknologi ini, pada 1961 pilot-pilot memakai headset karena ringan dan nyaman. Headset pertama kali digunakan untuk pesawat telepon pada 1970. Di tahun 1986, terdapat teknologi pengurangan gangguan suara dengan mengembangkan headset untuk melindungi pendengaran pilot dari kebisingan. Ketika itu, juga terkenal produksi ear canal earphones dengan active noise control untuk pertama kali. Setelah itu, hanya alat sensitive earphone tersebut satu-satunya cara untuk mendengar sinyal audio sebelum amplifier dikembangkan.

Pada awal 2000, bersamaan dengan berkembangnya telepon selular, headset jenis nirkabel berbasis teknologi Bluetooth mulai populer dipakai. Selain itu earphone dan headphone pada tahun yang sama, menjadi digemari untuk alat musik pribadi. Dahulu ketika menggunakan radio, headset atau earphone dan headphone harus disambungkan ke terminal baterai yang bertegangan volt tinggi dan terminal baterai di tanah. Penggunaan koneksi listriknya pun nggak bikin nyaman bagi pengguna karena menggagetkan.

Namun, sebenarnya trend headhone sudah dimulai dengan The Walkman keluaran Sony pada 1979 silam dan berlangsung selama beberapa dekade ke depan. Setelah era itu earbud mulai mengambil alih popularitas headphone. Ini adalah trend baru yang dibantu Apple pada 2001, ketika generasi pertama earbud dirilis berbarengan dengan iPod orisinil. AirPod nirkabel tersebut diluncurkan lima tahun kemudian. Karena permintaan untuk pilihan mendengarkan yang lebih beragam telah meningkat, orang yang berbeda-beda menempatkan nilai yang bervariasi pada kebijaksanaan, kenyamanan, dan ketepatan audio. Dan AirPods Max adalah hasil penemuan Apple yang tunduk pada permintaan dari pengalaman mendengarkan kelas atas.

Mirip dengan AirPods Pro yang berharga US$ 249 (sekitar Rp 3,5 juta), model Max baru ini hadir dengan “Adaptive EQ”, yang secara halus menyesuaikan suara berdasarkan bentuk telinga lo dan kesesuaian bantal busanya. Airpods Max juga menawarkan “Pembatalan Kebisingan Aktif”, untuk pengalaman yang lebih imersif; “Mode Transparansi”, yang memudahkan lo mendengar lingkungan di sekitar lo; dan “audio spasial”, yang melacak gerakan kepala lo dan menyesuaikan output sonik sehingga konten yang direkam dalam 5.1, 7.1, dan Dolby Atmos mempertahankan peta suara yang diinginkan terlepas dari orientasi perangkat dan headphone.

Beberapa fitur ini dapat memengaruhi masa pakai baterai, meskipun fitur ini diharapkan dapat menghasilkan sekitar 20 jam durasi audio dengan sekali pengisian daya. Headphone canggih ini juga dilengkapi dengan Smart Case, yang “membuat AirPods Max dalam kondisi daya sangat rendah yang membantu menghemat daya baterai saat tidak digunakan”.

Airpods Max Smart Case. (Foto: Apple.com).

Greg Joswiak, wakil presiden senior Pemasaran Seluruh Dunia Apple, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa:

“AirPods adalah headphone paling populer di dunia, disukai karena pengaturannya yang mudah, kualitas suara yang luar biasa, dan desain yang ikonik. Dengan AirPods Max, kami menghadirkan pengalaman AirPods yang ajaib ke dalam desain over-ear yang menakjubkan dengan audio fidelitas tinggi. Desain akustik khusus, dipadukan dengan chip H1 yang kuat, dan perangkat lunak canggih memungkinkan AirPods Max menggunakan audio komputasi untuk memberikan pengalaman mendengarkan pribadi terbaik secara nirkabel. ”

AirPods Max tersedia dalam warna abu-abu, perak, biru langit, hijau, dan merah muda. Untuk lebih jelasnya buka saja situs web Apple.com.

Baca juga: Menurut Elon Musk, Manusia Akan Bisa Dengarkan Musik Lewat Chip Dalam Otak

Meski harga Airpods Max terbilang agak mahal untuk sebagian besar orang, namun di balik nilai yang tinggi tentu memiliki alasan dan manfaat yang lebih. Earphone pada umumnya nggak mahal dan didukung sebagai alat yang praktis dibawa-bawa dan menyenangkan banyak orang, tetapi earphone nggak dilengkapi dengan isolasi karena nggak bisa mengirimkan tingkat dinamika yang sama sehingga earphone lebih sering digunakan di volume suara yang tinggi. Hal ini dapat pula meningkatkan risiko tinggi terhadap bahaya fungsi pendengaran. Mending mahal, tapi aman, bray.

Sumber: Apple dan literatur lainnya
Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Jimmy Page

Surat Terbuka Jimmy Page Desak Perusahaan Musik Streaming Beri Royalti...

Jimmy Page. (Foto: via YouTube Fender). Jimmy Page menggunakan statusnya sebagai seorang ikon rock dan Ksatria Ordo Kerajaan Inggris alias Orde of the Briti

on Dec 15, 2020
Midtown Carousel band

Single 'Happy Birthday' Jadi Kado Ulang Tahun Pop-Punk Dari Midtown Ca...

Midtown Carousel. Setelah merilis single terakhirnya, ​'Rose' ​pada Desember 2019 lalu, ​trio band "kord tiga jurus" ​asal Bandung, Midtown Carousel

on Sep 13, 2020
The Weekend.

The Weeknd Ajak Major Label Donasi Besar-Besaran Untuk Melawan Rasisme

The Weeknd. (Foto: WENN/Instar). The Weeknd, yang pada hari Senin lalu menyumbangkan US$ 500.000 alias sekitar Rp 7 miliar untuk organisasi pemberdayaan ora

on Jun 4, 2020
Biilie Eilish

Billie Eilish Sedang Kerjakan Lagu Baru Selama Masa Karantina

Billie Eilish live. (Foto: Hypebeast). Billie Eilish memanfaatkan masa karantinanya di rumah dengan mengasuh anak-anak anjing dan merekam musik baru. Dalam

on May 11, 2020